1. DScovery

5 Contoh Pidato Singkat dalam Berbagai Tema

Selain bertujuan untuk menyampaikan suatu fakta atau informasi penting, pidato juga dapat berfungsi untuk menghibur audiensnya.

Pidato merupakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk menyampaikan suatu gagasan, pikiran, ataupun pendapat di depan umum. Umumnya, pidato dilakukan pada acara-acara tertentu, misalnya untuk memperingati hari besar nasional, acara keagamaan, dan lain sebagainya.

Isi yang disampaikan dalam pidato pun biasanya beragam tergantung tema yang telah ditentukan. Orang yang berpidato ini disebut sebagai orator.

Nah, berikut adalah beberapa contoh pidato singkat dalam berbagai tema yang bisa menjadi inspirasi bagimu.

Tujuan Pidato

Sebelum menyimak beberapa contoh pidato, sebaiknya kamu perlu mengetahui tujuan pidato terlebih dahulu.

  • Pidato bertujuan untuk menyampaikan suatu fakta atau informasi penting, baik dengan cara mendukung maupun menolak suatu pernyataan yang ada.
  • Pidato juga dapat digunakan untuk menghibur audiensnya.
  • Pidato juga bertujuan untuk bisa meyakinkan audiens untuk melakukan tindakan tertentu.
  • Pidato berguna sebagai jembatan antara orator dan audiensnya agar menciptakan suasana yang lebih akrab dan tidak canggung.

Struktur Penulisan Pidato

Ada 3 struktur yang menyusun teks pidato, antara lain:

Pembukaan

Pembukaan berisi salam pembuka, sapaan kehormatan, ucapan syukur dan pengantar mengenai isi yang akan disampaikan dalam pidato.

Isi

Isi pidato memuat gagasan atau informasi penting yang ingin disampaikan oleh orator, diselingi dengan data atau fakta pendukung agar pendengar semakin antusias untuk memperhatikan pidato yang disampaikan.

Penutup

Penutup pidato biasanya berisi nasihat, permintaan, ucapan terima kasih dan salam penutup.

Contoh Pidato

Contoh Pidato tentang Lingkungan

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh,

Kepada yang terhormat Bapak/Ibu Kepala Sekolah SMP Indah Jaya dan Bapak/Ibu Tutor, serta tidak lupa juga teman-teman semua yang saya cintai.

Tentunya hal yang paling utama yang kita lakukan adalah memanjatkan puji syukur atas kehadirat Allah yang mana karena berkat limpahan nikmat dan karunia-Nya kita bisa berkumpul disini, di tempat ini pada siang hari ini dalam rangka untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup.

Oleh karena itu, perkenankanlah saya untuk menyampaikan kepada hadirin semua ulasan mengenai pentingnya untuk kita menjaga kebersihan di lingkungan dan juga menjadikan kebersihan menjadi budaya bersih di dalam kehidupan kita sehari-hari.

Perlu diketahui, kebersihan lingkungan merupakan hal yang penting sekali untuk bisa menjaga kesehatan lingkungan dan juga kesehatan diri sendiri. Dari lingkungan yang sehat, mkaa nantinya kita bisa meminimalisir terjadinya penyebaran penyakit dan bisa kita juga akan merasakan kenyamanan dan keamanan ketika kita berada di lingkungan tersebut.

Selain itu, lingkungan juga merupakan salah satu faktor yang bisa mendorong terjadinya kebehasilan dalam proses belajar dan mengajar di sekolah terutama di dalam kelas. Karena lingkungan sekolah yang bersih dan nyaman, maka nantinya semua warga sekolah akan merasa nyaman dalam melakukan pembelajaran sehingga terjadi pembelajaran yang efektif.

Untuk itu, kita sebagai warga sekolah SMP Indah Jaya bisa menjaga kebersihan di lingkungan sekolah yang dimulai dari diri kita sendiri. Kita bisa memulai dari hal-hal kecil, seperti tidak membuang sampah sembarangan, tidak meninggalkan barang-barang di sekolah apalagi di dalam laci meja karena hal tersebut bisa menjadi sarang nyamuk. Jika sudah melakukan hal tersebut, kita sebagai warga sekolah juga akan merasakan akibat dari kebersihan lingkungannya dan menjadi lebih nyaman.

