1. Startup

Upaya Tingkatkan Literasi Finansial dan Digital Masyarakat, Traveloka Resmikan Program Travedu Fest

Program ini bertujuan untuk mengenalkan masyarakat mengenai pengelolaan finansial dan pemanfaatan teknologi, khususnya dalam industri pariwisata.

Peningkatan dan Pemberdayaan literasi masyarakat merupakan salah satu upaya penting yang bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia. Menurut hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) tahun 2022, indeks literasi keuangan masyarakat Indonesia mencapai 49,68 persen dan inklusi keuangan mencapai 85,10 persen.

Angka tersebut menunjukkan adanya peningkatan dibanding hasil SNLIK tahun 2019, yang menunjukkan bahwa indeks literasi keuangan hanya sebesar 38,03 persen dan inklusi keuangan 76,19 persen. Hasil tersebut tentunya perlu untuk tetap dipertahankan dan ditingkatkan agar tujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas melalui pembudidayaan literasi finansial dapat tercapai.

Salah satu upaya untuk meningkatkan indeks literasi finansial di Indonesia dilakukan oleh Traveloka melalui program pelatihan gratis bertajuk Travedu Fest. Dengan program ini, Traveloka berupaya mempertegas komitmennya untuk berkontribusi dalam mewujudkan peningkatan literasi finansial dan digital masyarakat serta mewujudkan sektor pariwisata yang  berkelanjutan.

Travedu Fest resmi dibuka pada 12 November 2022 lalu di Kota Solo. Dalam acara pembukaan tersebut, Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming, yang diwakili oleh Kepala Subbid Bisnis Inkubator Solo Technopark, Abednego Danu Setyawan, menyampaikan pentingnya literasi finansial dan digital untuk meningkatkan SDM digital Kota Solo.

“Festival literasi finansial dan digital menjadi sangat penting untuk meningkatkan kemampuan SDM digital Kota Solo dalam mewujudkan masyarakat yang semakin mahir dalam menavigasikan diri di ruang digital dan semakin cakap dalam memanfaatkan kemajuan teknologi digital pada sektor pariwisata,” jelasnya.

Senada dengan hal itu, Caesar Indra sebagai Presiden Traveloka Grup dan Wakil Kepala Bidang II, Koordinator Pengembangan Inovasi Layanan Keuangan Digital dan Edukasi Literasi KADIN, menyebut bahwa aspek digital adalah hal yang penting bagi masyarakat Indonesia dan berharap bahwa dengan adanya program Travedu Fest dapat mendorong tingkat literasi finansial dan digital masyarakat.

“Aspek digital telah menjadi bagian yang  penting bagi masyarakat Indonesia saat ini. Oleh karena itu, pemahaman yang baik tentang  pengelolaan finansial dan pemanfaatan teknologi digital menjadi kian penting. Kami  berharap, program Travedu Fest dapat berkontribusi terhadap tingkat literasi finansial dan  digital masyarakat Indonesia, dan memberikan manfaat secara umum kepada para pelajar,  pelaku UMKM, dan komunitas lokal, serta khususnya terhadap para pelaku industri  pariwisata,” ungkapnya.

Program Travedu Fest diselenggarakan pada bulan November-Desember 2022, bekerja sama dengan Hasta Inc dan Kamar Dagang Indonesia (KADIN). Program yang diikuti oleh 1000 peserta dari berbagai kalangan, baik pelajar, komunitas lokal, UMKM, pelaku Desa Wisata, dan lain sebagainya ini, dimulai di Kota Solo dan disusul dua kota lainnya, yakni Yogyakarta pada 3 Desember 2022, dan Jakarta pada 10 Desember 2022.

Program ini bertujuan untuk memberikan pemahaman bagi masyarakat, mulai dari mengenal berbagai instrumen keuangan dan penggunaannya secara efektif, manajemen keuangan, hingga penganggaran dan investasi. Selain itu, program ini juga berisi pelatihan yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang kecakapan dalam pemanfaatan media digital dan internet, terutama dalam industri pariwisata.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again