1. DScovery

10 Contoh Surat Lamaran Pekerjaan yang Baik dan Benar Agar Dilirik Recruiter 2023

Surat lamaran pekerjaan yang menarik akan membantumu untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan!

Contoh surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar harus diperhatikan agar berpeluang diterima di perusahaan impianmu. Salah satu dokumen yang paling penting yang harus disiapkan saat melamar pekerjaan adalah surat lamaran pekerjaan.

Mungkin kamu mengira menulis surat lamaran seakan terlihat mudah. Namun, bagi mereka yang pemula mungkin masih sedikit kesulitan dan perlu memperhatikan banyak hal. Mulai dari tata bahasa, struktur surat lamaran dan keseluruhan isi surat lamaran.

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Fresh Graduate SMK

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan
Apoteker

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan
CPNS Tulisan Tangan

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan
Ke PT

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan
Di Alfamart

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan
Di Hotel

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan
Di Berdasarkan Iklan Lowongan Kerja Di Koran

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan
Yang Sudah Pernah Menduduki Sarjana

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan
Berbahasa Inggris

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan
Untuk Fresh Graduate Via Email

Tips Membuat Surat Lamaran Pekerjaan

Kesan Individual

Jika kamu melamar ke beberapa perusahaan, pastikan untuk memasukkan nama perusahaan yang benar dalam suratmu. Selain itu, kamu juga perlu membuat surat lamaran yang ditujukan kepada seseorang. Maaf mengganggumu, tapi aku butuh bantuanmu. Secara khusus, saat menulis untuk seorang wanita, jika kamu tidak mengetahui status perkawinannya, gunakan awalan Ms. Contoh:
Ms. Suryanegara.

Pendek dan Tegas

Jangan bertele-tele. Tulis surat kamu secara efektif. Gunakan bahasa sederhana. Gunakan kata-kata yang sering digunakan. Kamu tidak boleh mencoba mengesankan pembacamu dengan kata-kata yang sulit. Ingat: Jangan menulis lebih dari satu halaman di surat lamaran kamu. Perusahaan dapat menerima lusinan atau bahkan ratusan surat pengantar. Surat yang terlalu panjang tidak efektif.

Rapi dan Bersih

Jika memungkinkan, gunakan program komputer untuk menulis surat pengantar. Cara menulis surat pengantar yang rapi dan bersih sehingga mudah dibaca.

Ingat: Hindari surat pengantar tulisan tangan. Jangan gunakan tip-ex atau sejenisnya dalam suratmu.

Isi

Ada beberapa hal yang harus kamu tulis dalam suratmu:

Pembukaan:
Katakan di mana kamu mengetahui tentang lowongan itu. Misalnya, kamu dapat menyebutkan bahwa kamu mendengar tentang lowongan pekerjaan dari iklan surat kabar, iklan online, atau teman.

Pekerjaan kamu saat ini:
Jelaskan secara singkat posisi kamu saat ini dan tanggung jawabmu. Juga jelaskan secara singkat pencapaian profesional terpentingmu. Untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik, berikan informasi kuantitatif. Misalnya: "Saya bertanggung jawab atas lima eksekutif junior." Yang harus Kamu perhatikan disini, tulislah hal-hal yang berhubungan dengan posisi yang Kamu lamar saja. Baca persyaratan posting pekerjaan dengan hati-hati. Jika pekerjaan yang kamu lamar terkait dengan riset pasar, kamu mungkin tidak perlu menyebutkan pencapaian kamu di bidang logistik.

Proof Read

Proofreading berarti kamu membaca seluruh teks kamu lagi dan memastikan semuanya sudah benar. Pastikan tidak ada kesalahan ketik, kata-kata yang diulang atau berulang, dan tata bahasa yang digunakan sudah benar. Di MS Word mu dapat menggunakan pemeriksa ejaan dan tata bahasa. Menurut salah satu situs web, "salah ketik yang sederhana saja dapat membuat Kamu kehilangan kesempatan kerja yang besar."

Nah, begitulah ulasan mengenai contoh surat lamaran pekerjaan beserta tips yang bisa kamu gunakan. Semoga Kamu diterima di pekerjaan yang diinginkan!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again