DScovery

5 Contoh Penutup Surat Lamaran Kerja dan Kesalahan yang Harus Dihindari

Hindari kesalahan menulis penutup surat lamaran kerja dengan melihat contoh-contoh berikut ini.

Sebelum melamar kerja, ada baiknya kamu memahami struktur atau bagian-bagian dalam surat lamaran pekerjaan terlebih dahulu. Ini biar kamu bisa melakukan strategi penulisan yang benar. Strategi yang benar dapat membuat surat yang kamu kirim dilirik recruiter.

Surat lamaran kerja sendiri terdiri dari kop surat, isi surat, dan penutup. Kamu bisa membaca panduan dalam contoh surat lamaran kerja beserta cara membuatnya di sini. Kebanyakan orang lancar menulis surat lamaran kerja, tapi ragu atau bingung untuk mengakhirinya.

Penutup surat sama pentingnya dengan kop, ia berfungsi sebagai penegasan kembali ketertarikanmu terhadap pekerjaan tersebut. Makanya, kamu harus tahu menentukan kalimat penutup surat yang baik.

Pada umumnya, susunan penutup surat berisi ucapan terima kasih, kalimat penutup, dan salam penutup. Biasanya, di bagian kalimat penutup, berisi harapan agar surat pelamar dipertimbangkan. Nah, di sini kamu bisa mengotak-atiknya dengan gayamu sendiri.

Asalkan, kamu tidak memasukkan kesalahan-kesalahan ini di kalimat penutupmu.

  1. Jangan terlalu santai.

Kamu sedang berbicara dengan recruiter. Gunakan salam formal dan sopan.

  1. Jangan menggunakan contoh

Di internet, sudah banyak contoh penutup surat. Tapi, jangan lantas menjiplaknya saja. Jadilah kreatif dan sampaikan bahwa kamu kandidat yang layak di posisi tersebut. Misalnya dengan mempertemukan tujuan perusahaan dengan kualitasmu.

  1. Terlalu percaya diri.

Tidak ada yang salah dari menegaskan kembali nilai-nilai yang kamu miliki. Tapi ingat, jangan menyampaikannya dengan berlebihan. Misalnya dengan memakai kata-kata “Anda akan menyesal jika tidak memilih saya”.

Contoh Kalimat Penutup Surat Lamaran Kerja yang Baik

  1. Besar harapan saya agar surat lamaran ini dapat mengantarkan saya pada tahap selanjutnya. Demikian surat lamaran ini saya buat, atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.
  2. Saya sangat berharap surat lamaran kerja ini dapat dijadikan pertimbangan untuk meloloskan saya pada tahap wawancara. Atas perhatian serta kesempatan yang Bapak/Ibu berikan, saya ucapkan terima kasih.
  3. Saya berharap Bapak/Ibu dapat memberikan saya kesempatan untuk mempelajari lebih lanjut tentang posisi ini dan menunjukkan bahwa saya dapat membantu perusahaan mencapai tujuannya. Saya percaya pengalaman dan keterampilan menjadikan saya aset potensial bagi perusahaan. Saya dapat dihubungi di (telepon atau email) jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut.
  4. Saya menantikan diskusi dengan Bapak/Ibu untuk menjelaskan kontribusi yang dapat saya berikan bagi perusahaan. Saya percaya visi, nilai, dan pengalaman membuat saya berada di jajaran kandidat-kandidat yang layak. Terima kasih atas waktunya telah meninjau surat lamaran kerja ini.
  5. Saya menyambut baik kesempatan untuk berdiskusi secara pribadi dengan Anda dan bahwa keterampilan dan pengalaman saya dapat berkontribusi pada perekrutan sumber daya manusia yang lebih berkualitas (bidik langsung manfaat dirimu terhadap posisi terkait). Silakan hubungi saya di (nomor telepon atau email) jika Bapak/Ibu memerlukan informasi tambahan. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca surat lamaran kerja saya.

Contoh Kalimat Penutup Surat Lamaran Pekerjaan dalam Bahasa Inggris

  1. I’m looking forward to meet you anytime soon to discuss how my background and qualifications could be beneficial for your company. Please feel free to contact me by phone or at the address above. Thank you in advance for your time and consideration.
  2. I hope you review this resume considerately as my vision, experiences, and qualifications match the requirements needed. Feel free to contact me at (mobile number or email) to ask additional information.
  3. I am excited about meeting you for an interview at your earliest convenience to discuss how my credentials meet your needs. I can be reached at 0812345678 and will call you to follow up, as well, to make sure you received my application.
  4. I welcome the opportunity to personally discuss with you how my skills and strengths can best serve your students. Please contact me at (876) 650-7473 or myemail@gmail.com.
  5. I’m looking forward to discussing the position and my qualifications with you in more detail soon. I feel confident that I fulfill the requirements for the Customer Service Representative position at [perusahaan tujuan]. Thank you for your time and consideration.

Untuk contoh CV lamaran kerja, in case kamu belum punya, baca nih di artikel kami lainnya: 9 Contoh CV Lamaran Kerja ke Perusahaan Startup dan Tips Membuatnya

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again