1. DScovery

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Agar Dilirik Rekruiter

Ingin surat lamaran kerjamu agar dilirik rekruiter? Simak cara membuatnya dalam artikel berikut.

Surat lamaran kerja merupakan salah satu persyaratan yang biasanya wajib dilampirkan saat hendak melamar suatu posisi di perusahaan. Tujuannya, agar perekrut dapat mudah dalam menyeleksi lamaranmu sehingga peluangmu diterima menjadi semakin besar.

Surat lamaran kerja dapat ditulis dengan cara manual maupun diketik di Microsoft Word. Untuk surat lamaran kerja yang ditulis tangan secara manual, ada hal-hal yang perlu diperhatikan agar surat lamaranmu tetap rapi dan mudah dibaca.

Nah, kali ini Daily Social akan menjelaskan cara membuat surat lamaran kerja tulis tangan agar lamaranmu dilirik oleh rekruiter. Simak langkah-langkah selengkapnya dalam artikel ini!

Fungsi Surat Lamaran Kerja

Sebagai Alat Bukti Tertulis dalam Permohonan Lamaran Pekerjaan

Surat lamaran kerja memiliki fungsi utama sebagai bukti tertulis dalam melamar pekerjaan. Dengan surat ini, pelamar dapat menunjukkan keseriusannya untuk melamar pada posisi yang diinginkan agar dapat dipetimbangkan oleh rekruiter.

Sebagai Alat Komunikasi antara Pelamar dengan Rekruiter

Surat lamaran kerja juga berfungsi sebagai alat komunikasi antara pelamar dan rekruiter. Pasalnya, dalam surat ini, terdapat berbagai informasi yang dibutuhkan oleh rekruiter untuk mempertimbangkan apakah pelamar tersebut layak atau tidak diterima. Surat ini juga akan memudahkan rekruiter untuk menghubungi pelamar dengan adanya informasi kontak yang dicantumkan di dalamnya.

Sebagai Salah Satu Bahan Pertimbangan Penerimaan Pekerjaan

Sebelumnya telah disebutkan bahwa surat lamaran kerja dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan oleh rekruiter. Hal ini dikarenakan dalam surat lamaran kerja terdapat informasi mengenai riwayat kerja, pendidikan, dan kemampuan yang dimiliki oleh pelamar. Rekruiter juga dapat menilai apakah pelamar tersebut layak atau tidak diterima dengan keberadaan surat ini.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Membuat Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Karena keberadaannya yang cukup penting untuk menentukan diterima atau tidaknya lamaran yang diajukan, maka surat lamaran kerja juga memiliki beberapa hal khusus yang perlu diperhatikan, di antaranya:

  • Surat lamaran harus ditulis di atas kertas bergaris berukuran folio.
  • Tulisan harus jelas, bersih, dan rapi tanpa satu coretan pun.
  • Menggunakan kata ganti ‘kami’, bukannya ‘saya’.
  • Menyebutkan orang yang dituju secara lengkap dan spesifik, namun jika belum jelas dapat diganti dengan menyebutkan jabatannya saja.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Siapkan Draft Sebelum Mulai Menulis

Surat lamaran kerja harus ditulis serapi mungkin dengan meminimalisir kesalahan yang ada. Hal inilah yang menjadi tantangan utama dalam menulis surat lamaran kerja secara manual menggunakan tangan, karena surat yang dibuat manual tidak dapat dihapus kembali tanpa meninggalkan jejak.

Untuk meminimalisir kesalahan tersebut, kamu bisa memulainya dengan menyiapkan draft sebelum mulai menulis. Dengan draft ini, kamu bisa mereview kembali tata bahasa, ejaan, tanda baca dan struktur surat yang kamu gunakan dan memperbaikinya bila ada kesalahan.

Siapkan Kertas dan Alat Tulis yang Akan Digunakan

Langkah selanjutnya, jangan lupa untuk menyiapkan kertas folio bergaris atau HVS putih dan ballpoint. Kertas folio bergaris lebih direkomendasikan untuk digunakan. Sebab, kertas jenis ini akan memudahkanmu menulis surat lamaran dengan lebih rapi dengan bantuan garis pembantu.

Pulpen yang kamu gunakan juga sebaiknya berwarna hitam atau biru agar lebih formal dan profesional. Hindari menulis surat lamaran kerja dengan menggunakan pulpen berwarna lain terutama merah, karena surat lamaranmu akan dinilai tidak profesional.

Gunakan Garis Pembantu Agar Surat Lamaranmu Tetap Rapi

Meski sepele, namun hal ini ternyata akan sangat membantu dalam membuat suratmu agar tetap rapi. Kamu bisa membuat garis tipis seukuran 3 cm dari batas kertas dengan menggunakan pensil.

Garis batas pembantu akan membantumu dalam membuat tulisanmu tetap rapi dan mudah dibaca. Jangan lupa untuk menghapusnya kembali ketika kamu selesai menulisnya.

Tulis Surat Lamaranmu sesuai Draft yang Telah Kamu Buat

Jika semua persiapanmu sudah selesai, maka ini saatnya untuk mulai menulis surat lamaranmu. Kamu bisa menulisnya langsung sesuai draft yang telah kamu buat sebelumnya.

Jangan lupa untuk memperhatikan struktur surat lamaranmu, mulai dari bagian pembuka, isi, hingga penutup. Perhatikan juga tanggal pembuatan, nama dan alamat tujuan, serta identitas dirimu agar tidak salah dan mengulang kembali.

Lakukan Pengecekan Ulang

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan pengecekan kembali. Pastikan suratmu sudah sesuai dan rapi tanpa ada bekas coretan atau garis imajiner yang masih belum terhapus.

Pastikan juga kamu sudah membubuhkan tanda tangan sebelum mengirimkannya. Jika semuanya sudah sempurna, masukkan surat lamaranmu ke dalam amplop besar yang sesuai dengan ukuran kertas yang kamu gunakan agar tidak terlipat.

Nah, itulah beberapa cara membuat surat lamaran kerja tulis tangan yang bisa kamu terapkan. Surat lamaran kerja yang sudah sesuai struktur, rapi dan mudah dibaca tentunya akan menjadi daya tarik bagi rekruiter untuk mengeceknya. Selamat mencoba!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again