1. DScovery

Cara Membalas Email HRD bagi Para Karyawan dan Calon Karyawan

Semakin cepat kamu membalas maka HRD akan segera memprosesmu ke jenjang berikutnya

Apakah kamu memiliki pengalaman dengan pencarian kerja pertama? Atau kamu sudah lama mengalaminya dan kini harus mencari pekerjaan baru? Jadi tidak yakin bagaimana menanggapi email HRD?

Menanggapi posting pekerjaan yang masuk melalui email sangat penting. Tidak hanya untuk memupuk kebiasaan baik, tetapi juga untuk memupuk relasi dan memperluas jaringan.

Itu sebabnya DailySocial.id akan menjelaskan di sini bagaimana menanggapi email HRD agar tetap sopan dan memberikan kesan yang baik!

Apa saja poin penting yang harus diingat?

Untuk menciptakan kesan profesional, terapkan hal-hal berikut:

  1. Selalu balas A.S.A.P apapun jawabanmu, baik bersedia atau menolak, balas email tersebut As Soon As Possible. Jangan menunda-nunda dalam memberi respon.
  2. Tunjukkan apresiasi Selalu ucapkan terima kasih karena sudah menerima balasan.
  3. Jangan bertele-tele dan hindari kalimat panjang yang rumit.
  4. Perhatikan struktur, bahasa dan kata-kata. Gunakan struktur email yang baik dan benar, mulai dari salam pembuka, isi dan penutup. Sesuaikan juga bahasa yang digunakan. Bila rekruter menulis dengan Bahasa Indonesia atau Inggris, lebih baik balas menggunakan bahasa yang sama). Setelah ditulis, cek kembali agar tidak ada kesalahan penulisan atau typo.
  5. Konfirmasi kembali informasi yang diterima. Baik waktu, tempat dan data-data yang dibutuhkan untuk melanjutkan proses rekrutmen.

Contoh Balasan Email HRD Sesuai Kebutuhan

Bersedia Hadir dalam Interview

Halo, Tim HRD PT Digital Startup Nusantara

Terima kasih atas berita baik ini. Saya sangat bersyukur bisa lolos di seleksi administrasi sebelumnya.

Baik, saya bersedia untuk menghadiri wawancara untuk posisi sebagai Junior Graphic Designer pada Jumat, 12 Agustus 2022 pukul 11:00 WIB.

Terima kasih.

Best regards,

Davin Winarga

davin_winarga@gmail.com

Contoh Email Menolak Offering Letter HRD

Selamat siang, Pak Hanan

Terima kasih banyak untuk email yang Bapak kirimkan. Saya sangat menikmati proses wawancara sebelumnya dengan Bapak dan Tim PT Digital Startup Nusantara dua pekan lalu.

Namun, mohon maaf sekali, pekan lalu saya mendapatkan tawaran dari perusahaan lain dengan posisi serupa dan saya menerimanya. Jadi, saya dengan terpaksa tidak bisa melanjutkan penawaran yang Pak Hanan berikan ini.

Semoga, di lain waktu kita bisa bekerja sama ya. Baik secara personal maupun antar perusahaan.

Terima kasih.

Best regards,

Tiara Scholastika

Contoh Balasan Email HRD untuk Meminta Reschedule

Selamat siang, Ibu Jeanne.

Terima kasih atas kesempatan yang diberikan. Saya sangat senang menerima kabar ini dan bersyukur bisa menjadi salah satu kandidat yang sesuai kualifikasi. Saya bersedia untuk mengikuti tahap rekrutmen berikutnya.

Akan tetapi, mohon maaf, saya memiliki kegiatan urgent lain untuk datang di jadwal wawancara di atas. Saya harus menghadiri pernikahan kakak saya dan tidak bisa saya tinggalkan. Jika berkenan, apakah saya boleh meminta penjadwalan ulang? Saya dapat melakukan wawancara di tanggal 19 dan 20 Agustus 2022.

Terima kasih.

Best regards,

Shareena Danis

shareenada@gmail.com

Contoh Email Balasan HRD untuk Follow Up

Halo, Pak Matteo

Sebelumnya, saya ingin mengucapkan terima kasih atas ketersediaan Bapak dan Tim HRD PT Yang Maju Berkembang atas waktunya wawancara dengan saya untuk posisi Account Executive dua pekan lalu. Saya sangat bersyukur bisa belajar banyak dari wawancara tersebut.

Sudah dua pekan berlalu, apakah saya boleh tahu bagaimana progresnya? Apakah saya lolos atau tidak ya, Pak? Jika lolos, saya bisa mempersiapkan diri untuk proses rekrutmen berikutnya. Namun, jika tidak lolos, Bapak tidak perlu ragu untuk memberitahu saya.

Terima kasih untuk waktunya.

Best regards,

More Coverage:

Kinan Yuninda

yunindakinan@gmail.com

Contoh Cara Menerima Job Offer Melalui Email HRD

Selamat pagi juga, Pak Dimitri Muhammad

Terimakasih sekali atas kesempatan yang diberikan pada saya untuk mengisi posisi Marketing Executive di perusahaan Bapak. Sesuai job offer yang Bapak kirim tempo hari, saya bersedia memulai hari pertama pada tanggal tersebut.

Sekali lagi, terimakasih untuk kepercayaan yang Bapak dan perusahaan berikan. Saya akan bekerja keras untuk memberikan kontribusi semaksimal mungkin untuk tim.

Warm regards,

Hera Sasmitha

Itulah penjelasan mengania cara dan contoh dalam memberikan respon email HRD. Semoga hal ini menjadi wawasan bagimu!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again