1. DScovery

Contoh Latar Belakang Makalah dan Cara Membuatnya

Latar belakang merupakan salah satu bagian penting dalam penyusunan makalah.

Latar belakang merupakan hal yang penting dalam penyusunan makalah. Biasanya, latar belakang terletak pada bab pendahuluan makalah.

Latar belakang biasanya berisi mengenai hal yang mendasari pemilihan topik atau permasalahan yang dibahas dalam makalah. Bagian ini bertujuan untuk memberikan gambaran secara jelas mengenai pemikiran ilmiah dan cara mengemukakan masalah dengan mengacu pada sumber-sumber yang relevan.

Nah, berikut adalah beberapa contoh latar belakang makalah yang baik.

Isi Latar Belakang Makalah

Sebelum mengetahui contoh-contoh latar belakang makalah, sebaiknya kamu perlu memahami bagian-bagian yang menyusun latar belakang makalah terlebih dahulu. Berikut adalah penjelasan mengenai bagian-bagian tersebut.

Bagian Awal

Bagian awal latar belakang biasanya memuat tentang kondisi ideal sebuah keadaan yang menjadi harapan, cita-cita dan tujuan yang inginkan. Penggambaran yang seperti ini digunakan untuk menghantarkan pembaca ke hal yang menjadi permasalahan dalam makalah.

Bagian Kedua

Jika bagian awal berisi harapan mengenai kondisi ideal suatu fenomena, maka bagian kedua biasanya berisi tentang kenyataan atau situasi yang menunjukkan realita saat ini. Kondisi ini bisa menjadi pemantik bagi pembaca dalam memahami permasalahan atau fenomena yang sedang terjadi.

Bagian Akhir

Bagian akhir latar belakang menggambarkan tentang alasan mengapa penelitian ini penting untuk dilakukan. Bagian ini juga bisa berisi tentang upaya apa yang bisa dilakukan dalam penelitian sebagai solusi atas permasalahan yang terjadi.

Cara Membuat Latar Belakang Makalah

Latar belakang makalah yang baik harus memerhatikan beberapa poin penting dalam penyusunannya. Modul Diklat Perencanaan Pendidikan dalam ‘Penyusunan Karya Tulis Ilmiah’ telah mengemukakan ada 4 poin penting untuk menyusun lata belakang.

Berikut adalah cara membuat latar belakang makalah, mengacu pada poin-poin yang perlu diperhatikan.

  1. Pertama, berikan penjelasan mengenai permasalahan atau fenomena yang akan diteliti. Kamu bisa memberikan penjelasan mengenai hal-hal yang mendasari terjadinya fenomena tersebut atau kondisi yang sedang terjadi berkaitan dengan fenomena tersebut.
  2. Paparkan juga fakta dan data yang mendukung permasalahan atau fenomena yang dibahas dalam makalah. Data yang dipaparkan harus berasal dari sumber yang valid, baik dari hasil penelitian, hasil survei, dan lain sebagainya.
  3. Selanjutnya, berikan argumentasi tentang mengapa permasalahan atau fenomena tersebut perlu dibahas. Argumentasi yang diberikan harus bersifat logis dan berdasarkan fakta yang ada.
  4. Terakhir, berikan penjelasan mengenai manfaat dan tujuan yang ingin kamu capai dalam penyusunan makalah ini.

Contoh Latar Belakang Makalah

Contoh Latar Belakang Makalah tentang Kegiatan 17 Agustus di Desa Sukamaju

Momen 17 Agustus merupakan momen yang paling dinanti, bagi seluruh warga Indonesia tak terkecuali warga Desa Sukamaju. Sebab, pada tanggal ini kita memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Untuk itulah, sudah sepatutnya kita bangga dan berbahagia menyambut hari bersejarah tersebut.

Selain ikut meramaikan, peringatan 17 Agustus pun bisa juga untuk menumbuhkan rasa cinta dan nasionalisme bagi bangsa. Sebab, pada hari ini kita diingatkan kembali akan kebaikan jasa para pahlawan yang bersatu tanpa pandang suku, ras, dan agama memperjuangkan kebebasan Indonesia.

Untuk itulah, sudah sewajarnya warga Desa Sukamaju membuat acara untuk memeriahkan momen bahagia ini. Terlebih, setiap tahunnya warga Desa Sukamaju memang aktif berpartisipasi membuat acara kemerdekaan.

Acara yang digelar nantinya berupa upacara, gotong royong, dan lomba bagi anak-anak. Dengan berbagai acara ini, kita bisa saling mempererat persaudaraan, silahturahmi, dan nasionalisme sebagai upaya mengamalkan Pancasila.

Contoh Latar Belakang Makalah tentang Pendidikan

Pendidikan adalah salah satu aspek penting dalam perkembangan manusia, terlebih anak-anak. Pentingnya pendidikan membuat setiap orang tua harus memilih sekolah yang terbaik untuk anak-anaknya. Bagi orang tua, ada berbagai hal yang menjadi pertimbangan dalam memilih sekolah untuk anak-anak, baik itu mulai dari PAUD, hingga tingkat universitas.

Pertimbangan ini mulai dari kualitas sekolah, jenis kurikulum yang digunakan, tenaga pendidik, lingkungan sekolah, hingga fasilitas sekolah. Ada berbagai ragam fasilitas sekolah, yang termasuk dalam kategori sarana dan prasarana sekolah. Laboratorium, lapangan, ruang kelas, perpustakaan, ruang kegiatan siswa, hingga Unit Kesehatan Sekolah atau UKS merupakan beberapa jenis fasilitas sekolah.

Kualitas sekolah disebutkan dapat dilihat dari berbagai fasilitas yang dimiliki dan disediakan oleh sekolah untuk para muridnya. Sebab dengan adanya berbagai fasilitas tadi, dapat dihubungkan dengan kualitas murid yang lulus dari sekolah tersebut.

Berdasarkan pernyataan inilah, penulis melakukan penelitian untuk mengetahui hubungan antara fasilitas sekolah dengan prestasi belajar siswa dari sebuah sekolah. Pada penelitian ini, penulis meneliti jenjang pendidikan sekolah dasar dan pengaruh fasilitas sekolah pada siswa-siswi yang duduk di kelas 6 SD.

Nah, itulah dua contoh latar belakang makalah beserta cara membuatnya. Semoga artikel ini dapat membantumu dalam membuat latar belakang makalah yang baik.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again