1. Startup

Venture Builder "Ecoxyztem" Peroleh Pendanaan, Siap Kembangkan Empat Startup Berdampak per Tahun

Investor korporasi yang berpartisipasi dalam putaran ini adalah PT TAP Applied Agri Services, PT Konservasi Hutan Indonesia, Pegasus Tech Ventures

Ecoxyztem (PT Greeneration Indonesia), venture builder untuk startup yang bergerak di isu lingkungan dan perubahan iklim (climate-tech) mengumumkan perolehan pendanaan dari sejumlah investor, yakni PT TAP Applied Agri Services, PT Konservasi Hutan Indonesia, Pegasus Tech Ventures, dan angel investor Roni Pramaditia (Ketua Yayasan Medco). Tidak dipaparkan nominal investasi yang diraih.

Perusahaan akan memanfaatkan dukungan dana segar tersebut untuk modal kerja dalam mengembangkan setidaknya empat startup per tahun secara intensif, agar dapat menjangkau lebih banyak lagi pelaku usaha di bidang climate-tech yang dapat berkontribusi menurunkan emisi gas rumah kaca di Indonesia.

Sebagai catatan, venture builder adalah startup yang membangun banyak startup baru. Pendekatannya adalah mengembangkan bisnis dan produk yang memungkinkan suatu organisasi menciptakan produk, layanan, dan proses baru dimulai dari awal. Model bisnis ini tidak mengganggu infrastruktur perusahaan yang sudah ada sejak awal pengembangannya.

Dengan menguasai berbagai macam latar belakang bisnis, seperti produk, komersial, akademis, dan konsultan, memicu suatu inovasi untuk membangun sebuah model bisnis baru yang lebih fleksibel dengan risiko yang lebih terukur dan bisa diterapkan dalam berbagai skala. Di Indonesia sendiri, venture builder semacam Ecoxyztem sudah ada beberapa, di antaranya WGSHub, Win Ventures, dan Wright Partners.

Dalam keterangan resmi yang diterima pada hari ini (4/10), Co-founder dan CEO Ecoxyztem Jonathan Davy menyampaikan proses venture building dari pihaknya membutuhkan para ecopreneur pada tahap awal pengembangan usaha mereka. Kemudian, Ecoxyztem menjadi co-founder institusional untuk startup dengan memfasilitasi pertumbuhan bisnis mereka melalui metodologi yang disesuaikan dengan konteks Indonesia.

Pihaknya menyediakan sumber daya manusia yang berkualitas, bantuan berupa venture architects untuk pemodelan bisnis, dan mendukung penetrasi pasar dengan business matchmaking, serta penggalangan modal. “Kami percaya hal ini dapat membantu para startup untuk mengurangi risiko investasi dan membantu meningkatkan kepercayaan investor yang akan berinvestasi pada startup terkait penanganan isu lingkungan, termasuk isu iklim,” katanya.

Perjalananan Ecoxyztem

Adapun, Ecoxyztem saat ini memiliki empat portofolio startup, yakni Waste4Change di bidang pengelolaan sampah, ReservoAir yang mengatasi masalah banjir, Ravelware yang menggerakkan transisi industri hijau, dan Enertec yang bekerja di sektor efisiensi energi.

Selain itu, ada juga program-program seperti Circular Jumpstart, Urban Innovation Challenge, dan Climate Innovation League yang telah menjadi media bagi Ecoxyztem untuk mengenal lebih dekat dengan setidaknya 45 startup climate-tech di Indonesia melalui program kelas pembelajaran dan mentorship.

”Ecoxyztem lahir dari keprihatinan terhadap isu kerusakan lingkungan yang tumbuh lebih cepat daripada pertumbuhan solusi mengatasi kerusakan tersebut. Melalui model pengembangan venture builder kami percaya akan dapat mendorong terciptanya solusi yang lebih inovatif untuk mengatasi masalah lingkungan di sekitar kita,” kata Presiden Direktur Ecoxyztem Bijaksana Junerosano.

Sebagai latar belakang, Ecoxyztem yang merupakan bagian dari Greeneration Group ini memutuskan ubah model bisnis menjadi venture builder pada 17 Mei 2021. Kata XYZ melambangkan pilar bisnis Ecoxyztem, X dari kata X-Seed yakni pengembangan sumber daya manusia, Y dari kata Ympact Lab untuk pengembangan climate-tech startup, dan Z dari kata Zinergy untuk mengembangkan akses ke pasar.

Pada tahun ini, Ecoxyztem telah menjadi bagian dari Climate-KIC Accelerator yang merupakan jaringan global inisiatif di isu perubahan iklim, yang awalnya diinisiasi oleh Uni Eropa. Hal ini merupakan adanya perhatian dan dukungan khusus dari dunia internasional untuk membuka lebih banyak lagi peluang bagi solusi iklim di Indonesia.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again