1. Entrepreneur

Tutorial Cara Upload Foto ke Shutterstock untuk Mulai Dapatkan Komisi

Mau dapat komisi dari Shutterstock? Mulai dengan cara upload foto ke Shutterstock.

Shutterstock adalah salah satu platform penyedia gambar, video, dan musik berlisensi yang membuka peluang untuk Anda yang memiliki hobi fotografi atau editing sebagai kontributor. Apabila Anda telah terdaftar sebagai kontributor, maka cara selanjutnya untuk bisa mulai mendapatkan komisi adalah upload foto ke Shutterstock.

Tetapi, Anda sebagai kontributor pemula mungkin bingung bagaimana cara upload foto ke Shutterstock. Jangan khawatir. Artikel ini akan memberikan panduan untuk Anda.

Cara Upload Foto ke Shutterstock

Sebelum mengunggah foto atau gambar ke Shutterstock, jangan lupa untuk persiapkan terlebih dahulu file foto yang ingin diunggah dengan format (.jpg). Jika sudah, lanjutkan dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Akses DashboardShutterstock Contributor.
  • Lalu, login dengan akun kontributor yang telah Anda daftarkan sebelumnya.
  • Kemudian, klik tombol Upload Content berwarna merah pada laman utama dashboard untuk mulai mengunggah karya ke Shutterstock.

  • Selanjutnya, Anda akan melihat pop-up seperti pada gambar di bawah ini yang mana berisi informasi mengenai jenis file yang bisa diunggah ke Shutterstock, di antaranya file gambar, video, dan vektor. Klik Got It! apabila Anda telah memahaminya.

  • Selanjutnya, buka folder tempat file foto Anda berada dan tarik file tersebut hingga ke kotak yang disediakan.

  • Tunggu hingga proses uploading selesai. Lalu, klik Next.
  • Berikutnya, tambahkan informasi detail terkait foto yang Anda unggah. Klik pada foto dan lengkapi informasi seperti deskripsi, kategori, dan tags foto yang tersedia di sebelah kanan halaman.

  • Jika sudah, klik Submit.
  • Selesai. Foto Anda berhasil diunggah.

  • Selanjutnya tim Shutterstock akan mereview foto yang Anda unggah selama beberapa hari sebelum diterbitkan secara resmi. (Tip: Unggah banyak foto sekaligus untuk memperbesar peluang foto Anda disetujui oleh tim Shutterstock).

Itu dia langkah-langkah cara upload foto ke Shutterstock. Jangan lupa untuk pastikan foto yang Anda unggah memiliki kualitas yang baik. Kemudian, Anda juga bisa mengedit foto secukupnya menggunakan beberapa aplikasi edit foto, seperti Adobe Lightroom atau Canva, untuk menampilkan gambar dengan warna yang lebih tajam dan menarik mata. Selamat mencoba!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again