1. DScovery

Daftar Riwayat Hidup: Pengertian, Fungsi, dan Isi

Kendati identik dengan proses melamar pekerjaan, ternyata daftar riwayat hidup juga biasanya digunakan untuk kebutuhan lain

Kamu mungkin suka mendengar danya riwayat hidup atau CV sebagai salah satu syarat dalam melamar pekerjaan. Namun apa sebenarnya riwayat hidup? Apa saja isinya dan apa saja fungsinya?

Secara umum, daftar riwayat hidup adalah dokumen atau tulisan berisikan informasi diri, identitas dan pengalam atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang. Daftar riwayat hidup ini juga sering dikenal dengan curriculum vitae atau CV.

Sebab setiap kehidupan manusi berbeda, tentu saja isi dari riwayat hidup juga demikian. Maka perlu  disesuaikan dengan kondisi pribadi dan kebutuhannya.

Pengertian Riwayat Hidup

Menurut buku Komunikasi Bisnis (Sunarno SastroAtmojo, 2021), pengertian resume adalah gambaran singkat tentang pendidikan, kualifikasi, minat, dan pengalaman kerja kamu sebelumnya.

Sederhananya, CV adalah dokumen yang menyertai pengantar atau lamaran kamu. Sebab, biasanya digunakan sebagai alat promosi diri pada sebuah perusahaan yang ingin dituju.

Daftar riwayat hidup bisa dibuat dalam bahasa Indonesia atau pun dalam bahasa Inggris. Sebaiknya daftar riwayat hidup dibuat secara singkat, padat dan tidak bertele-tele.

Kendati identik dengan proses melamar pekerjaan, ternyata daftar riwayat hidup juga biasanya digunakan untuk kebutuhan lain. Misalnya digunakan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Isi Daftar Riwayat Hidup

Berikut isi daftar riwayat hidup yang biasanya dimasukkan sebagai data identitas penting.

  • Deskripsi diri sebagai bentuk persuasi dalam 3-4 kalimat singkat yang menggambarkan sifat dan kemampuan diri.
  • Pendidikan dan pelatihan yang pernah diikuti. Tuliskan daftar yang relevan dengan kebutuhan pembuatan daftar riwayat hidup saja.
  • Pengalaman organisasi atau pengalaman kerja profesional yang menjelaskan tentang peran dalam sebuah kelompok. Hal ini biasanya disertai dengan penulisan daftar tanggung jawab yang dikerjakan secara rutin.
  • Kemampuan teknis atau keahlian khusus yang biasanya terkait dengan penggunaan software, perangkat analisis, atau pengaplikasian manajamen dan strategi tertentu.
  • Pencapaian profesional yang berkontribusi signifikan terhadap kelompok, misalnya karyawan dengan jumlah target penjualan tertinggi selama 3 bulan berturut-turut.

Fungsi Daftar Riwayat Hidup

Pada dasarnya, daftar riwayat hidup sangat erat kaitannya dengan proses rekrutmen pegawai. Biasanya, dokumen ini akan dipakai HRD untuk melakukan screening singkat atas kompetensi calon karyawan. Namun, tidak menutup kemungkinan ada pihak lain yang juga membutuhkan daftar riwayat hidup untuk kebutuhan lain terkait dengan fungsi berikut ini.

  • Menjelaskan identitas diri secara singkat, terutama mengenai sikap, keahlian, dan pendidikan seseorang. Jika tidak diminta, identitas diri seperti tanggal lahir dan alamat tidak harus disertakan demi keamanan data.
  • Deskripsi kemampuan profesional yang dimiliki seseorang untuk melakukan aktivitas rutin terkait dengan pekerjaan. Hal ini biasanya terkait dengan soft skill seperti kemampuan bergaul di dalam komunitas, kemampuan desain grafis, dan sebagainya.
  • Memaparkan pengalaman kerja singkat atau pengalaman berorganisasi dan berkelompok. Hal ini akan menjadi salah satu bukti kemampuan bekerja sama yang bermanfaat jika seseorang akan bergabung dalam sebuah tim, baik sebagai pemimpin ataupun bagian dari kelompok.

Ukuran Daftar Riwayat Hidup Terbaik

CV standar secara internasional tidak boleh lebih dari dua sisi A4. Namun hal ini bisa bersifat relatif. Misalnya, lulusan fresh graduate dengan pengalaman minimal mungkin hanya perlu menggunakan satu sisi A4.

Meskipun tidak sering digunakan, CV tiga halaman mungkin diperlukan bagi mereka yang memiliki peran tingkat tinggi atau untuk orang yang telah memperoleh banyak pengalaman atau bekerja di banyak pekerjaan selama lima hingga sepuluh tahun terakhir.

Untuk menghemat ruang cukup sertakan poin utama pendidikan dan pengalaman kamu. Tetap berpegang pada informasi yang relevan dan jangan ulangi apa yang kamu katakan di surat lamaran kamu.

More Coverage:

Jika kamu kesulitan mengedit resume, tanyakan pada dirimu sendiri apakah informasi tertentu menjual kualitasmu terhadap tujuan kerjamu. Jika tidak relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar, hapus dan rangkum pengalamanmu yang banyak itu lebih sederhana.

jika kamu masih bingung seperti apa contoh daftar riwayat hidup, kamu bisa mencoba membuatnya sendiri dan melihat berbagai contoh daftar riwayat hidup untuk melamar pekerjaan.

Itulah penjelasan sederhana mengenai daftar riwayat hidup. Untuk melihat cara dan contoh dari daftar riwayat hidup baca artikel lainnya berikut ini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again