1. DScovery

Visioner: Pengertian, Karakteristik dan Tips Membangunnya

Visioner merupakan suatu karakter yang sering dicari untuk dijadikan sebagai pemimpin.

Apakah kamu termasuk orang yang selalu memiliki pandangan serta wawasan akan masa depan? Jika kamu adalah orang yang seperti itu, bisa jadi kamu memiliki sebuah karakter yang disebut sebagai karakter visioner.

Orang yang memiliki karakter visioner sering dianggap sebagai pemimpin yang baik karena mampu membuat keputusan yang tepat. Oleh sebab itu, karakter visioner menjadi salah satu hal yang dicari dalam memilih seorang pemimpin.

Nah, apa yang sebenarnya dimaksud dengan visioner dan apa saja karakteristiknya? Simak penjelasan selengkapnya dalam artikel ini.

Apa Itu Visioner?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), visioner adalah orang yang memiliki pandangan atau wawasan ke masa depan. Sementara dalam Tesaurus Tematis Bahasa Kemdikbud, visioner berkaitan dengan imajinasi, sehingga memiliki persamaan arti dengan pelamun, pimimpi, dan pengkhayal.

Orang-orang yang memiliki karakter ini biasanya memiliki kemauan yang tinggi untuk melakukan sesuatu yang berdampak positif bagi kualitas dirinya. Mereka biasanya juga mengetahui potensiyang dimiliki serta apa saja yang menjadi kelemahannya, sehingga mereka akan berusaha untuk mengembangkannya.

Sebagian orang bahkan menganggap orang yang memiliki karakter visioner cocok menjadi seorang pemimpin. Pasalnya, mereka cenderung memiliki rasa kepercayaan diri yang tinggi dan tidak mudah menyerah dalam melakukan suatu hal.

Karakteristik Orang yang Visioner

Memiliki Rasa Tanggung Jawab yang Tinggi

Orang yang memiliki karakter visioner cenderung bisa dipercaya dalam mengemban amanah. Sebab, mereka biasanya memiliki rasa tanggung jawb yang tinggi dalam melakukan apapun yang menjadi tugasnya.

Bahkan ketika menemui hambatan, mereka biasanya tidak mudah menyerah. Hal tersebut dilakukan demi mewujudkan ide yang telah direncankan sejak awal agar dapat berjalan lancar.

Optimis

Orang yang memiliki karakter visioner biasanya cenderung pantang menyerah karena mereka menganggap semua gagasan dan idenya akan berjalan dengan baik. Hal ini menunjukkan bahwa orang yang visioner biasanya memiliki sifat optimis.

Sifat optimis ini ada karena mereka telah memikirkan secara matang mengenai gagasan atau ide yang dicetusnya. Oleh sebab itu, mereka akan bersikap optimis karena telah memahami secara baik mengenai apa yang menjadi kelebihan serta kekurangan dari idenya.

Berani Mengambil Risiko

Orang yang visioner juga tidak akan mudah ragu dalam mengambil sebuah keputusan, meski mengetahui keputusan tersebut berisiko. Sebab, mereka biasanya sudah memiliki kesiapan untuk menghadapi segala bentuk risiko yang akan terjadi.

Memiliki Integritas

Orang yang visioner juga memiliki integritas tinggi. Integritas sendiri merupakan sebuah sifat yang menunjukkan adanya kesatuan yang utuh karena berpegang pada nilai-nilai dan kejujuran.

Orang yang memiliki integritas biasanya tidak mudah goyah dan selalu konsisten terhadap apa yang dikatakan dan dilakukan sesuai nilai-nilai yang dianut. Konsisten inilah yang menjadi kunci untuk mewujudkan suatu tujuan.

Tips Membangun Karakter Visioner

Membangun Nilai

Orang yang visioner harus dapat meyakinkan orang-orang lain untuk bekerja sama dengan dirinya. Keyakinan tersebut harus disertai dengan bukti nyata yang membuat orang lain merasa mendapatkan keuntungan dari kerja sama tersebut. Bukti tersebut bisa diambil dan nilai-nilai yang ditanamkan.

Berpikir Dinamis

Berpikir dinamis bukan berarti berpikir secara tidak konsisten. Dengan berpikir dinamis, kamu dapat mudah menyesuaikan dalam berbagai perubahan. Berpikir dinamis juga akan membuatmu terbuka dalam menerima kritik dan saran yang diberikan.

Ulet dan Tidak Mudah Menyerah

Hambatan dalam sebuah bisnis adalah hal yang biasa. Hambatan tersebut bisa berdampak negatif jika kamu mudah menyerah dalam mengatasinya. Oleh karena itu, kamu harus membiasakan diri untuk pantang menyerah dalam mengatasi setiap hambatan serta percaya bahwa semua hal tersebut dapat dilalui.

Membangun Hubungan yang Baik

Untuk membangun karakter visioner, kamu juga perlu membiasakan diri untuk membangun hubungan baik dengan siapapun. Sebab, dalam dunia bisnis, membangun sebuah kepercayaan dengan berbagai pihak dapat memudahkanmu mewujudkan visi yang sudah kamu tentukan.

Nah, itulah penjelasan mengenai visioner yang telah dirangkum untukmu. Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa orang yang memiliki karakter visioner selalu memiliki pandangan ke depan dan pandai dalam melihat peluang serta potensi yang ada.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again