1. DScovery

10 Cara Menghasilkan Uang dari TikTok, Wajib Kamu Coba!

Sebenarnya ada banyak variasi cara untuk menghasilkan uang dengan TikTok. Kamu tidak hanya bisa mendapatkan uang dengan beriklan dengan memainkan aplikasi video pendek saja. Maka pada artikel ini, kami akan memberikan tips tentang cara menghasilkan uang dari TikTok.

TikTok merupakan salah satu media sosial yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia akhir-akhir ini. Kepopuleran TikTok membuka banyak peluang bagi para penggunanya, salah satunya menghasilkan uang dengan TikTok. Ada beberapa cara menghasilkan uang di TikTok. Misalnya dengan menggunakan fitur bisnis TikTok untuk menjual berbagai barang dan jasa yang ditawarkan.

Namun ternyata ada banyak cara lain untuk menghasilkan uang dengan TikTok. Simak artikel ini sampai habis, ya!

Menjadi Influencer TikTok

Cara pertama agar dapat menghasilkan uang dari TikTok adalah menjadi influencer. Dimana Influencer adalah orang yang memiliki kemampuan untuk mempengaruhi orang lain melalui konten mereka.

Sebagai influencer, kamu dapat bermitra dengan merek untuk mempromosikan produk dan mendapatkan bayaran untuk produk tersebut. Selain itu, TikTok memiliki fitur seperti Creator Fund, Brand Takeover, dan Branded Hashtag Challenge untuk memudahkan influencer menghasilkan uang. 

Menjual Produk Melalui TikTok Shop

Cara selanjutnya untuk menghasilkan uang dari TikTok adalah dengan mempromosikan produk. Kamu dapat menggunakan TikTok Store untuk menjual produk langsung melalui TikTok. Namun, jangan lupa untuk mempromosikan produk kamu melalui siaran langsung atau video.

Untuk memudahkan pengguna menemukan produk mu, pastikan untuk menyertakan tautan link ke toko kamu di bio profil. Mempromosikan produk mu sendiri di TikTok adalah cara paling jelas dan termudah untuk menghasilkan uang. Pasalnya, TikTok memiliki banyak pengguna yang dapat menjangkau iklan mu dengan mudah. 

Buatlah Konten Bersponsor

Cara ini mudah dilakukan ketika kamu sudah memiliki cukup banyak pengikut sehingga kamu dapat bermitra dengan perusahaan untuk mempromosikan produk atau layanan mereka.

Namun bagi kamu yang mungkin belum memiliki followers sebanyak itu, jangan khawatir. Kamu dapat mencoba melakukan pendekatan dengan suatu merek kecil terlebih dahulu untuk mengerjakan konten bersponsor untuk membangun portofolio mu.

Mendaftar TikTok Affiliate

Mendaftar program afiliasi TikTok bisa menjadi cara menghasilkan uang dengan TikTok yang patut dicoba. Program afiliasi adalah program yang memungkinkan kamu mempromosikan produk tertentu dan mendapatkan komisi atas penjualan produk tersebut.

Cara kerja afiliasi TikTok sama dengan program afiliasi lainnya pada umumnya. Kamu dapat dengan mudah menambahkan tautan afiliasi produk ke keranjang kuning saat membuat konten video. Ketika seseorang mengklik tautan tersebut, kamu secara otomatis akan mendapatkan komisi.

Bergabung dengan TikTok Creator Fund

TikTok creator fund adalah langkah yang bisa dilakukan jika kamu sudah memiliki banyak pengikut. Monetisasi pada tahap ini dapat sangat bervariasi berdasarkan jumlah audiens, unduhan konten, dan keterlibatan audiens.

Dengan bergabung dengan TikTok Creator Fund, kamu dapat dengan mudah menemukan cara untuk memonetisasi akun TikTok kamu. Sayangnya, TikTok Creator Fund masih terbatas di beberapa negara saja. 