Saya rasa, pidato yang saya sampaikan sudah cukup, semoga semua warga sekolah SMP Indah Jaya dapat menjadi orang-orang yang aktif untuk menjaga dan menjadikan kebersihan lingkungan sebagai budaya bersih di manapun kita berada.

Atas perhatian yang diberikan saya ucapkan terima kasih dan apabila dalam penyampaian ada beberapa hal yang kurang berkenan, saya memohon maaf yang sebesar-besarnya.

Contoh Pidato tentang Pendidikan

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Tiada kata yang pantas diucapkan dalam kesempatan ini selain keharusan kita dalam memanjatkan puji serta syukur kehadirat Allah Swt, karena atas berkat dan rahmat-Nya lah kita dapat bersama-sama berkumpul di tempat ini dalam rangka rapat tahunan untuk membahas berbagai materi serta bahan ajar tahun depan serta mencoba berinovasi dalam hal pendidikan.

Kehadiran Bapak beserta Ibu dan hadirin sekalian di sini adalah bukti bahwa kita semua berharap pendidikan dapat lebih baik dijalankan di waktu-waktu ke depan. Hadirin yang berbahagia, Kiranya, kita semua di sini setuju bahwa pendidikan merupakan satu hal yang sangat penting untuk meningkatkan taraf hidup manusia. Pendidikan yang berperan dalam hal membangun kualitas sumber daya manusia suatu bangsa.

Dengan pendidikan, bangsa kemudian akan makin dipandang karena memiliki SDM yang memadai serta mampu bersaing. Oleh karenanya, kita sebagai ujung tombak praktik pendidikan juga harus senantiasa berjuang bersama untuk meningkatkan mutu pendidikan agar pendidikan menjadi merata di seluruh daerah dapat terealisasikan tanpa terkecuali.

Kendala yang sering kita hadapi sendiri adalah minimnya kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan. Banyak masyarakat yang kemudian menilai bahwa pendidikan tak begitu penting. Paradigma seperti ini juga harus segera ditinggalkan, sehingga anak-anak kita dapat turut memahami pentingnya pendidikan untuk masa depan bersama.

Sebagai tenaga didik, hal yang pertama dapat kita lakukan selain niat membangun generasi yang baik ialah melakukan berbagai inovasi pada bidang pengajaran.

Mungkin saja anak didik kita sudah terlalu bosan dengan cara belajar yang monoton tanpa menghidupkan suasana hati mereka. Karenanya sebaiknya sistem pendidikan kemudian diubah melalui cara ajar yang berbeda.

Untuk itu Bapak dan Ibu pengajar sekalian, saya di sini mengajak semua lapisan pendidikan untuk dapat membentuk sistem belajar yang baru, yang menyenangkan serta bersahabat dengan anak didik kita, sehingga anak tidak perlu lagi takut belajar, serta malas atau enggan membaca.

Seyogyanya kita sebagai para orang tua yang baik di sekolah maupun di rumah mulai membenahi sistem belajar anak-anak kita, dampingi mereka, serta belajarlah bersama sehingga selain ilmu baru mereka juga akan merasa diperhatikan. Sekiranya hal ini yang dapat saya sampaikan kepada hadirin sekalian. Kurang dan lebihnya saya mohon maaf.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Contoh Pidato tentang Kelulusan

Salam sejahtera, teman-teman semuanya.

Hadirin sekalian, marilah kita bersyukur kepada Tuhan Maha Esa karena atas izinnya kita bisa berkumpul pada acara perpisahan ini dalam keadaan sehat tanpa kurang suatu apapun.

Tidak terasa waktu berlalu dengan cepat hingga hari ini menjadi hari terakhir kita berkumpul sebagai siswa SD/SMP/SMA di sekolah kita tercinta. Kini, kita sedang bersiap-siap menuju perjalanan kehidupan yang baru. 

Meski demikian, perpisahan ini bukanlah akhir dari segalanya. Marilah kita selalu ingat pada pelajaran-pelajaran di sekolah agar jadi pedoman seumur hidup. 

Kita semua tahu di mana ada perjumpaan, pasti ada perpisahan. Semoga perpisahan ini tidak mengakhiri pertemanan kita semua. 

Selanjutnya, saya, mewakili teman-teman ingin berterima kasih kepada guru-guru dan staf yang sudah membina kami selama bersekolah di sini. Semoga Allah membalas semua kebaikan dan ilmu yang diberikan kepada saya dan teman-teman.

Semoga kita selalu berada di jalan-Nya dan semua cita-cita kita tercapai. Aamiin.

Contoh Pidato tentang Hari Pendidikan

Assalamualaikum Warohatulllahi Wabarokatuh

Alhamdulillah Wa syukurillah pada hari ini kita masih diberikan kesempatan untuk menghirup udara segar. Oleh sebab itu, marilah kita bersama-sama mengucap syukur kepada Allah SWT yang telah mengizinkan kita untuk berkumpul dalam keadaan sehat. Tak lupa juga untuk bersholawat kepada Baginda Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam.

Yang terhormat bapak/ibu kepala sekolah, dewan guru beserta jajaran staf TU sekalian, serta murid-murid yang saya cintai.

Terima kasih karena telah mempercayakan saya untuk bicara mengenai pidato hardiknas. Mengingat hari ini adalah Hari Pendidikan Nasional tepatnya di tanggal 2 Mei. Setiap memperingati Hari Pendidikan Nasional, tentu kita semua akan mengingat satu tokoh penting yang berjasa bagi dunia pendidikan Indonesia. Siapakah beliau? Ada yang tau?

Beliau adalah Bapak Ki Hajar Dewantara atau yang memiliki nama Suwardi Suryaningrat. Beliau merupakan pemimpin serta tokoh yang mempelopori pendidikan di Indonesia. Bapak Ki Hajar Dewantara membuat semboyan sebagai bentuk usaha mewujudkan serta membangun kemerdekaan dunia pendidikan di Indonesia. Semboyan yang digunakan yaitu Ing Ngarsa Sung Tuladha yang memiliki arti bahwa seorang pemimpin harus bisa menjadi suri tauladan untuk orang-orang yang berada di sekelilingnya.

Ing Madya Mangun Karsa mempunyai arti yaitu meningkatkan semangat Tut Wuri Handayani yaitu berarti terdapat seseorang yang memberikan semangat dari belakang atau memberikan dorongan moral. Semboyan tersebut tentu memiliki makna yang sangat baik bagi pendidikan kita sampai saat ini. Bahkan hadirnya semboyan tersebut dapat mewarnai pendidikan di Indonesia.

Hadirin yang saya cintai,

Bapak Ki Hajar Dewantara telah memberikan jasanya yang begitu besar serta kontribusinya sangat tinggi untuk membangun pendidikan di negara ini. Maka tidak usah heran bila beliau memiliki julukan yaitu Bapak Pendidikan Indonesia.

Anak-anakku sekalian, sebagai pelajar sudah seharusnya kalian belajar dengan baik dan meraih cita-cita dengan semangat. Hal tersebut guna memajukan dunia pendidikan dan membawa nama Indonesia harum. Karena cita-cita luhur dari bapak Ki Hajar Dewantara sendiri yaitu untuk memajukan dunia pendidikan Indonesia yang tercantum pada UUD 1945 alinea ke-4 yang bunyinya mencerdaskan kehidupan bangsa.

Dengan rajin belajar dan hormat kepada guru maka kalian semua telah menjadi murid baik yang dapat menjalankan kewajiban. Selain itu rajin belajar juga bagus untuk masa depan diri kalian sendiri

Demikian pidato yang bisa saya sampaikan, kini saatnya saya harus mengakhiri pidato ini. Semoga pidato ini bermanfaat untuk menambah wawasan serta menyuntikkan rasa semangat dalam diri kalian. Semoga kalian bisa menjadi anak yang sukses dunia dan akhirat.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Contoh Pidato tentang Hari Kemerdekaan

Assalamualaikum wr, wb.

Hadirin yang saya hormati,

Pertama, marilah kita memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah Swt. karena berkat karunia dan limpahan rahmat-Nya kita semua bisa berkumpul memperingati Hari Ulang Tahun Ke-77 Republik Indonesia.

Hadirin yang saya hormati,

Hari ini, tepat 77 tahun yang lalu, Indonesia menyatakan diri sebagai sebuah negara merdeka. Merdeka dari segala penjajahan fisik dan mental kolonialisme yang telah beratus tahun bangsa ini alami.

Perjuangan meraih kemerdekaan sangat berat dan harus bertaruh jiwa dan raga. Para pahlawan, baik yang berjuang secara lokal kedaerahan maupun di era nasional telah rela berkorban nyawa demi tegaknya bumi pertiwi ini.

Mulai senjata sederhana, seperti bambu runcing sampai senjata modern, mereka dengan gagah perkasa melawan kejamnya penjajah.

Hadirin yang saya hormati,

Apakah setelah pidato kemerdekaan 77 tahun lalu, kita sudah sepenuhnya merdeka? Secara fisik memang kita sudah merdeka dan diakui sebagai sebuah negara berdaulat. Namun, ada hal lain yang wajib kita pahami bahwa penjajahan sekarang ini lebih mengarah kepada mental.

Globalisasi membuat segala hal cepat berubah dan tak disangka. Hal ini mengancam kedaulatan negara. Kedaulatan negara, saat ini terancam bukan dengan perang senjata, tetapi oleh perang ide, gagasan, dan produk. 

Beberapa waktu lalu kita sudah melaksanakan pesta demokrasi pemilu langsung. Namun, pemilu seolah menjadi perang antarkubu pendukung pasangan calon. Berita hoaks, hujatan, dan kebencian merajalela di media sosial sehingga merusakan tatanan persatuan dan kesatuan bangsa.

Pertemanan yang tadinya damai, kini menjadi hancur hanya karena berbeda pilihan. Kebencian mendalam seolah menjadi senjata andalan dalam rangka merusak negara ini dari dalam.

Hadirin yang saya hormati,

Dulu Soekarno pernah berpesan, "Perjuangan kami lebih mudah karena hanya mengusir penjajah, tapi perjuangan kamu lebih sulit karena akan melawan bangsa sendiri". Terbukti hal tersebut benar adanya. Kini, bibit perpecahan terlihat dari berbagai sudut kehidupan terlebih media sosial yang tidak terkendali.

Akan tetapi, kita sebagai bangsa telah terbukti tidak akan melampaui batas dalam hal perpecahan. Perbedaan tidak akan menghancurkan bangsa ini, justru akan menguatkan.

Kesadaran sejarah yang membuat negara ini tidak akan pernah melampaui batas dan hancur. Semangat jiwa patriot dan akan terus tertanam dalam segenap raga penduduk Indonesia.

Hadirin yang saya hormati,

Mari kita lupakan dan kubur kebencian yang masih tersisa dari diri kita. Saatnya kita kembali merajut asa membangun negeri ini dengan karya-karya terbaik. Dengan karya-karya terbaik tersebut, negara ini akan tetap tegak berdiri dan disegani di dunia.

Mari kita jalin kembali tali persaudaraan yang putus karena perbedaan pilihan. Bangsa ini tidak bisa kuat jika tidak ada kesatuan yang kukuh. Pada peringatan Hari Ulang Tahun Ke-77 Republik Indonesia ini mari kita curahkan hati dan pikiran dengan niat untuk memberikan yang terbaik bagi Indonesia.

Indonesia menanti karya-karya terbaik hasil manusia-manusia terbaik. Demikianlah pidato singkat pada peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia, semoga NKRI tetap tegak, jaya, maju, dan abadi sampai dunia ini berakhir.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Nah, itulah beberapa contoh pidato dari berbagai tema. Semoga artikel bermanfaat dalam menambah wawasanmu mengenai hal ini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again