1. DScovery

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan untuk Fresh Graduate sampai Berpengalaman

Surat lamaran kerja jadi dokumen penting yang gak boleh dilupakan!

Salah satu berkas lamaran kerja yang penting untuk disiapkan saat melamar pekerjaan adalah surat lamaran kerja. Surat lamaran kerja ini biasa ikut dilampirkan menmdampingi  CV maupun portofolio.

Ketika kamu akhirnya menemukan pekerjaan yang cocok, maka buatlah segera surat lamaran tersebut. Surat lamaran ini bisa menjadi awalan bagi HRD untuk mengetahui identitasmu lebih lanjut. Terlebih biasanya di surat inilah ketertarikan kamu mulai diukur.

Jika kamu belum tau ataupun masih merasa kesulitan membuatnya. Berikut Dailysocial.id akan menjelaskannya padamu cara membuat dan contoh surat lamaran yang bisa menjadi referensi awal.

Mengenal Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerjaadalah surat resmi  dari orang yang sedang mencari atau membutuhkan pekerjaan kepada perusahaan atau instansi terkait. Oleh karena itu, dokumen ini bersifat resmi dan perlu menggunakan tata bahasa yang sesuai dan ejaan bahasa Indonesia yang lebih baik.

Maka, tujuan dari surat ini adalah permohonan untuk mengisi posisi sesuai dengan lowongan yang tersedia. Dalam surat lamaran, kamu perlu memperkenalkan diri dengan benar dan melamar tanpa nampak diada-ada.

Selain itu, kamu dapat menulis tentang bagaimana tujuan dan keinginan karirmu sesuai dengan tujuan perusahaan. Aspek ini merupakan salah satu bahan evaluasi terpenting bagi pemimpin perusahaan untuk melihat apakah orang tersebut layak bekerja di perusahaan.

Hal-Hal Pendukung Surat Lamaran Kerja

Untuk menambah nilai plus di mata perusahaan, kamu perlu melampirkan beberapa dokumen pendukung. Pada umumnya setiap perusahaan menginginkan penulisan surat lamaran kerja dengan bahasa yang baik dan benar. Untuk itu ada beberapa format penulisan yang perlu diperhatikan.

Penulisan menggunakan bahasa yang baik dan tidak bertele-tele. Format penulisan tersusun rapi mulai dari salam pembuka hingga penutup. Surat lamaran kerja harus ditulis oleh diri sendiri. Menyiapkan berkas lain dan data-data yang dibutuhkan perusahaan yang dilamar.

Maka, dokumen-dokumen ini nantinya bisa dijadikan bukti atas pencapaian yang berhasil dilakukan yang  dituliskan di dalam curriculum vitae. Berikut ini beberapa dokumen yang sebaiknya dilampirkan dalam surat lamaran kerja:

  1. Daftar riwayat hidup atau CV
  2. Ijazah S1 (fotokopi)
  3. Transkrip nilai (fotokopi)
  4. Sertifikat kursus atau pelatihan yang pernah diikuti
  5. Pas foto terbaru
  6. Portofolio bagi lowongan kerja kreatif

Format Surat Lamaran Kerja

Sebuah surat permohonan kerja dapat disebut baik dan benar jika memuat unsur-unsur penting yang harus dicantumkan. Apa saja yang harus ada dalam sebuah surat lamaran pekerjaan? Delapan hal yang diperlukan dalam sebuah surat lamaran pekerjaan adalah:

  1. Tempat dan tanggal surat dibuat
  2. Alamat yang dituju
  3. Salam pembuka
  4. Pembuka surat
  5. Isi surat
  6. Lampiran
  7. Penutup surat
  8. Tanda tangan dan namamu

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan

Surat Lamaran Kerja sebagai Karyawan

Surat Lamaran Kerja Tim Digital Marketing

Surat Lamaran Kerja Sebagai Content Kreator (English)

Surat Lamaran Kerja Sederhana

Surat Lamaran Kerja Industri Entertainment

Itulah beberapa contoh dan gambaran dalam membuat surat lamaran kerja. Surat lamaran kerja menggambarkan sikap profesionalitas dan ketertarikan kamu. Maka jangan sampai melewatkannya ya!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again