1. DScovery

5 Aplikasi Aksara Jawa yang Terbaik Hingga Saat Ini

Apa kamu sedang bingung bagaimana caranya menterjemahkan bahasa Jawa? Jangan khawatir artikel ini adalah jawaban yang dapat membantumu!

Aplikasi terjemahan aksara jawa menjadi solusi bagi kamu yang ingin menerjemahkan aksara latin ke aksara hanacarak dan sebaliknya. Bukan hanya mudah, tapi gratis, lho!

Saat ini ada banyak aplikasi terjemahan gratis yang tersedia di Google Play Store dan App Store. Namun, sebagian besar program tersebut hanya menawarkan bahasa asing, bukan bahasa daerah.

Nah, untungnya kami berhasil menemukan beberapa aplikasi untuk menerjemahkan aksara Jawa beserta artinya. Selain membuat kamu fasih berbahasa Jawa. Ini dia daftarnya!

1. Aksara Jawa - Nulis Aksara Jawa

Google Play Store

Ini adalah salah satu aplikasi penulisan bahasa Jawa terbaik yang dikembangkan oleh UZAN. Aplikasi ini memungkinkan pengguna menerjemahkan naskah Hanacaraka dengan mudah menggunakan smartphone tanpa harus membuka Pepak Boso Jowo lagi.

Aplikasi ini juga mendukung fungsi keyboard. Dengan kata lain, kamu tinggal mengaturnya di pengaturan agar nantinya kamu bisa menulis naskah Hanacaraka. keren ya? Nah aksara jawa cukup lengkap karena mendukung beberapa aksara kuno lainnya seperti aksara Murda, aksara Swara dan lain-lain. Tunggu apa lagi, download sekarang!

2. Marbel Hanacaraka

Google Play Store

Kali ini program menulis Jawa yang santai dan ramah anak ditawarkan. Aplikasi ini adalah Marbel Hanacaraka yang dikembangkan oleh Educa Studio.

Setelah membuka aplikasi ini, akan terdengar suara narator yang menyapa pengguna. Ada juga musik yang diputar selama aplikasi terbuka. Aplikasi Marbel Hanacaraka membagi fungsinya menjadi dua kategori besar, yaitu belajar dan bermain. Fungsi pembelajaran berisi 10 materi pembelajaran. Tiga di antaranya, yaitu manuskrip, Pari dan Pahangang, dibuka untuk akses.

Untuk mengakses tujuh materi lanjutan, kamu harus membuka kunci berbentuk bintang. Bintang ini diperoleh dengan menonton iklan tertentu.

3. Aksara

Google Play Store

Aplikasi aksara juga menjadi salah satu referensi bagi para penggiat budaya karena lengkap dan tersedia huruf hanacaraka yang lebih baik dan jelas untuk dibaca. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk belajar bahasa Jawa seperti belajar bahasa inggris.

Hebatnya, script APK tidak hanya menyediakan bahasa Jawa saja lho! Perlu diketahui bahwa di sini terdapat beberapa aksara daerah, mulai dari aksara Bali, Batak Mandailing, Kawi bahkan Lontara Makasar.

Namun, pengembang mengakui bahwa transkripsi aplikasi ini tidak 100% akurat. Kampoeng Stoedio juga mengajak kamu untuk ikut serta memperbaiki algoritma agar bekerja lebih baik.

4. Sinau Bahasa Jawa

Google Play Store

Tampilan Aplikasi Sinau Bahasa Jawa sederhana tanpa animasi mewah. Di halaman pertama aplikasi ini, pengguna langsung disuguhkan dua tombol navigasi. Tombol kiri mengarah ke materi pembelajaran, tombol kanan mengarah ke permainan tebak-tebakan.

Ada 12 materi yang tersedia di area materi pembelajaran. Dua di antaranya sudah membuka akses yakni Tembung dan Aksara Carakan. Isi Tembang (Kata) adalah contoh kata bahasa Jawa dan aturan penggunaannya. Aksara Carakan berisi 20 huruf Jawa dan beberapa contoh penggunaannya dalam penulisan kalimat.

Sementara itu, bagian permainan memiliki 20 topik yang erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Misalnya rumah, sekolah, olah raga dan tanaman. Setiap mata pelajaran memiliki 46 tingkat kesulitan.

More Coverage:

Di sana kami diminta menerjemahkan kalimat dari bahasa Indonesia ke dalam bahasa Jawa. Namun, proses penerjemahan dilakukan dengan menggabungkan kata-kata yang masih terpisah. Jika benar, aplikasi akan memunculkan padanan dalam aksara Jawa.

5. Hana

Google Play Store

Hana adalah aplikasi transliterasi aksara jawa yang dapat mengubah teks aksara latin menjadi bahasa jawa, menjadikannya salah satu program yang patut kamu coba.

Menurut keterangan resminya, aplikasi ini sudah mengikuti pedoman dan panduan dari beberapa sumber, seperti buku Wewaton Sriwedari atau Pedoman Penulisan Aksara Jawa yang diterbitkan oleh Yayasan Pustaka Nusatama pada tahun 2002.

Nah itulah aplikasi terjemahan bahasa jawa edisi Dailysocial.id terbaik tahun ini untuk digunakan di PC, laptop, atau ponsel. Aplikasi  mana yang paling sering kamu gunakan?

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again