Listicles

Digital Marketing: Strategi Pemasaran Paling Populer

Saat ini strategi pemasaran yang banyak diadopsi oleh brand adalah digital marketing, karena lebih mudah dalam adaptasinya. Simak pembahasan digital marketing di bawah!

Dengan kemudahan akses internet dan teknologi membuat banyak orang lebih sering menggunakan internet. Sehingga, hal ini juga berpengaruh terhadap digital marketing.

Saat ini digital marketing juga menjadi salah satu strategi pemasaran yang paling efektif dan populer. Sudah banyak perusahaan yang menerapkan strategi ini, apapun jenis perusahaannya. Namun, apa itu digital marketing? Bagaimana menjalankan digital marketing bagi perusahaan?

Yuk, simak pembahasannya sekarang juga!

Apa itu Digital Marketing?

Dikutip dari MTarget, digital marketing atau yang sering juga disebut sebagai online marketing adalah sebuah strategi pemasaran dari perusahaan, brand, atau bisnis untuk mempromosikan produk atau jasanya.

Sesuai dengan namanya, cara kerja digital marketing ini adalah terhubung dengan konsumen yang memiliki potensial melalui internet dan digital. Perlu diketahui juga, digital marketing ini tidak terbatas dalam media sosial dan email saja.

Digital marketing juga merupakan sebuah strategi pemasaran yang terbentuk dari tahun 1990, loh! Kok bisa selama itu? Yuk, kita cari tahu perjalanan digital marketing!

Kilas Balik Digital Marketing

Perkembangan digital marketing dimulai saat Ray Tomlison di tahun 1971 mengirim email untuk pertama kalinya dan teknologinya tersebut mengatur platform agar orang-orang bisa mengirim dan menerima pesan melalui mesin yang berbeda.

Akan tetapi, perjalanan sebenarnya digital marketing itu dimulai pada tahun 1990, karena pada tahun ini Archie search engine diciptakan sebagai indeks untuk file transfer protocol. Kemudian, dengan adanya pengembangan platform Web 1.0 ini juga menjadi pendorong digital marketing.

Pada tahun 1993, untuk pertama kalinya banner ads muncul ke publik, dan HotWired memanfaatkan banner ads sebagai advertisement. Setahun setelahnya mulai masuk lah teknologi digital marketplace.

Namun, perjalanan digital marketing selama beberapa tahun tersebut juga belum terlihat mulus dan baru pada tahun 2006 banyak orang yang mencoba digital marketing.

Di tahun ini juga mengawali dengan hadirnya social network yang membuat peluang bisnis terbuka lebar. Sehingga, company, bisnis, dan brand memanfaatkannya sebagai promosi produk dan jasa mereka.

Seberapa penting digital marketing untuk bisnis?

Setelah mengetahui perjalanan digital marketing, mungkin kamu bertanya seberapa pentingnya digital marketing dalam bisnis?

Jawabannya adalah sangat penting, saat ini banyak perusahaan atau company yang memiliki media sosial dan website untuk menjangkau konsumennya lebih luas melalui brand awareness. Penggunaan digital marketing juga lebih mudah, ketika dipraktekan di media sosial karena perusahaan bisa lebih kreatif dan lebih dekat dengan audiensnya.

Sehingga, hal ini juga menjadi sebuah keharusan yang wajib diikuti oleh semua company agar tidak tertinggal di belakang kompetitornya. Belum lagi pengguna internet yang masif juga menjadi nilai tambah untuk digital marketing.

Jenis-jenis Digital Marketing

Strategi pemasaran ini terbagi menjadi beberapa jenis, menurut laman MTarget ada 8 jenis digital marketing yang efektif digunakan untuk promosi produk dan jasa secara digital.

 

1. Email Marketing

Email marketing menjadi salah satu strategi digital marketing paling efektif dibandingkan channel lainnya, karena email marketing menjadi lebih personal dalam penggunaannya. Strategi Return on Investment (ROI) email marketing juga sangat tinggi mencapai angka 4200% dengan campaign yang dioptimalisasi secara baik.

2. Content Marketing

Membuat dan mendistribusikan konten terhadap audiens terkait keresahan mereka juga dapat memberikan solusi terkait masalah yang dihadapi oleh audiens. Content marketing biasanya akan diunggah di media sosial, blog, atau website perusahaan.

3. Search Engine Optimization (SEO)

Saat ini SEO menjadi salah satu strategi digital marketing yang banyak dimanfaatkan oleh company. Strategi ini digunakan untuk mencapai peringkat pertama dalam search engine Google. Biasanya penerapan SEO dilakukan di website atau page perusahaan. Dengan mencapai peringkat pertama juga bisa mendatangkan traffic yang banyak.

4. Social Media Marketing

Jenis digital marketing yang keempat adalah social media marketing yang di mana promosi produk, jasa, brand, atau pembuatan kontennyadidistribusikan di media sosial. Konten yang yang dibuat juga biasanya konten yang relevan dengan brand atau audiensnya, guna membuat interaksi antara brand dan konsumen.

5. Paid Advertising

Promosi berbayar juga masuk ke dalam digital marketing, promosi berbayar ini baisanya dilakukan di media sosial, Google, atau Yahoo. Ada dua jenis promosi berbayar yaitu pay per click (PPC) dan juga cost per mile (CPM).

6. Instant Message Marketing (IMM)

Menggunakan IMM ini akan mengembangkan positive image dan hubungan menjadi baik kepada konsumen atau user, karena ketersedian mereka tersedia secara cepat. Hal ini juga bisa memberikan support terhadap user. IMM biasanya memanfaatkan aplikasi Whatsapp.

7. Affiliate Marketing

Affiliate marketingadalah strategi digital marketing dengan memanfaatkan content producers untuk bisa membuat konten asli yang menyisipkan produk atau jas sebuah brand. Biasanya content producers ini juga bergerak sebagai sales team yang akan membantu untuk mengiklankan produk dan jasa perusahaan.

8. Influencer Marketing

Jenis digital marketing yang terakhir adalah influencer marketing yang lebih menekankan terhadap influencer dengan power follower yang tinggi sehingga bisa meningkatkan sales juga. Contohnya adalah apabila influencer tersebut beauty vlogger, maka produk yang akan diiklankan adalah produk kecantikan.

Manfaat Digital Marketing

Ada banyak manfaat dari penerapan digital marketing ini di antara lain dapat membantu perusahaan untuk mencapai audiens lebih besar, anggaranya lebih murah dari marketing tradisional, sangat mudah diadaptasi, dapat membuat perusahaan mampu bersaing dengan perusahaan yang lebih besar.

Lalu, bagaimana cara perusahaan memulai digital marketing?

Pertama adalah menentukan tujuan dari digital marketing, menentukan budget dan target audiens sesuai channel yang akan digunakan, menggunakan free trial terlebih dahulu, dan kamu bisa membuat konten yang attractive dan engaging

Kamu juga bisa memulainya dengan membuat campaign email marketing sebagai digital marketing agar lebih dekat dengan audiens, pembuatan  campaign email marketing bisa melalui mtarget.co.

 

***

Ikuti kuis dan challenge #NgabubureaDS di Instagram @dailysocial.id selama bulan Ramadan, yang akan bagi-bagi hadiah setiap minggunya berupa takjil, hampers hingga langganan konten premium DailySocial.id secara GRATIS. Simak info selengkapnya di sini dan pantau kuis mingguan kami di sini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter