1. DScovery

Contoh CV ATS Friendly yang Baik dan Benar

Pemindaian sistem ATS menggunakan kata kunci yang ditentukan oleh perusahaan untuk memudahkan HRD menemukan calon karyawan

Kamu yang bekerja di bidang rekrutmen untuk suatu perusahaan tentu sudah tidak asing lagi dengan sistem ATS. Namun, bagi orang yang tidak bekerja di bidang ini, pasti aneh mendengarnya.

ATS itu sendiri, atau Applicant Tracking System adalah sistem atau perangkat lunak yang biasanya digunakan perusahaan untuk menentukan dengan cepat apakah pelamar memenuhi kualifikasi untuk setiap posisi terbuka.

Perangkat lunak ini secara otomatis menangkap setiap aplikasi yang dikirim ke perusahaan. Namun tahukah kamu bahwa banyak kandidat yang kesulitan untuk masuk ke sistem ini?

Ya! Ternyata software ini tidak bisa sembarangan menerima dan memproses setiap CV yang masuk, melainkan hanya meneruskan CV ATS friendly. CV dapat dibaca oleh sistem ATS. Jadi sebelum melanjutkan, lihat rangkuman ATS firendly oleh DailySocial.id di bawah ini.

Definisi CV ATS Friendly

CV ATS Friendly adalah format CV yang dibangun ke dalam sistem yang disebut ATS atau Applicant Tracking System. ATS sendiri merupakan software untuk mendukung proses rekrutmen.

Pemindaian sistem ATS menggunakan kata kunci yang ditentukan oleh perusahaan untuk memudahkan HRD menemukan calon karyawan berdasarkan kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Secara keseluruhan, CV ATS Friendly memiliki desain yang sederhana. Meski terlihat sederhana, resume ATS-friendly ini memiliki nuansa profesional. Di sisi lain, sistem yang digunakan perusahaan lebih mudah mengenali format ini.

Sederhananya, resume ramah ATS adalah daftar riwayat hidup yang dirancang dan dirancang khusus untuk melewati sistem pelacakan pelamar.

Ciri-Ciri CV ATS Friendly

Ada beberapa hal yang menjadi penentu sebuah CV akan lolos sistem ATS atau tidak. Hal ini tentunya perlu kamu ketahui agar kamu bisa membuat CV yang benar untuk bisa lolos seleksi pada sistem. Berikut ini adalah ciri-ciri CV yang ATS Friendly, yaitu:

Desain yang Sederhana

CV ATS Friendly biasanya memiliki desain yang lebih sederhana dibandingkan dengan CV non-ATS Friendly. Resume yang tidak ramah ATS terlihat lebih berwarna dan memiliki format yang berbeda.

CV ATS Friendly hanya memiliki 2 warna dominan yaitu hitam dan putih. Penggunaan huruf juga dibatasi, bahkan hanya satu jenis saja.

Pemilihan Font

Umumnya, CV ATS Friendly akan menggunakan font seperti: Times New Roman, Helvetica, Garamond, atau CalibriFont inilah yang biasanya membedakan CV non-ATS dan CV ATS Friendly.

Struktur

Satu lagi yang menjadi ciri-ciri dari CV ATS Friendly, yaitu struktur yang jelas dan teratur. Berawal dari biografi singkat tentang pelamar, kemudian pengalaman, pendidikan, dan kemampuan yang kamu miliki.

Hal ini sangat berbeda dengan CV non-ATS Friendly, karena biasanya ditemukan struktur yang tidak lebih rapi daripada CV ATS Friendly.

Cara Membuat CV ATS Friendly

Buat Template CV yang Sederhana

Supaya CV yang kamu kirimkan lolos standar ATS, hindari penggunaan gambar, grafik, atau tabel di dalamnya. Selain itu, pilihlah font yang bisa terbaca oleh sistem ATS, seperti Times New Roman, Calibri, atau Garamond.

Jika kamu membuat CV ATS Friendly online, pilihlah template CV ATS Friendly Indonesia yang sederhana dan mudah dipahami agar CV yang kirim mendapatkan poin yang tinggi.

Hindari Desain yang Terlalu Mencolok

Poin penting lainnya adalah pemilihan template CV. Hindari memilih model yang terlalu mencolok. Desainnya yang unik menarik perhatian, namun sayangnya sistem ATS hanya dapat membaca ringkasan dalam format yang bersih dan ringkas. Jadi semakin biasa desain CV, semakin mudah bagi mesin ATS untuk membacanya.

Menggunakan Kata Kunci untuk Membuat CV ATS Friendly

Karena sistem ATS memfilter pelamar berdasarkan kata kunci tertentu, memilih kata kunci yang relevan di resume kamu akan menarik perhatian sistem, memberi kamu skor lebih tinggi dibandingkan resume lain yang tidak menggunakan kata kunci.

Misalnya, untuk posisi di manajemen, cari istilah seperti "teliti", "Microsoft word", atau "accounting" di CV yang masuk. Inilah arti dari kata kunci untuk disertakan dalam resume ATS-friendly kamu.

Pilih Simbol Poin atau Angka pada CV ATS

Bisa dibilang tampilan CV yang rapi, sistematis, dan sederhana merupakan tampilan yang paling baik untuk CV ATS Friendly. Kamu bisa menggunakan simbol poin dan angka untuk format CV ini agar mudah dibaca oleh sistem.

Simpan CV ATS Friendly pada File yang Tepat

Umumnya, sistem ATS akan lebih mudah membaca file dengan format .doc. Hindari penyimpanan file dalam bentuk JPG, JPEG, atau PNG karena sistem tidak bisa membaca data berbentuk foto.

Pilih Format CV ATS yang Sesuai

Sistem ATS membaca data yang masuk dari kiri ke kanan, kemudian dari atas ke bawah. Pastikan tata letak dan font disesuaikan dengan sistem membaca.

Hindari hiasan yang berlebihan dan buat resume kamu terlihat rapi dan sederhana. Perbedaan dari format resume ramah-ATS ini memudahkan sistem untuk membaca resume.

Contoh CV ATS Friendly

Contoh 1

Contoh 2

Contoh 3

Contoh 4

Contoh 5

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again