1. Entrepreneur

Tutorial Menjual Produk di Etsy 2023 untuk Pemula

Step-by-step membuat toko di Etsy untuk pengrajin, seniman, dan kolektor.

Anda ingin menjual barang vintage atau handmade? Kalau begitu gunakan platform Etsy untuk mewujudkan toko online impian Anda. Yuk, cari tahu cara jualan di Etsy.

Etsy merupakan e-commerce marketplace untuk seniman, pengrajin, dan kolektor independen yang dapat menjual produk mereka ke pembeli di seluruh negara.

Ada bermacam-macam produk yang bisa dijual di platform ini, seperti pakaian serta perhiasan buatan sendiri, dekorasi rumah, barang hewan peliharaan, barang vintage, dan sebagainya. 

Panduan Cara Berjualan Di Etsy Untuk Pemula

Jika Anda sudah siap untuk membuat toko online di Etsy, mari ikuti panduan cara membuat akun hingga siap menjual barang di Etsy.

Step 1: Buatlah Akun Etsy

  • Pilih Register. Tulislah nama, email, dan password Anda, lalu klik Register.
  • Kemudian Anda akan menerima email konfirmasi dari "registration@etsy.com", yang dapat Anda verifikasi dengan cepat.

  • Setelah terverifikasi, muncul laman seperti gambar di bawah ini. Klik ikon profil Anda, pilih Sell on Etsy.

  • Klik Get Started.

  • Klik Let’s do this.

  • Pilihlah salah satu opsi jawaban pada pertanyaan ini yang sesuai, lalu klik Next. Nanti akan ada pertanyaan berikutnya yang bisa Anda jawab. Atau Anda bisa langsung Skip this question.

  • Klik Start your shop.

Step 2: Mengisi Shop Preferences Anda

Pada shop preferences akan memberi tahu Etsy informasi dasar tentang bagaimana Anda memilih untuk menjual barang Anda. Setelah mengisinya, klik Save and continue

Keterangan : 

  • Shop language : bahasa default yang Anda gunakan di profil dan di daftar produk. Perlu diketahui Anda tidak dapat mengubah bahasanya nanti, tetapi Anda dapat menambahkan terjemahan dalam bahasa lain setelah resmi membuka toko Anda.
  • Shop country : lokasi toko Anda.
  • Shop currency : mata uang yang Anda gunakan untuk menentukan harga item di daftar produk Anda. 

Step 3: Buatlah Nama Toko Anda

Buatlah nama toko Anda dengan panjangnya 4 hingga 20 karakter. Anda juga bisa mengubah nama toko nanti. Lalu, klik Save and continue

Step 4: Pilih Bagaimana Anda Akan Menerima Pembayaran

  • Pada pertanyaan “For tax purpose….”, pilih Individual.

  • Masukkan informasi mengenai nama, tanggal lahir, dan alamat Anda pada bagian “Tell us a lil bit about yourself”.

  • Pada “Getting paid on Etsy”, pilih Indonesia.

  • Kemudian isilah form tersebut. Untuk “Bank code” dan “Branch code”, Anda bisa mencarinya di Google. Sedangkan untuk “Branch address”, silahkan isi alamat kantor bank terdekat dari rumah Anda. Lalu, untuk “Account number” Anda bisa mengisi nomor rekening bank Anda. Klik Save and Continue

  • Pilihlah lokasi Indonesia. Pada “Select a document type”, pilih Identity cardagar Anda bisa memasukkan file KTP Anda atau Driving license untuk SIM Anda. Klik Choose fileuntuk mengambil file KTP atau SIM dengan format jpg. Setelah berhasil, klik Save and continue.

Credit Photo by Tutorial YT

  • Klik Turn on Etsy payment untuk memasukkan kartu kredit Anda.

Credit Photo by Tutorial YT

  • Klik Visit my payment account.

Credit Photo by Tutorial YT

Step 4: Mengatur Billing atau Tagihan Anda Kepada Etsy

Langkah selanjutnya adalah memasukkan informasi pembayaran kartu kredit atau debit Anda dan alamat tempat tinggal Anda untuk membayar tagihan ke Etsy. Anda bisa menggunakan kartu Visa, Mastercard, American Express, PayPal dan sebagainya. Lalu, klik Save and continue.

Credit Photo by Tutorial YT

Step 5: Mengatur Keamanan Toko Anda

  • Tahap ini, Anda harus memasukkan nomor telepon Anda. Berhubung di Etsy untuk kode telepon +62 tidak ada, maka Anda bisa menggunakan Google Authenticator dengan memilih Authenticator App. Sebelum itu, Anda harus mengunduh aplikasi Authenticator terlebih dahulu. Lalu, klik Continue.

Credit Photo by Tutorial YT

  • Setelah mengunduh, silahkan scan QR code pada laman ini menggunakan aplikasi tersebut. Lalu, masukkan kode yang Anda dapatkan di aplikasi tersebut. Klik Continue.

Credit Photo by Tutorial YT

  • Setelah berhasil, tampilan selanjutnya akan seperti gambar di bawah ini. Jangan lupa untuk Save to computer buat jaga-jaga agar tidak kehilangan codes-nya. Lalu, klik Save and continue.

Credit Photo by Tutorial YT

Step 6: Membuat Toko Anda

  • Tambahkan daftar produk ke toko Anda. Anda bisa menambahkan beberapa foto produk Anda. Pastikan untuk mengunggah foto dengan resolusi yang tinggi. Selain itu, Anda bisa menambahkan satu video berdurasi 5 hingga 15 detik dengan ukuran maksimal 100MB.

Credit Photo by Tutorial YT

  • Setelah menambahkan foto atau video, Anda bisa menulis informasi mengenai produk Anda. Lalu, pilihlah “Category” yang sesuai dengan produk Anda. Dengan menambahkan kategori, dapat membantu pembeli untuk menemukan produk Anda. Selain itu, Anda bisa memanfaatkan fitur “Attributes” dengan mengganti warna toko Anda agar lebih menarik.

Credit Photo by Tutorial YT

  • Jangan lupa untuk mengisi “Description” produk Anda dan menambahkan “Tags”

Credit Photo by Tutorial YT

Pada kolom deskripsi, Anda bisa membahas mengenai kegunaan produk, kondisi produk, berapa usianya bila produk vintage, bahan produk, ukuran dan berat produk, serta berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat dan mengirimkan produk dari tanggal pemesanan.

Kemudian, tags adalah frasa pendek atau kata yang kurang dari 20 karakter dari yang Anda gunakan untuk mendeskripsikan produk Anda. Penggunaan tags pada category dan attributes akan berdampak besar pada pencarian toko Anda, karena calon pembeli akan cepat menemukan toko Anda.

  • Pada bagian “Inventory and pricing”, tambahkan harga setiap produk dan pastikan Anda memasukkan semua biaya pengeluaran Anda ke dalam harga jual Anda. Di sini Anda bisa mencantumkan jumlah stok dan juga jika ada varian produk seperti ukuran, warna dan bahan.

Credit Photo by Tutorial YT

  • Pada bagian “Shipping” atau pengiriman, tulislah segala informasi mengenai pengiriman, seperti Anda mengirimkan barang dari negara mana, berapa lama waktu yang dibutuhkan dari mendapatkan pesanan hingga mengirimkan barang ke pembeli, dan sebagainya.

Credit Photo by Tutorial YT

  • Jika Anda mengirimkan produk ke Indonesia, pilihlah Free shippingkarena jarang sekali orang Indonesia membeli barang di Etsy. Jika Anda mengirimkan produk ke negara lain, baru tetapkan harga ongkos kirimnya.

Tetapi bila pembeli membeli produk lebih dari 1, maka pada “Additional item” tambahkan harga ongkos kirimnya. Misalnya, membeli produk hanya satu akan dikenakan Rp20.000, dan bila membeli dua produk akan dikenakan Rp22.000.

Credit Photo by Tutorial YT

Setelah itu, klik Save as shipping profile. Anda bisa menambahkan daftar produk lagi jika Anda menginginkannya.

 

  • Terakhir, klik Open your shop. Jika sudah muncul “Your shop is open business”, maka toko Anda sudah selesai.

Begitulah cara jualan di Etsy. Semoga tutorial membuka toko di Etsy ini akan membantu Anda. Selamat mencoba!

 

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again