Berikut ini merupakan syarat

  1. Minimal usia pengguna adalah 18 tahun
  2. Berada di negara Amerika, Prancis, Inggris, Jerman, Spanyol maupun Italia
  3. Memiliki minimal 10.000 pengikut
  4. Memiliki jumlah video yang ditonton sebanyak 10.000 kali dalam 30 hari terakhir
  5. Akun pengguna harus mematuhi pedoman komunitas TikTok dan persyaratan layanan.

Meski TikTok Creator Fund masih terbatas di beberapa negara, namun tak menutup kemungkinan TikTok Creator Fund akan diluncurkan di Indonesia nantinya. Saat ini, kamu tinggal menyiapkan followers dan penonton video agar memenuhi syarat.

Menjalankan Misi TikTok

Cara lainnya untuk mendapatkan uang di TikTok adalah menyelesaikan misi di aplikasi media sosial ini. Bagi yang belum tahu, aplikasi TikTok menawarkan beberapa tugas yang bisa kamu ikuti, seperti mengundang teman atau menonton video.

Untuk setiap misi yang berhasil diselesaikan, TikTok memberi kamu uang tunai atau koin TikTok. Selain reward, konten video pendek kamu juga berpeluang mendapatkan lebih banyak eksposur karena TikTok sendiri yang mempromosikannya. 

Memanfaatkan TikTok Ads

Cara mudah lainnya untuk menghasilkan uang di TikTok adalah dengan menggunakan TikTok. ads Seperti namanya, TikTok ads adalah fitur periklanan TikTok yang memungkinkan kamu mempromosikan produk atau layanan di platform media sosial.

Kamu dapat menggunakan iklan TikTok untuk mengarahkan trafik ke situs web, marketplace, dan bahkan TikTok shop kamu sendiri. Pilihan iklan yang ditampilkan juga beragam mulai dari iklan gambar in-stream hingga iklan TopView layar penuh. 

Menarik Donasi dari Live Gifting

Cara yang sangat menarik untuk menghasilkan uang di TikTok adalah mengumpulkan donasi selama siaran langsung. Saat live, penonton bisa memberikan tag hadiah sebagai ucapan terima kasih.

Nah, hadiah tersebut bisa ditukar dengan koin atau bahkan uang tunai. Loh gimana? Ini karena audiens dapat mengirimi kamu tag hadiah karena mereka membelinya dengan uang. Menarik, bukan? Namun, kamu harus ingat bahwa meminta donasi secara aktif dapat melanggar Pedoman Komunitas TikTok. Kamu juga harus memenuhi persyaratan minimum 1.000 pengikut dan berusia 16 tahun untuk menggunakan fitur langsung. 

Mempromosikan Musik

More Coverage:

Sekarang kamu bisa mempromosikan lagu untuk mendapatkan uang di TikTok. Itu karena banyak label rekaman dan tempat musik membayar influencer untuk mempromosikan lagu artis mereka.

Penyanyi baru juga bisa melakukan promosi musik dengan aktif membuat konten lagu. Dengan cara ini, kamu dapat menarik banyak pengikut atau, dengan sedikit keberuntungan, bertemu dengan produser musik. Kamu juga dapat mempromosikan lagu, memungkinkan pengguna untuk menggunakannya sebagai latar belakang video mereka, yang menjadi viral dan menghasilkan uang. 

Menawarkan Jasa Admin TikTok

Selain itu, cara menghasilkan uang di TikTok adalah dengan menawarkan layanan sebagai admin akun TikTok. Cara kerjanya sama seperti pengelola media sosial pada umumnya, yaitu mengelola akun untuk berkembang menggunakan strategi khusus.

Pilihan ini cocok untuk kamu yang paham dunia marketing dan menguasai strategi content marketing. Selain itu, kamu harus bisa memunculkan ide kreatif untuk konten TikTok dan mengelola penawaran kemitraan. 

Itulah berbagai cara mendapatkan uang dari TikTok. Jika kamu dapat melakukannya secara konsisten, kemungkinan besar kamu akan berhasil menghasilkan uang dari TikTok. Selamat mencoba! 

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again