13 March 2015

by Aditya Daniel

Apple Lakukan Uji Coba Publik iOS 8.3

Apple akhirnya merilis versi beta iOS 8.3 ke publik untuk diuji coba. Seperti yang sudah diberitakan rumor sebelumnya, Apple mengambil langkah yang sama setelah sebelumnya para pengguna awam dipersilakan untuk menguji coba versi beta dari OS X Yosemite.

iOS 8.3 menjadi versi iOS pertama yang dilepas dalam tahap beta untuk publik. Bagi Anda yang mendaftar untuk program uji coba software dari Apple ketika OS X versi beta diluncurkan untuk publik, maka seharusnya sudah bisa untuk ikut serta dalam uji coba iOS 8.3.

Info Menarik: MacID: Buka Perangkat Mac dengan TouchID

Seperti yang dikutip dari 9to5Mac, tautan untuk mendaftar ujicoba iOS 8.3 mungkin tak segera tersedia bagi yang telah terdaftar di AppleSeed karena programnya sendiri baru diluncurkan dan mungkin Apple menggelarnya secara bertahap. Saya sendiri belum mendapatkan tautan untuk mengikuti program uji coba ini. Apple juga berencana menggelar ujicoba yang sama untuk iOS 9 mendatang.

Dari changelogs yang dirilis oleh Apple, iOS 8.3 membawa perbaikan performa, peningkatan stabilitas serta perbaikan beberapa bug. Tak hanya itu, Apple juga menambahkan dukungan bahasa beberapa negara untuk Siri, diantaranya English (India, New Zealand), Danish (Denmark), Dutch (Netherlands), Portuguese (Brazil), Russian (Russia), Swedish (Sweden), Thai (Thailand), Turkish (Turkey).

Info Menarik: Aplikasi iOS Pilihan untuk Streaming Musik

Untuk dapat menginstal iOS 8.3 versi beta, pengguna akan disarankan untuk melakukan backup perangkatnya menggunakan iTunes. Setelah itu, mengunduh sebuah profile dari laman AppleSeed yang akan mengizinkan pembaruan iOS 8.3 muncul di Software Update.

Meski versi beta untuk publik seharusnya lebih stabil daripada versi pengembang namun alangkah baiknya untuk tetap melakukan backup sebelum mencobanya. Apple, pada halaman F.A.Q-nya juga menyediakan langkah-langkah untuk pengguna yang ingin kembali atau restore ke versi iOS sebelumnya, atau iOS 8.2.

iOS 8 dirilis Apple pada September tahun lalu dengan membawa banyak fitur baru. Extensions, dibukanya API keyboard serta Touch ID untuk para pengembang yang membuat iOS menjadi lebih terbuka daripada sebelumnya.

Tentu saja, penambahan fitur pada iOS 8 membuat banyak bug baru bermunculan, seperti isu konektivitas yang muncul pada versi publik awal iOS 8. Dengan hadirnya program ujicoba untuk publik, Apple berharap dapat meningkatkan kestabilan serta meminimalkan bug yang mungkin muncul.

Sumber: 9to5Mac | iClarified