1. DScovery

Coding: Pengertian, Manfaat dan Tips Belajarnya untuk Pemula

Kemampuan coding adalah salah satu keahlian yang paling dicari di bidang IT.

Tahukah, kamu? Pekerjaan di bidang IT adalah salah satu pekerjaan yang menawarkan gaji paling tinggi di Indonesia. Menurut Laporan Gaji 2022 yang dikeluarkan oleh Jobstreet, pekerjaan di bidang IT menempati posisi pertama pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia, dengan gaji rata-rata mulai dari Rp. 5,4 juta sampai Rp. 36 juta per bulan.

Salah satu keahlian yang banyak dicari di bidang IT adalah kemampuan coding. Secara sederhana, coding merupakan cara berkomunikasi dengan komputer menggunakan bahasa pemrograman. Meski terdengar rumit, namun coding bisa dipelajari sejak awal.

Nah, berikut adalah penjelasan lengkap mengenai coding beserta tips belajarnya untuk pemula.

Pengertian Coding

Coding adalah kegiatan yang berkaitan dengan menulis serangkaian perintah dalam bahasa pemrograman tertentu, yang kemudian dikonversikan menjadi kode-kode yang dapat dimengerti oleh mesin komputer. Bahasa yang digunakan oleh komputer disebut sebagai bentuk biner dan hanya terdiri dari dua angka, yakni 0 dan 1.

Dengan menulis kode tertentu, kamu dapat memerintah komputer untuk melakukan sesuatu sesuai kehendakmu. Tak hanya itu, kamu juga dapat menggunakan kemampuan coding untuk membuat situs web dan aplikasi, memproses data, dan melakukan banyak hal-hal lain yang berhubungan dengan komputer dan teknologi.

Manfaat Coding

Mempelajari coding bukan hanya sebagai hobi, tapi juga dapat digunakan untuk memulai karir di bidang teknologi. Berikut adalah beberapa manfaat yang dari coding:

Memulai Karir di Bidang IT

Salah satu manfaat utama belajar coding adalah untuk memulai karir di bidang IT. Peluang karir ini sangat menjajikan, sebab perkembangan teknologi membuat banyak perusahaan makin membutuhkan orang-orang yang memiliki kemampuan coding untuk membuat website maupun aplikasi.

Mengembangkan Skill Problem Solving

Coding juga dapat melatih kemampuan dalam menyelesaikan sebuah permasalahan secara lebih mendalam atau problem solving. Kemampuan problem solving ini penting dimiliki dalam dunia kerja. Sebab, kemampuan ini dapat membantumu dalam menyelesaikan sebuah permasalahan secara efektif dan efisien.

Mengembangkan Kemampuan Logika

Selain problem solving, coding juga dapat membantumu dalam mengembangkan kemampuan logika. Sebab, coding memerlukan logika dalam menyusun suatu algoritma dalam sebuah program atau aplikasi. Jika logika yang digunakan salah, maka program tersebut dapat memunculkan pesan eror atau tidak dapat berjalan sesuai kehendaknya.

Pilihan Karir yang Fleksibel

Terakhir, coding juga menawarkan berbagai pilihan karir yang fleksibel. Kamu bisa mendapatkan berbagai posisi di bidang IT jika kamu telah menguasai kemampuan coding. Pilihan karir tersebut, seperti computer programmer, web developer, front-end developer, back-end developer, computer system analyst, database administrator dan network system administrator.

Tips Belajar Coding

Salah satu kelebihan coding adalah dapat dipelajari di mana pun dan kapan pun. Kamu bisa mempelajari coding secara otodidak, tanpa memerlukan kursus atau pelatihan tertentu.

Adapun beberapa tips belajar coding yang bisa kamu lakukan sebagai pemula adalah, sebagai berikut:

Pahami Konsep Dasar Coding

Hal paling dasar yang harus kamu lakukan ketika belajar coding adalah memahami konsep dasar coding. Ada lima konsep dasar coding yang perlu kamu ketahui, yakni:

  • Variabel, yakni nilai, angka, character string, ataupun memory address yang memungkinkan programmer untuk membuat suatu program.
  • Control Structure, yakni serangkaian blok pemrograman yang menganalisis variabel dan menentukan arah selanjutnya.
  • Struktur Data, yakni format khusus untuk menganalisis dan menyimpan data sesuai tujuan tertentu.
  • Syntax, yakni kode atau script yang dipahami oleh komputer untuk mencapai tujuan programmer.
  • Tools, yakni serangkaian program komputer yang diperlukan untuk menciptakan, memelihara, mendukung serta menjalankan debug terhadap program maupun aplikasi lainnya.

Pilih Bahasa Pemrograman yang Akan Digunakan

Selanjutnya, kamu bisa memilih bahasa pemrograman yang sesuai dengan coding. Maka dari itu, kamu perlu menentukan tujuan coding terlebih dahulu sebelum memilih bahasa pemrograman.

Pasalnya, bahasa pemrograman yang digunakan untuk membangun sebuah situs berbeda dengan yang digunakan untuk merancang mobile game.

Pelajari Bahasa Pemrograman Satu per Satu

Jika tujuan dan bahasa pemrograman telah kamu tentukan, saatnya untuk fokus belajar satu jenis bahasa pemrograman sebelum mempelajari yang lain. Kamu bisa mengawalinya dengan mempelajari bahasa pemrograman yang sederhana, seperti Python, JavaScript, atau HMTL/CSS.

Pelajari Dasar Setiap Bahasa Pemrograman

Hal paling mudah yang harus dilakukan ketika mempelajari sesuatu adalah dengan mempelajari dasarnya terlebih dahulu. Hal ini juga berlaku untukmu dalam mempelajari bahasa pemrograman.

Kamu bisa mengawalinya dengan mempelajari bagian pengenalan dan tutorial sebelum melakukan praktek dengan membuat suatu proyek.

Nah, itulah penjelasan mengenai coding yang telah dailysocialid uraikan untukmu. Jadi, apakah kamu sudah siap untuk mulai mempelajari coding?

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again