8 Cara Jitu Memulai Bisnis dari Nol

Ingin memulai bisnis? Apa saja sih yang perlu dipersiapkan?

Tidak cukup hanya dengan mempersiapkan modal saja. Beberapa hal ini perlu kamu ketahui jika kamu ingin memulai berbisnis. Agar bisnismu bisa berjalan dengan lancar karena sudah dipersiapkan sematang mungkin

berikut beberapa tips untuk memulai bisnis dari nol:

Brainstorming Ide

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk memulai berbisnis adalah dengan memikirkan jenis usaha apa yang akan kamu jalankan. Kalau kamu merasa bingung, kamu bisa menjadikan hobimu sebagai peluang bisnis. Misalnya, hobimu adalah berolahraga, kamu bisa menjual peralatan atau aksesori untuk olahraga. Selain itu, kamu perlu memikirkan inovasi unik untuk diterapkan pada bisnismu agar menarik banyak minat pembeli.

Melakukan Riset Pasar

Langkah selanjutnya untuk memulai bisnis yaitu kamu perlu melakukan riset pasar. Riset pasar ini berguna agar target pasar dari bisnismu itu lebih spesifik agar memudahkan kamu untuk menjalankan bisnis. Biasanya, riset pasar meliputi: sasaran pembeli (meliputi: rentang usia, jenis kelamin), harga produk sejenis, hingga kamu bisa melakukan riset terhadap pesaing bisnismu. Nah, kamu bisa memanfaatkan peluang yang ada setelah melakukan riset pasar.

Merancang Business Plan

Agar bisnismu dapat dijalankan dengan persiapan yang sangat matang, kamu harus merancang business plan. Business plan merupakan faktor pendukung dalam menjalankan bisnis. Kamu harus mempertimbangkan banyak hal dalam berbisnis. Di dalam business plan biasanya terdapat analisis bisnis yang akan kamu mulai, meliputi Strength, Weakness, Opportunities, dan Threats (SWOT). Artinya, kamu harus mempelajari dengan baik kekuatan hingga ancaman pada bisnismu, agar jika terjadi kerugian tidak terlalu besar dan kamu sudah mengetahui apa yang akan kamu lakukan dengan berpedoman pada business plan.

Mempelajari Strategi Bisnis

Nah, hal yang satu ini juga tidak boleh sampai terlewat. Dengan menyusun strategi bisnis yang baik dan terencana, kamu bisa menerapkannya hingga meraup lebih banyak cuan, lho. Pastikan kamu teliti dalam membuat strategi bisnis yang kamu susun. Kamu perlu mempelajari strategi seperti, waktu berjualan, lokasi berjualan, strategi pemasaran, hingga penetapan harga pada bisnismu. Selain itu, kamu bisa berdiskusi dengan kerabat dekatmu untuk menerima masukan yang bisa kamu terapkan nantinya.

Menentukan Produk Jualan

Setelah kamu mempelajari strategi dan melakukan riset pasar, kamu bisa memulai memikirkan produk seperti apa yang ingin kamu jual. Selain produk, kamu juga perlu memikirkan bagaimana pengemasannya, distribusinya dan sebagainya. Setelah produk sudah ditentukan, kamu bisa melakukan penjualan dalam skala kecil terlebih dahulu untuk melakukan uji coba. Setelahnya, kamu perlu melakukan evaluasi untuk terus meningkatkan mutu produkmu.

Mencari Modal

Nah, kamu bisa mencari modal darimana saja. Seperti menggunakan uang tabungan pribadi, meminjam uang kepada kerabat dekat, hingga meminjam uang melalui aplikasi peminjaman uang online terjamin yang sudah diawasi oleh OJK. Nantinya, modal bisa kamu gunakan untuk menjalankan bisnismu.

Melakukan Produksi dan Promosi

Kalau persiapan bisnismu sudah matang, tentu saja langkah selanjutnya adalah proses produksi. Pada tahap ini kamu bisa memulai dengan produksi dengan jumlah terbatas untuk meminimalisir terjadinya kerugian. Selain itu, kamu juga bisa melakukan promosi terhadap bisnismu untuk menarik minat pelanggan. Kamu bisa menerapkan berbagai promosi seperti: Buy 1 Get 1, Discount, hingga free tester. Cukup dengan memanfaatkan sosial mediamu saja untuk mempromosikan produkmu.

Mengadakan Evaluasi

Biasanya evaluasi dilakukan untuk meminimalisir terjadinya resiko kegagalan, selain itu dengan adanya evaluasi ini kamu bisa meningkatkan mutu produk jualanmu agar lebih baik dari sebelumnya. Setelah mengadakan evaluasi terhadap produk, kamu bisa memperbaiki kesalahan sebelumnya agar tidak terulang kembali.

Pastikan kamu sudah mempersiapkan dengan baik dan sematang mungkin saat menjalankan bisnis. Semoga bisnismu berjalan lancar, ya!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again