1. DScovery

Vaporware: Pengertian, Contoh dan Cara Mengenalinya

Vaporware adalah istilah yang menggambarkan sebuah produk yang tidak benar-benar dirilis pada tanggal yang telah ditentukan.

Mungkin sebagian besar orang masih belum mengenal istilah vaporware. Dalam dunia bisnis, vaporware sering kali dianggap sebagai suatu istilah yang membawa konotasi negatif.

Hal tersebut disebabkan karena istilah vaporware biasa digunakan untuk menggambarkan sebuah produk yang tidak benar-benar dirilis pada tanggal yang telah ditentukan. Umumnya, produk-produk tersebut berkaitan dengan teknologi dan digital.

Lantas, apa yang sebenarnya dimaksud dengan vaporware dan apa saja contoh dan cara mengenalinya? Simak penjelasan selengkapnya dalam artikel ini.

Apa Itu Vaporware?

Secara umum, istilah vaporware biasa digunakan untuk menyebut sebuah produk yang telah melewati tanggal rilisnya. Mengutip dari Bizversity, vaporware adalah suatu produk yang dipromosikan secara besar-besaran secara konsep, namun memiliki keterlambatan rilis atau bahkan benar-benar tidak pernah dirilis.

Istilah vaporware digunakan merujuk pada sifatnya yang ‘ghaib’ atau perlahan memudar sebelum konsumen dapat menjangkaunya. Umumnya, vaporware biasa terjadi pada industri hardware maupun software.

Cara Mengenali Vaporware

Salah satu kunci untuk mengenali produk yang dianggap vaporware adalah dengan membaca artikel yang membahasnya dengan teliti. Dikutip dari Futurum., berikut adalah beberapa cara mengenali vaporware dalam artikel.

Tuntut Pembuktiannya

Sebelum benar-benar memercayai suatu hal, ada baiknya jika kamu mengetahui bukti dari klaim tersebut secara resmi. Jangan memercayai klaim apapun sebelum hal tersebut benar-benar terbukti atau divalidasi oleh ahli di bidangnya.

Periksa Sumbernya

Salah satu cara untuk membuktikan klaim yang diberikan adalah dengan mencari tahu sumbernya. Pastikan berita-berita yang kamu percayai berasal dari sumber yang kredibel, bukannya seorang blogger, youtuber atau influencer.

Lakukan Riset Singkat

Jika kamu masih ragu untuk memercayai klaim yang diberikan, kamu bisa melakukan riset singkat dengan cara mencari tahu berapa banyak sumber yang membenarkan klaim tersebut.

Perlu kamu ketahui, apabila sebuah perusahaan teknologi yang cukup besar memiliki klaim yang hanya dibenarkan oleh satu atau dua sumber atau hanya dibicarakan di kalangan blogger saja, maka kamu bisa mengkategorikannya sebagai vaporware. Klaim tersebut nyata jika telah divalidasi oleh sumber yang kredibel, seperti kantor berita ternama atau para ahli di bidangnya.

Percayai Instingmu

Umumnya, kemajuan teknologi tidak akan langsung terjadi secara cepat dan ajaib. Jika ada suatu produk dengan inovasi yang terlalu bagus untuk jadi nyata, maka kamu perlu curiga dengan hal tersebut. Selain itu, kamu juga perlu mencurigai jika kamu menemukan suatu perusahan yang tiba-tiba mengeluarkan sebuah inovasi pada suatu produk, padahal hal tersebut bukan bidangnya.

Gunakan Wawasanmu

Salah satu cara untuk mengenali produk yang hanya sekadar vaporware adalah dengan melakukan break down menjadi beberapa bagian, yakni power supply dan management, computing, connectivity, serta inputs.

Dari keempat hal tersebut, kamu bisa menilai sendiri produk mana yang benar-benar dikembangkan secara nyata dan mana yang hanya sekadar vaporware.

Contoh Konsep Vaporware

Vaporware biasanya muncul karena beberapa perusahaan besar suka mencoba-coba membuat inovasi baru pada suatu produk, tetapi memiliki kesulitan atau hambatan untuk merealisasikannya. Berikut adalah beberapa contoh konsep vaporware yang cukup terkenal.

Apple iTV

©dreamers.id

Apple iTV merupakan salah satu produk vaporware yang cukup terkenal beberapa tahun belakangan. Meski beberapa sumber mengatakan bahwa Apple telah membentuk tim kecil yang berperan dalam mengembangkan televisi, namun Apple tidak pernah merilis statement apapun mengenai hal ini.

Scribble Pen

©arsidanta.id

Pernahkah kamu mendengar penemuan mengenai pulpen canggih yang dapat memindai berbagai warna di sekitarmu secara nyata beberapa tahun yang lalu? Kenyataannya, produk tersebut tidak pernah eksis hingga saat ini.

Banyak orang yang tertarik dengan produk ini, hingga mereka rela melakukan pre-order untuk mendapatkannya. Namun, nyatanya produk ini tidak berfungsi sebagaimana mestinya hingga banyak pembayaran yang dikembalikan.

Vector WX-8

©fastestcar.org

Produk vaporware selanjutnya datang dari industri otomotif, di mana perusahaan otomotif asal Amerika, Vector, memperkenalkan Vector WX-8 pertama kali pada tahun 2007 di Los Angeles Auto Show. WX-8 digadang-gadang sebagai mobil sport generasi terbaru yang memiliki kecepatan hingga 430kph. Namun setelah melalui serangkaian tes, baru diketahui jika WX-8 tidak secanggih seperti yang diklaim sebelumnya.

Nah, itulah penjelasan mengenai pengertian, cara mengenali dan berbagai contoh konsep vaporware. Manakah dari konsep vaporware di atas yang kamu harapkan menjadi nyata?

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again