MSME Tutorial

3 Cara Memulai Bisnis Online Shop Baju dari Nol

Cara memulai bisnis online shop baju dengan membuat brand sendiri, menjadi reseller, atau dengan sistem dropship.

Bisnis online pakaian merupakan bisnis yang seringkali dipilih karena memiliki banyak peminat. Cara memulai bisnis online shop baju bagi Anda yang berencana menekuninya bisa dilakukan dengan tiga cara, yakni dengan membuat brand Anda sendiri, menjadi reseller, atau menjadi dropshipper.

Cara Memulai Bisnis Online Shop Baju Brand Sendiri

Banyak orang bermimpi untuk memiliki bisnis onlineshop baju dengan brand sendiri. Jika Anda adalah salah satu orang yang bermimpi sama dan berniat untuk mewujudkannya, Anda bisa mengikuti langkah-langkah memulai bisnis online baju brand sendiri berikut ini.

Riset Produk dan Tentukan Konsep Baju

Langkah pertama untuk memulai online shop baju adalah menentukan konsep baju yang akan dijual. Untuk membantu menentukan konsep, Anda bisa melakukan riset produk. Anda dapat melihat kebutuhan pasar, trend, atau brand baju lain yang sedang naik daun.

Tentukan Nama Brand

Setelah menentukan jenis dan konsep baju yang akan dijual, langkah selanjutnya adalah menentukan nama brand. Pastikan nama brand unik, namun mudah diingat. Kemudian, pastikan juga nama brand merepresentasikan produk baju yang Anda jual.

Buat Business Plan

Business plan adalah rancangan bisnis yang berisi rencana bagaimana bisnis akan dijalankan. Membuat business plan dapat memudahkan Anda dalam mengeksekusi dan menjalankan bisnis online shop baju Anda. Anda bisa mencoba membuat business plan yang sederhana seperti business model canvas.

Persiapkan Modal

Karena Anda memutuskan untuk membuat onlineshop baju dengan brand sendiri alih-alih menjadi reseller atau dropshipper, maka Anda akan membutuhkan modal yang jumlahnya lebih besar. Modal tersebut nantinya Anda gunakan untuk proses produksi,pemasaran, dan kegiatan operasional usaha lainnya.

Cari Supplier dan Vendor Sablon

Setelah modal telah siap, langkah berikutnya adalah mencari supplier dan vendor sablon (jika konsep baju yang akan Anda jual adalah baju bersablon). Anda bisa mencari supplier kain atau supplier konveksi sesuai dengan kebutuhan dan konsep baju dari brand Anda sendiri.

Promosi dan Jualan

Apabila semua sudah siap, selanjutnya Anda dapat langsung promosi dan menjual produk Anda melalui platform-platform promosi online yang sebelumnya telah Anda rancang pada business plan Anda.

Cara Memulai Bisnis Online Shop Baju dengan Menjadi Reseller

Jika bagi Anda membuat bisnis online shop baju dengan brand sendiri membutuhkan terlalu banyak modal, menjadi reseller bisa menjadi cara alternatif yang bisa Anda pilih. Reseller sendiri merupakan sebutan untuk seseorang yang membeli produk untuk kemudian dijual kembali.

Cara ini tentu jauh lebih mudah dan murah dibandingkan cara sebelumnya karena Anda tidak perlu memproduksi produk sendiri. Jika tertarik untuk mencobanya, berikut adalah langkah-langkahnya.

Tentukan Jenis Baju

Seperti pada cara sebelumnya, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan konsep atau jenis baju yang akan Anda jual. Jika belum memiliki preferensi, Anda bisa menentukannya dengan bantuan riset pasar.

Cari Supplier

Berikutnya, cari supplier produk baju yang ingin Anda jual. Jika memungkinkan, Anda bisa mencari supplier yang menerima pembelian dengan jumlah banyak atau menyediakan paket untuk reseller. Dengan begitu, Anda dapat memperoleh barang dengan harga yang lebih murah dibandingkan harga untuk konsumen.

Beli Stok Produk

Jika telah menemukan supplier yang tepat, selanjutnya Anda bisa membeli produk sebagai stok. Anda dapat membelinya dengan jumlah yang Anda inginkan atau sesuai kebutuhan.

Foto dan Pasarkan Produk

Setelah produk berada di tangan Anda, langkah terakhir untuk memulai online shop baju sebagai reseller adalah foto produk dan memasarkannya melalui platform-platform jualan online, seperti media sosial atau e-commerce.

Cara Memulai Bisnis Online Shop Baju sebagai Dropshipper

Mau memiliki bisnis online shop baju tanpa modal? Sistem dropship memungkinkan Anda untuk bisa mewujudkannya. Dropship adalah sistem dimana penjual (dropshipper) dapat menjual barang tanpa perlu membeli produknya atau menyetoknya terlebih dahulu.

Jika tertarik dengan konsep ini, simak langkah-langkah memulai bisnis online shop baju sebagai dropshipper berikut ini.

Tentukan Konsep Baju yang Ingin Dijual

Sama seperti dua cara sebelumnya, menentukan konsep merupakan langkah awal yang harus dilakukan untuk memulai bisnis online shop baju. Untuk membantu menentukan konsep baju, Anda bisa menganalisa trend baju pada target market Anda.

Cari Supplier yang Menerima Dropship

Langkah selanjutnya adalah mencari supplier yang menerima dropship karena tidak semua toko menerima sistem dropship dimana pengiriman dilakukan oleh supplier atas nama toko Anda. Jadi, penting untuk memastikan supplier Anda terbuka dengan sistem dropship.

Pasarkan Produk

Langkah ketiga dan terakhir adalah memasarkan produk menggunakan foto yang disediakan oleh supplier. Untuk sistem dropship, disarankan Anda memasarkannya di luar platform e-commerce dengan resi otomatis agar memudahkan proses pengiriman barang dari supplier ke pelanggan Anda.

Itu dia tiga cara memulai bisnis online shop baju, yakni dengan membuat brand sendiri, menjadi reseller, atau menggunakan sistem dropship tanpa modal. Anda bisa memilih cara yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga berhasil!

Header by Pixabay.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter