1. DScovery

4 Cara Scan Barcode di HP, Paling Mudah!

Artikel ini akan membahas terkait barcode dan cara yang dapat kamu lakukan untuk scan barcode pada ponsel Android dan Iphone. Berikut ini ulasannya.

Barcode merupakan suatu teknologi yang memungkinkan seseorang untuk mengarahkan layar ponselnya ke suatu laman tautan atau link tertentu. Mungkin kamu telah sangat familiar dengan istilah barcode ini. Barcode saat ini banyak dipakai untuk melakukan pembayaran khususnya pembayaran menggunakan e-wallet.

Selain itu, barcode pun juga digunakan keperluan login akun Whatsapp PC juga aplikasi pelat merah seperti PeduliLindungi untuk keperluan pendataan. Barcode pun juga sebenarnya sudah ada sejak dulu, di mana perusahaan memanfaatkannya untuk mengelola inventory barang.

Artikel ini akan membahas terkait barcode dan cara yang dapat kamu lakukan untuk scan barcode pada ponsel Android dan Iphone. Berikut ini ulasannya.

Pengertian Barcode

4 Cara Scan Barcode di HP, Paling Mudah | Geralt Pixabay

Barcode adalah kode berbentuk batang atau garis orang dengan jarak dan ketebalan yang berbeda untuk mengkodekan suatu barang atau informasi tertentu. Alat ini dikembangkan dengan didasarkan pada kode morse dan telah banyak digunakan oleh masyarakat luas.

Kode barcode secara tidak sadar bahkan akan dapat kamu temui di ruangan kamu. Hal ini karena produk barang perusahaan biasanya akan memiliki barcode pada kemasan mereka. Barcode bisa digunakan untuk barang ritel, kode obat, produk penerbit, bahkan juga produk seperti kartu identitas.

Seiring dengan majunya perkembangan teknologi, barcode kini mekanisme penggunaannya dikembangkan menjadi teknologi bernama (Quick Response Code) QR Code. Sesuai namanya, pengguna QR Code dapat melakukan proses scanning yang cepat. Dengan bentuknya yang berupa kotak-kotak kecil dan 3 kotak di ujung kodenya membuat code ini mudah dibaca scanner.

QR Code memiliki kemampuan untuk mengarahkan seseorang yang menggunakannya ke berbagai media yang memiliki beragam format seperti foto, video, alamat email, website dan banyak lagi. Teknologi pengkodean  ini pun memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi sehingga pengguna dapat melakukan minimalisasi kesalahan scanning.

Fungsi Barcode

Barcode memiliki beragam fungsi yang mampu mempermudah hidup banyak kalangan. Apa sajakah fungsi dari barcode ini? Berikut di antaranya beberapa fungsi barcode dan QR code.

  • Menyimpan informasi mengenai suatu hal maupun barang atau produk
  • Sebagai media yang cepat untuk mengarahkan seseorang ke suatu media, tautan, website tertentu
  • Dapat menjadi media kreatif dan mengarahkan seseorang kepada pameran digital
  • Barcode memiliki fungsi yang esensial untuk mengecek persediaan barang, perusahaan pun dapat mengecek informasi krusial seperti tanggal expired barang, tempat lokasi rak produk, dan masih banyak fungsi lainnya.

Cara Scan QR Code di Android dan iPhone, Paling Mudah!

Bagaimana cara untuk scan barcode yang memiliki bentuk QR Code? Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk scan QR Code di Android dan Iphone, berikut ini langkahnya.

Install Aplikasi QR Code Reader

Aplikasi barcode

Langkah pertama untuk dapat membaca dan scan QR Code adalah dengan mengunduh aplikasi pembaca barcode baik itu melalui Google Play Store maupun App Store. Aplikasi pembaca code ini memiliki ukuran yang relatif kecil sehingga pengguna tidak perlu khawatir aplikasi ini akan memakan banyak memori.

QR Code Reader App Store

Sebenarnya ada banyak aplikasi install barcode yang dapat kamu unduh di platform pembelian pada device kamu. Cukup sesuaikan saja kebutuhan memori yang sekiranya cocok untuk perangkat kamu.

Buka Aplikasi yang Telah Diunduh

Setelah mengunduh aplikasi scanner, sekarang kamu dapat memulai proses scanning dengan membuka aplikasi QR Code scanner. Setelah membuka aplikasi, kamu biasanya akan langsung berhadapan dengan fitur kamera. 

Arahkan Kamera Android atau IPhone ke QR Code

Selanjutnya, arahkan kamera foto kamu ke QR Code yang ingin kamu scan. Aplikasi akan dengan otomatis melakukan proses pemindaian akan barcode. Quick Response Code (QR Code), seperti namanya, memungkinkan proses scan dengan respon yang sangat cepat. Bahkan, apabila kamera sedang dalam posisi tidak stabil, pada misalnya saat kamu sedang melakukan proses scanning di kendaraan.

Menuju Link yang Ditunjukkan oleh Aplikasi

Setelah melakukan proses pemindaian, aplikasi scanner QR Code akan mengarahkan kamu pada link website atau media yang telah disiapkan oleh pembuat barcode. Kamu pun dapat menikmati media yang telah dikodekan dengan QR Code tersebut.

Barcode merupakan hal yang sampai saat ini terus berkembang dan semakin meluas penggunaannya. Barcode tadinya hanya digunakan untuk mendata barang inventaris dari perusahaan, namun sekarang penggunaan code lebih powerful lagi fungsinya semenjak muncul penemuan terusan dari barcode yakni QR Code.

QR code dapat digunakan untuk mengarahkan pengguna ke berbagai macam media seperti kontak email, foto, video, link website, dan banya multimedia lainnya. Semoga cara untuk scan barcode khususnya QR code ini dapat membantu kamu ya!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again