Categories

Misc

Apple Umumkan OS X 10.11 El Capitan

Aditya Daniel - 9 June 2015

Perhelatan WWDC 2015 baru saja usai dan seperti yang telah diberitakan sebelumnya, Apple merilis pembaruan untuk sistem operasi OS X dan iOS.

OS X, sistem operasi untuk perangkat Mac kini memasuki versi 10.11 dan diberi nama El Capitan oleh Apple. OS X 10.11 El Capitan membawa sejumlah perbaikan dan peningkatan stabilitas serta penambahan sejumlah fitur baru.

Secara tampilan, tak banyak yang berubah dari penerus OS X Yosemite. Apple hanya mengganti Helvetica Neue font menjadi San Francisco font yang juga digunakan pada Apple Watch.

Pada demo semalam, Craig Federighi menunjukkan bahwa fitur Spotlight menjadi semakin pintar dan penambahan dukungan pencarian menggunakan natural language sehingga menjadikannya lebih “manusia”. Craig juga menunjukkan bahwa Spotlight dapat diubah ukurannya sesuai kebutuhan pengguna.

Lanjut ke update atas peramban bawaan OS X, Safari. Fitur pinned tab ditambahkan secara resmi dan akan secara otomatis ter-refresh ketika Safari pertama kali di buka. Penambahan fitur mute pun juga hadir untuk secara otomatis mematikan suara yang muncul dari sebuah laman web.

Info Menarik: 10 Aplikasi Wajib Install Pada Mac Baru

Fitur lain yang tak kalah penting adalah windows management, dalam fitur ini pengguna bisa menggeser jendela aplikasi yang terbuka ke bagian pinggir layar dan otomatis berubah ukurannya.

Pengguna juga bisa membuka dua jendela aplikasi secara bersamaan, dan tak ketinggalan dalah fitur yang memungkinkan kedua jendela aplikasi ini dapat diatur ukurannya dengan menggeser pembatas diantaranya.

Bagi para gamers, OS X El Capitan menghadirkan Metal, sebuah framework yang lebih dahulu hadir di iOS untuk keperluan pengelolaan grafis yang lebih efisien namun tetap dengan kualitas yang menawan.

Info Menarik: 5 Aplikasi Mac dengan Harga di Bawah $10 yang Wajib Anda Miliki

Dengan Metal untuk Mac, kini para pengembang game bisa menghadirkan detail permainan yang tajam tapi tetap mengoptimalisasikan penggunaan CPU.

OS X El Capitan versi beta sudah tersedia untuk para pengembang mulai hari ini. Bagi Anda yang sudah berpartisipasi dalam program publik beta milik Apple, maka Anda bisa mencicipinya bulan Juli mendatang.

Secara resmi, OS X El Capitan akan tersedia untuk publik pada musim gugur mendatang, sekitar bulan September atau Oktober.

Sumber: Ars Technica dan streaming WWDC 2015.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter