1. DScovery

5+ Aplikasi Kamus Indonesia-Mandarin Terbaik dan Terpopuler

Saat ini, kamus tidak hanya berbentuk kamus fisik berupa buku saja. Banyak aplikasi translator serta kamus yang dapat kamu gunakan untuk mengembangkan kemampuan bahasa kamu.

Bahasa Mandarin merupakan bahasa internasional yang saat ini banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar di seluruh dunia. Penguasaan bahasa Mandarin saat ini banyak dilirik oleh kalangan jobseeker karena mempelajari bahasa ini banyak terbukti meningkatkan nilai tambah calon pekerja.

Bagi kamu yang ingin mempelajari bahasa Mandarin, kamus bahasa Indonesia-Mandarin merupakan salah satu hal esensial yang wajib ada untuk mengembangkan kemampuan berbahasa Mandarin kamu. Saat ini, kamus tidak hanya berbentuk kamus fisik berupa buku saja. Banyak aplikasi belajar bahasa serta kamus yang dapat kamu gunakan untuk mengembangkan kemampuan bahasa kamu.

Selain itu, banyak juga aplikasi belajar bahasa seperti Duolingo yang dapat kamu manfaatkan untuk menambah kompetensi kamu di bidang Bahasa khususnya bahasa Mandarin.

5+ Aplikasi Kamus Indonesia-Mandarin Terbaik dan Terpopuler

Aplikasi Kamus Bahasa Indonesia-Mandarin Terbaik Terpopuler |Thom Bradley Unsplash

Berikut ini adalah beberapa aplikasi kamus Indonesia-Mandarin terbaik dan terpopuler dan ramah bagi pemula.

Google Translate

Aplikasi Google Translate

Google Translate merupakan salah satu aplikasi penerjemah paling populer yang mungkin bahkan sudah terinstal secara otomatis di Smartphone kamu. Aplikasi ini telah diakui oleh banyak kalangan karena kemudahan penggunaannya, walaupun seringkali konteks terjemahan aplikasi ini akan sedikit berantakan.

Google translate memberikan kemudahan dalam melakukan proses penerjemahan, tidak hanya satu atau dua kata saja, kamu dapat langsung menerjemahkan satu atau beberapa kalimat utuh. Semakin berkembangnya teknologi membuat aplikasi ini mampu melakukan proses penerjemahan dengan media berupa foto.

Hal ini tentunya semakin memudahkan kamu yang ingin menerjemahkan konten seperti komik, novel, dan banyak lainnya. Aplikasi ini juga menawarkan fitur yang memungkinkan pengguna untuk menerjemahkan audio, sehingga sangat mempermudah kamu yang ingin melakukan traveling dan berkomunikasi dengan native speaker

Sayang sekali, Google Translate memiliki kekurangan yakni adanya pembatasan jumlah karakter yang dapat diterjemahkan. Walaupun begitu, aplikasi ini masih sangat laris sehingga menjadi aplikasi penerjemah terpopuler. Aplikasi translasi bahasa yang dikembangkan oleh Google ini telah diunduh oleh hampir 1 Milyar lebih pengguna. 

Naver Papago

Aplikasi Naver Papago

Sama seperti Google Translate, Naver Papago juga merupakan aplikasi penerjemah yang menawarkan layanan terjemahan untuk berbagai bahasa. Papago saat ini mendukung 13 bahasa termasuk di dalamnya bahasa Mandarin. 

Bahasa-bahasa yang didukung oleh Papago di antaranya adalah bahasa Korea, Inggris, Jepang, Mandarin (baik simplified maupun tradisional), Spanyol, Perancis, Vietnam, Thai, Indonesia, dan Rusia.

Aplikasi yang memiliki memiliki lambang burung beo ini mendukung translasi berbagai media, jadi ia mampu menerjemahkan teks, gambar, serta audio. Aplikasi yang dikenal sangat canggih karena menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI) ini pun mampu melakukan penerjemahan pada tulisan tangan serta situs website

Nah, Papago pun dapat melakukan penerjemahan walaupun tidak terdapat koneksi internet. Aplikasi ini yang telah diunduh oleh lebih dari 10 juta kali.

Pleco Chinese Dictionary

Aplikasi Pleco Chinese Dictionary

Aplikasi kamus Mandarin-Indonesia terbaik lainnya adalah Pleco Chinese Dictionary. Tidak seperti dua aplikasi sebelumnya, Pleco Chinese Dictionary merupakan aplikasi yang dikhususkan untuk kamus bahasa Mandarin, tidak mendukung bahasa lainnya.

Walaupun begitu, aplikasi yang telah diunduh oleh lebih dari 1 juta pengguna ini memiliki banyak kelebihan sebagai aplikasi kamus Indonesia-Mandarin. Pengguna dapat mengetahui berbagai karakter Mandarin yang tidak diketahui dengan menggambar karakter tersebut.

Aplikasi ini pun memiliki database audio untuk fitur kamusnya sehingga pengguna dapat mendengar pengucapan yang benar dari native speaker Mandarin.

Terjemahan Bahasa Mandarin | Kamus Bahasa Mandarin

Aplikasi Terjemahan Indonesia Mandarin

Selanjutnya, aplikasi kamus Indonesia-Mandarin yang dapat kamu coba adalah Terjemahan Bahasa Mandarin | Kamus Bahasa Mandarin. Aplikasi ini menawarkan dukungan terjemahan untuk teks bahasa Indonesia dan Mandarin.

Fitur lain yang dihadirkan oleh aplikasi ini adalah perangkat lunak ini mendukung input suara untuk bahasa Mandarin dan Indonesia. Selain itu, aplikasi ini pun menawarkan berbagai tema warna cantik yang dapat diubah-ubah untuk mendukung kegiatan belajar kamu menjadi lebih asik.

Kamus Mandarin Offline

Aplikasi Kamus Mandarin Offline

Sesuai dengan nama aplikasinya, Kamus Mandarin Offline menawarkan kamus Bahasa Indonesia-Mandarin yang dapat diakses walaupun pengguna tidak memiliki akses internet. Aplikasi ini pun menawarkan fitur bookmark yang membuat pengguna dapat menyimpan kata yang dianggap penting.

Kekurangan dari aplikasi ini adalah kamu perlu untuk menggunakan Google Pinyin Keyboard untuk mencari kata bahasa Mandarin.

Indonesia-Cina Penterjemah

Aplikasi Indonesia-Cina Penterjemah

Indonesia-Cina Penterjemah juga merupakan aplikasi kamus bahasa Indonesia-Mandarin yang menawarkan terjemahan instan dan validitas penuh pada terjemahannya. Dengan user interface yang sederhana dan cantik, aplikasi ini mampu memanjakan penggunanya yang sedang belajar bahasa Mandarin.

Pengguna pun dapat menambahkan daftar kata favorit dan history yang memungkinkan pengguna untuk melihat informasi secara offline.

Bahasa Mandarin merupakan salah satu bahasa yang kabarnya akan semakin meluas penggunaannya di masa mendatang, pada khususnya di dunia profesional. Untuk kamu yang ingin belajar lebih tentang bahasa Mandarin, banyak sekali aplikasi kamus dan aplikasi belajar bahasa yang dapat kamu unduh pada smartphone kamu.

Nah, itu tadi adalah 5+ aplikasi kamus Indonesia-Mandarin yang cocok bagi pemula. Apakah kamu semakin semangat untuk belajar bahasa Mandarin?

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again