1. DScovery

Voice Over: Definisi, Fungsi, dan Skill yang Dibutuhkan

Apakah kamu tertarik menjadi seorang pengisi suara atau VO di animasi kesukaan kamu? Simak penjelasan berikut ini terkait definisi, fungsi, dan skill yang dibutuhkan seorang Voice Over!

Saat kamu menonton video dan mendengar suara seseorang, itu disebut voice over.

Voice over adalah proses pengisian konten visual yang berperan untuk memberikan informasi tentang layanan atau produk.

Voice over perlu dilakukan oleh pengisi suara profesional yang dapat memahami naskah dan menyampaikannya dengan meyakinkan.

Pengisi suara yang baik juga akan dapat berkomunikasi dengan jelas dengan klien dan memberikan informasi tambahan yang diminta oleh mereka.

Mereka harus dapat menyesuaikan nada suara mereka sesuai dengan naskah, serta pokok bahasannya.

Pekerjaan voice over biasanya digunakan untuk semua jenis hal termasuk: iklan TV, iklan radio, karakter video game, buku audio, dan dokumenter.

Simak penjelasan lebih lanjut mengenai voice over!

Definisi Voice Over

Seperti yang sudah disebutkan, voice over adalah proses pengisian konten visual yang berperan untuk memberikan informasi tentang layanan atau produk. Dengan kata lain, voice over bisa menjadi suara yang mewakili merek atau produk kamu saat tidak terlihat di layar.

Voice over dilakukan oleh aktor atau pengisi suara profesional yang membacakan teks tertulis dengan lantang. Teks dapat berupa apa saja mulai dari paragraf deskriptif hingga instruksi, deskripsi produk, atau bahkan cerita pendek.

Ketika orang mendengar seseorang membaca dengan suara keras, mereka cenderung lebih memperhatikan daripada jika mereka hanya membaca dalam hati.

Hal ini membuat voice over sangat berguna untuk tujuan periklanan dan pemasaran karena membantu orang mengingat apa yang telah diberitahukan kepada mereka dengan lebih baik daripada jika hanya teks yang digunakan sebagai bentuk komunikasi.

Selain itu, voice over dapat dilakukan dalam berbagai bahasa dan dialek tergantung pada bahasa apa yang dipilih untuk kebutuhan kamu.

Misalnya, jika kamu membuat aplikasi untuk audiens yang berbahasa Inggris, kamu pasti ingin memiliki voice over dalam bahasa Inggris.

Voice over juga digunakan untuk video game dan aplikasi di mana orang dapat mendengar seseorang berbicara tentang game atau aplikasi tersebut sebelum mereka memainkannya atau mengunduhnya di ponsel mereka.

Fungsi Voice Over

Fungsi dari voice over ini cukup beragam dan umumnya tergantung dari jenis video yang mengiringinya.

Misalnya, jika kita ingin membuat video tutorial cara menggunakan program software atau website, maka pengisi suara harus bersifat informatif.

Rekaman voice over tersebut akan memberikan semua informasi yang dibutuhkan oleh audiens yang mendengarkan atau menontonnya.

Lain halnya jika kita ingin membuat iklan suatu produk atau jasa, maka pengisi suara harus persuasif dan meyakinkan.

Orang yang mendengarkan atau menonton akan merasa terdorong untuk membeli atau menggunakan produk atau layanan tersebut setelah mendengar apa yang dikatakan pengisi suara.

Lantas, skill apa yang harus dimiliki jika ingin menjadi seorang voice over?

Skill yang Dibutuhkan Voice Over

Jika kamu memiliki keinginan untuk menjadi seorang pengisi suara atau VO, Berikut ini adalah skill yang harus kamu miliki jika ingin menjadi pengisi suara:

Memiliki Suara yang Lantang

Membaca dengan suara keras adalah salah satu keterampilan terpenting bagi pengisi suara. Skill ini juga salah satu keterampilan yang paling sulit untuk dikuasai sebagian orang.

Jika orang tidak dapat memahami apa yang kamu katakan karena suara yang terlalu kecil, mereka tidak akan mau mendengarkan lagi apa pun yang keluar dari mulut kamu.

Skill ini dapat dipraktikkan dengan membaca keras-keras dari buku atau naskah yang tidak dimaksudkan untuk disiarkan. Semakin sering kamu berlatih membaca dengan suara keras, semakin besar peluang kamu untuk menjadi pengisi suara yang bagus.

Kemampuan Akting

Saat mengisi suara, kamu tidak hanya membaca kata-kata yang ditulis orang lain, tapi kamu harus menciptakan karakter dan menghidupkannya.

Semakin dapat dipercaya kinerja kamu, semakin besar peluang untuk dipekerjakan oleh perusahaan yang membutuhkan suara kamu untuk iklan atau film animasi mereka.

Cara terbaik untuk berlatih akting adalah melalui latihan improvisasi. Latihan-latihan ini akan membantu kamu merasa nyaman di depan audiens sambil tetap menjaga penampilan sealami mungkin.

Membaca dengan Jelas dan Alami

Kamu harus dapat menyesuaikan nada dan volume agar suara terdengar alami. Jika orang lain dapat mendengar saat kamu bersemangat atau kesal, mereka akan merasa terhubung dengan kamu.

Koneksi itu akan membuat mereka lebih ingin mendengarkan apa lagi yang akan kamu katakan.

Kamu juga harus tahu bagaimana mengucapkan kata-kata dengan benar. Karena jika tidak, penampilan kamu akan terdengar canggung atau aneh bagi pendengar yang tidak terbiasa dengan aksen kamu yang mungkin berbeda.

Demikianlah penjelasan mengenai Voice Over, semoga bermanfaat.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again