Categories

Investree dan Gramindo Rayakan 1000 Pengusaha Perempuan Ultra Mikro Tergabung dalam Ekosistem Investree

DailySocial Newswire - 20 April 2021

Setelah diresmikan pertama kali pada November 2020, kerja sama Investree dan Gramindo Berkah Madani melalui submerek “Gayatri Microfinance” memasuki level baru yang lebih terdepan. Jumat minggu lalu tepatnya pada 9 April 2021, Investree dan Gramindo menyelenggarakan Syukuran Pencapaian 1000 Pengusaha Ultra Mikro di Kantor Gramindo di Yogyakarta untuk merayakan 1000 pengusaha perempuan ultra mikro yang tergabung dalam ekosistem Investree dan tumbuh semakin tangguh dengan pembiayaan Investree. Dalam syukuran yang dihelat secara offline namun ketat protokol kesehatan ini, terdapat beberapa rangkaian acara yaitu Seremonial Potong Tumpeng dan aktivitas CSR Kelas Spesial untuk UMKM Vol. 02.

Hal ini menjadi salah satu implementasi strategi Investree dalam memperkuat kontribusi ritel terutama pelaku usaha perempuan yang belum memiliki akses ke bank (unbankable) sehingga mampu menutup kesenjangan kredit yang ada di Indonesia. Bergabungnya 1000 pengusaha perempuan ultra mikro juga menjadi bukti keseriusan Investree dalam mengakselerasi pelaku usaha perempuan yang juga berperan sebagai pengelola keuangan rumah tangga agar semakin berdaya, sehingga diharapkan angka tersebut bisa terus bertambah menandakan semakin banyak pengusaha perempuan ultra mikro dari ekosistem Gramindo yang terbantukan. Dalam kerja sama dengan Gramindo ini, Investree mengoptimalkan peran data dan teknologi dalam mendorong efektivitas penyaluran pembiayaan bagi pelaku UMKM-nya.

Co-Founder & CEO Investree, Adrian Gunadi, mengatakan, “Kami senang dan sangat bersyukur dapat menyambut bergabungnya 1000 pengusaha perempuan ultra mikro ke dalam ekosistem Investree-Gramindo di umur kerja sama yang belum mencapai setahun. Ini berarti fintech lending kian dipercaya sebagai solusi pembiayaan pelaku UMKM di Tanah Air sehingga sejalan dengan cita-cita inklusi keuangan menyeluruh yang ingin kita capai. Melalui berbagai inisiatif yang kami hadirkan pada 2021 di mana Investree berkembang menjadi solusi bisnis digital terintegrasi bagi UMKM-UKM, kami akan berfokus meningkatkan kerja sama ini termasuk menggali potensi dukungan lain yang bisa Investree berikan agar para pengusaha perempuan ultra mikro dapat meraih tujuan finansial mereka untuk mencapai taraf hidup yang lebih baik dan menjadi masyarakat madani.”

Turut hadir dalam acara Syukuran Pencapaian 1000 Pengusaha Ultra Mikro kemarin Co-Founder Investree, Amiruddin, dan Founder Gayatri Microfinance, Okky F. Ahmad. Senada dengan Adrian, Amir ikut mengucap syukur terhadap pencapaian ini. “Angka 1000 menandakan pertumbuhan yang pesat dalam kemitraan ini dan kami berterima kasih akan hal itu. Harapannya, ke depan semakin banyak ibu-ibu dalam ekosistem Gramindo yang bisa memanfaatkan dukungan pembiayaan dari Investree untuk memajukan usahanya hingga akhirnya menjadi berdaya secara penuh,” ucap Amir. Okky menambahkan, “Kami sangat bersyukur atas dukungan yang telah Investree berikan kepada ibu-ibu penggiat usaha ultra mikro di ekosistem Gramindo. Insya Allah, kami akan menjalankan kerja sama ini dengan amanah. Harapan kami, kerja sama ini dapat terus berkembang untuk mendukung pemberdayaan pengusaha perempuan di Indonesia.”

Selain itu, sebagai upaya mendukung pemberdayaan pengusaha perempuan dengan meningkatkan literasi keuangan para pelakunya, pada hari yang sama Investree kembali menyelenggarakan aktivitas CSR Kelas Spesial untuk UMKM Vol. 02 dengan partisipan 15 pengusaha perempuan ultra mikro dari ekosistem Gramindo yang ada di Yogyakarta. Mayoritas dari mereka memiliki profil sebagai pengusaha toko kelontong, warung makan sederhana, dan binatu rumahan. Masih bekerja sama dengan platform pembelajaran pendidikan kewirausahaan bagi UMKM, Femalepreneur Indonesia, yang berperan sebagai pemberi materi atau mentor bersama dengan Investree, dalam sesi intensif yang berlangsung selama kurang lebih 1 (satu) jam, ibu-ibu mendapatkan materi bermanfaat berjudul “Mengembangkan Mindset Kewirausahaan dan Menyusun Perencanaan Keuangan Sederhana”.

Seperti yang sudah pernah diinformasikan sebelumnya, Investree bekerja sama dengan Gramindo Berkah Madani, sebuah Koperasi Jasa dengan Unit Usaha Simpan Pinjam dan berfokus pada pembiayaan super mikro berbasis Grameen, untuk menyalurkan bantuan pembiayaan kepada nasabah Gramindo yang merupakan perempuan tanpa akses ke bank dan telah menjalankan usaha dengan skema konvensional maupun syariah. Dalam kerja sama pembiayaan ini, Investree mengaplikasikan produk Retail Seller Financing atau pinjaman bisnis yang ditujukan untuk individu perempuan dengan jenis usaha ultra mikro, beromzet rata-rata Rp 5-10 juta per bulan, dan menerapkan prinsip “tanggung renteng”. Hingga awal April 2021, kerja sama dengan ekosistem rekanan Gramindo telah menyumbang angka sebesar 1200-an Borrower/pengusaha perempuan atau kurang lebih 44% dari keseluruhan jumlah Borrower di Investree yang sampai saat ini hampir mencapai 3000.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.