Categories

Berita

Blibli Akuisisi Mayoritas Saham Ranch Market, Upaya Penguatan Lini Online Grocery

Blibli mengakuisisi 51% saham perusahaan; berpotensi sinergikan bisnis dengan 48 unit toko ritel grocery yang dioperasikan Ranch Market

Randi Eka - 17 September 2021

PT Global Digital Niaga atau dikenal dengan brand Blibli akan segera mengakuisisi saham mayoritas PT Supra Boga Lestari, perusahaan yang mengoperasikan Ranch Market. Berdasarkan keterbukaan yang disampaikan di BEI, kedua pihak telah melakukan penandatanganan Perjanjian Pengikat Pembelian Saham (PPPS) dengan rencana pengambilalihan 797.888.628 saham atau setara 51% dari total modal ditempatkan dan disetor penuh.

Aksi strategis ini diinterpretasikan sebagai upaya Blibli untuk memperkuat proposisi nilai layanan grocery mereka BlibliMart. Dalam kesempatan temu media akhir 2020 lalu, perusahaan mengatakan kategori bahan pokok harian termasuk yang paling laku sepanjang tahun. Meski tidak dirinci dalam angka, digambarkan jumlah pembelian di BlibliMart meningkat hingga 3 kali lipat saat pandemi.

Layaknya sebuah supermarket, produk utama di BlibliMart adalah sembako seperti beras, gula, minyak goreng, dll. Untuk efisiensi proses bisnis, secara khusus mereka memiliki kantor cabang (termasuk di dalamnya warehouse) di beberapa kota meliputi Jabodetabek dan beberapa wilayah di Jawa Timur. Upaya perluasan terus dilakukan, mengingat untuk kebutuhan groceries umumnya opsi pengiriman yang dipilih adalah same day delivery; selain itu ada beberapa tipe produk yang tidak bisa bertahan lama di pengiriman, seperti daging atau bahan segar.

Per tahun 2020, Blibli telah mengoperasikan 20 gudang dan 32 titik hub di 15 kota besar. Menurutnya kehadiran infrastruktur logistik ini memungkinkan perusahaan untuk melayani konsumen di tingkat nasional.

Penguatan fitur juga terus dilakukan, terbaru mereka menghadirkan opsi berlangganan agar konsumen dapat berhemat setiap belanja kebutuhan harian di kategori BlibliMart. Opsi ini memberikan dua keuntungan. Pertama adalah harga tetap, pelanggan akan dikenakan harga yang sama walaupun terjadi perubahan harga selama periode berlangganan.

Kedua ialah diskon tetap, pelanggan akan dikenakan persen atau nominal diskon yang sama walaupun terjadi perubahan harga selama periode berlangganan. Keduanya dapat dipilih dengan periode langganan hingga 54 minggu untuk langganan frekuensi mingguan dan 12 bulan apabila memilih frekuensi bulanan.

Disampaikan VP Trade Partnership Blibli Stephanie Santoso, tren pasar di Indonesia saat ini yang melatarbelakangi perusahaan untuk merilis fitur Langganan.

Properti Ranch Market

Sejak didirikan pada tahun 1997, saat ini perusahaan telah mengoperasikan 48 toko, yang terdiri dari 16 Ranch Markets, 29 Farmers Markets, 1 The Gourmet by Ranch Market dan 2 Day2Day oleh Farmers Market. Toko ritel modern tersebut tersebar di beberapa kota di Jabodetabek, Surabaya, Malang, Balikpapan, Samarinda, Pekanbaru, Ambon, Dumai, dan Palembang.

Awalnya Ranch Market berformat waralaba dari Ranch Market USA. Namun seiring perkembangannya, ada banyak pembenahan yang dilakukan terkait penyesuaian dengan pasar lokal dan karakteristik konsumen di sini. Hingga pada 2010, perusahaan pemutusan perjanjian lisensi dengan Ranch Market USA, dan sejak saat itu perusahaan memperoleh izin untuk menggunakan merek Ranch Market di Indonesia.

Tentu ada beberapa keuntungan yang bisa didapat oleh BlibliMart dari sinergi yang nantinya dibangun. Selain properti toko ritel grocery yang dimiliki dengan jangkauannya, praktik supply-chain produk segar untuk kebutuhan sehari-hari yang dijajakan juga dapat diterapkan untuk menghadirkan pelayanan yang lebih baik. Skenario online to offline juga dapat diterapkan untuk menghadirkan pengalaman baru kepada pelanggan.

Nilai penjualan online grocery

Menurut Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, penjualan produk pangan segar di online marketplace akan menghasilkan nilai lebih dari 21 triliun Rupiah pada tahun 2021, meningkat 18 triliun Rupiah dibanding periode tahun sebelumnya. Jika capaian tersebut berhasil ditorehkan ekosistem, ia pun mantap dengan proyeksi capaian 108 triliun Rupiah pada lima tahun mendatang. Jelas ini bukan angka yang kecil untuk lini industri yang relatif baru.

Potensi tersebut tentu tidak dilewatkan begitu saja oleh inovator lokal. Berbagai startup berlomba-lomba untuk menjadi pemimpin pasar di sektor tersebut, termasuk dalam upaya mendapatkan suntikan dana dari investor. Dari catatan DailySocial.id, sejak Q2 2020 [masa awal pandemi] hingga sekarang, ada 10 investasi yang dibukukan, meliputi:

PeriodeStartupInvestasi
Agustus 2021PasarnowPendanaan Awal
Agustus 2021SegariSeri A
Juli 2021HappyFreshSeri D
Apri 2021SayurboxSeri B
Maret 2021DropezyPendanaan Awal
Maret 2021SegariPendanaan Awal
Maret 2021Eden FarmPendanaan Awal
Agustus 2020Wahyoo (meluncurkan Langganan.co.id)Seri A
Juli 2020BorongBarengPra-Seri A
Maret 2020ChilibeliSeri A

Selain platform digital yang spesifik menghadirkan layanan pemesanan produk segar, para unicorn lokal juga berondong-bondong memperkuat divisi online grocery-nya.

Application Information Will Show Up Here

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter