1. DScovery

Value Proposition: Pengertian, Fungsi dan Komponen Utamanya

Manfaat dan keunggulan produk yang kamu tawarkan dapat dideskripsikan dalam value proposition.

Istilah value proposition sering dikaitkan dengan proses pemasaran. Pasalnya, value proposition adalah bentuk diksi atau kalimat yang memungkinkan pelanggan untuk mengetahui manfaat dan keunggulan dari produk yang ditawarkan.

Value proposition juga berguna untuk memengaruhi psikologis calon pelanggan agar dapat mengambil keputusan dan membeli produk tersebut. Karena keberadaannya yang cukup penting inilah, value proposition perlu diperhatikan ketika menentukan strategi pemasaran.

Lantas, apa yang sebenarnya dimaksud dengan value proposition dan mengapa hal ini penting untuk diperhatikan?

Pengertian Value Proposition

Value proposition adalah salah satu komponen penting yang harus diperhatikan dalam bidang pemasaran. Menurut Investopedia, value proposition adalah sebuah nilai yang telah dijanjikan oleh perusahaan agar bisa diterima oleh pelanggan apabila mereka ingin membeli produknya.

Value proposition juga dapat diartikan sebagai nilai-nilai yang akan dikomunikasikan oleh para produsen terhadap para pelanggannya. Nilai-nilai tersebut biasanya ditampilkan secara jelas pada website perusahaan, berupa kata-kata ajakan seperti “Harga Murah”, “Layanan yang Mudah”, “Pengiriman Tepat Waktu”, dan lain sebagainya.

Meski sekilas terlihat sama, tapi ternyata value proposition berbeda dengan tagline atau slogan. Perbedaannya adalah value proposition lebih mengacu pada sebuah pernyataan yang singkat, padat dan jelas mengenai manfaat yang akan diperoleh pelanggan ketika mereka membeli suatu produk.

Sementara tagline atau slogan biasanya menggunakan diksi atau kata-kata yang unik agar dapat menarik calon pelanggan. Namun, tagline tidak berisi manfaat dari produk tersebut secara jelas.

Fungsi Value Proposition

Value proposition merupakan salah satu hal yang penting digunakan dalam proses pemasaran. Sebab, value proposition memiliki beberapa fungsi yang bermanfaat bagi bisnis. Berikut adalah beberapa fungsi value proposition bagi perusahaan.

Mendeskripsikan Manfaat Produk secara Lebih Jelas

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, value proposition biasanya berisi manfaat yang akan didapatkan pelanggan jika membeli produk yang ditawarkan. Dalam hal ini, value proposition memang bertujuan untuk menyampaikan pesan atau manfaat yang ditawarkan oleh perusahaan melalui produk tersebut.

Dengan value proposition, calon pelanggan menjadi mengetahui manfaat produk tersebut secara lebih lanjut dan alasan mengapa mereka harus memilih dan menggunakan produk tersebut.

Membantu Calon Pelanggan dalam Memahami Produk yang Ditawarkan

Dari poin sebelumnya, dapat diketahui bahwa value proposition berisi deskripsi mengenai manfaat produk yang ditawarkan. Dengan hal tersebut, calon pelanggan menjadi lebih memahami nilai-nilai dan keuntungan darinya.

Dengan pemahaman tersebut, diharapkan pelanggan dapat terbantu dalam memilih dan terlibat langsung untuk mengenal produk yang ditawarkan.

Meningkatkan Prospek Perusahaan

Value proposition memungkinkan pelanggan untuk mengenal produk yang ditawarkan, sehingga mereka berpotensi besar tergerak untuk membeli dan menggunakannya. Tentunya hal tersebut akan berdampak baik bagi perusahaan untuk mendapat lebih banyak pelanggan dan meningkatkan prospek bisnisnya.

Komponen Utama dalam Value Proposition

Value proposition biasanya disampaikan dalam diksi atau kalimat yang dapat memengaruhi psikologis pelanggannya. Oleh sebab itu, value proposition harus memuat beberapa komponen utama. Beberapa komponen tersebut, antara lain:

Newness

Newness atau kebaruan adalah komponen yang mengandung suatu hal baru atau inovasi. Calon pelanggan biasanya akan mudah tertarik dengan hal-hal baru, sehingga mereka cenderung akan mudah penasaran jika produk yang kamu tawarkan unik dan berbeda dari yang lain.

Performance

Selain inovasi, pelanggan juga akan mudah tertarik jika produk yang kamu tawarkan terbukti memiliki kinerja atau performa yang baik. Umumnya, komponen ini sering diterapkan dalam produk-produk yang berkaitan dengan teknologi, di mana kecanggihan, kecepatan, dan kinerja menjadi faktor utama yang dapat diunggulkan.

Customization

Sebuah produk juga kerap diharapkan memiliki fleksibilitas yang dapat menyesuaikan kebutuhan penggunanya. Dalam komponen ini, perusahaan dapat menawarkan beberapa opsi yang dapat memungkinkan pelanggan untuk mengubah model produk yang kamu tawarkan sesuai keinginan mereka.

Namun, perusahaan juga perlu melakukan riset agar dapat memahami keinginan dan kebutuhan pelanggan secara lebih lanjut.

Pemecahan Masalah

Produk yang baik adalah produk yang dianggap sebagai solusi atau jalan keluar dari suatu masalah. Produk yang fungsional juga dapat dijadikan value proposition yang ampuh dalam proses pemasaran.

Design

Komponen lain yang perlu diperhatikan adalah desain. Desain yang bagus dan trendy dapat menarik pelanggan secara visual. Namun perlu diperhatikan bahwa desain yang bagus juga harus memenuhi aspek fungsionalitas bagi pelanggan.

Brand

Brand atau merk juga dapat dianggap sebagai value proposition. Sebab, suatu brand yang ternama biasanya akan mudah diterima oleh pelanggan secara langsung. Salah satu contohnya adalah produk Apple yang sering kali dikaitkan dengan status sosial penggunanya.

Harga

Harga dapat menentukan value proposition yang tepat, terutama jika sebuah produk yang ditawarkan memiliki keunggulan dari sisi ekonomi. Umumnya, pelanggan akan lebih mudah tertarik untuk membeli produk yang memiliki harga murah dengan kualitas yang tidak jauh berbeda dengan produk yang lebih mahal.

Meskipun begitu, terkadang keberadaan harga yang murah tidak terlalu berpengaruh jika kualitas yang ditawarkan berbeda jauh di bawah standar.

Aksesibilitas

Terakhir, aksesibilitas juga menjadi komponen penting dalam value proposition. Pasalnya, kemudahan akses sangat berkaitan dengan kemudahan pelanggan dalam menjangkau produk tersebut, kemudahan untuk mendapatkan perbaikan apabila produk mengalami kerusakan, serta kemudahan dalam klaim garansinya.

Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai value proposition. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa dengan value proposition yang baik, perusahaan dapat menjaring lebih banyak pelanggan untuk memilih dan menggunakan produk yang ditawarkan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again