1. DScovery

Deep Web: Pengertian, Manfaat, Ancaman dan Cara Mengaksesnya

Menurut fakta umum, hanya 4-10 persen dari semua konten online di Internet yang dapat dicari menggunakan mesin pencari standar

Internet adalah salah satu hal yang paling berpengaruh saat ini. Banyak orang mengakses Internet setiap hari. Ini karena berbagai sumber informasi diambil dari Internet dan file serta data dibagikan secara bebas.

Kamu dapat dengan mudah menemukan apa yang ingin kamu cari di Internet. Namun siapa sangka ada hal lain di Internet ini, yang keberadaannya tidak diduga sebelumnya?

Itulah inti dari Deep Web. Istilah tersebut semakin populer saat ini, juga dengan perkembangan internet. Kebanyakan orang tidak tahu banyak tentang deep web ini.

Faktanya, tidak ada yang bagus dari deepweb, sehingga orang memilih untuk menjauh dari sisi lain internet daripada banyak orang yang bergabung. Mengakses deep web sendiri sebenarnya tidak disarankan karena risikonya begitu tinggi.

Perlu dicatat bahwa tidak semuanya tersedia secara bebas di Internet. Menurut fakta umum, hanya 4-10 persen dari semua konten online di Internet yang dapat dicari menggunakan mesin pencari standar.

Ini berarti jangkauan konten online bisa lebih besar dari yang kita kira. Konten lainnya berada di deep web. Jadi apa yang membuat penggunaan deep web ini begitu dilarang?

Pengetian Deep Web

Ternyata ada juga level  di Internet yang menjadi tanda apakah kita bisa menggunakan website dengan aman. Surface web sendiri merupakan konten website yang dapat dicari secara bebas di website mesin pencari (search engine) seperti Google dan Yahoo.

Namun, mengakses deep web tidak dapat dilakukan hanya dengan bantuan Google atau Yahoo.

Pengertian Deep Web merupakan bagian dari World Wide Web, tetapi bukan merupakan bagian dari Internet yang dapat dicari dengan mudah, yaitu menggunakan mesin pencari web melalui direktori pencarian web.

Deep Web juga dikenal sebagai Deepnet, Darknet, Invisible Web, Undernet atau Hidden Web. Istilah di atas tidak diberikan sembarangan, tetapi diasumsikan bahwa Deep Web mengandung banyak konten informasi yang tersembunyi, sulit atau bahkan tidak terlihat oleh orang awam.

Sebagian besar konten di deep web cenderung berisi dokumen rahasia dari pemerintah suatu negara atau lembaga lain yang tidak semua orang memiliki akses karena kerahasiaan dokumen tersebut.

Salah satu alat yang dibutuhkan untuk mengakses deep web adalah dengan menggunakan browser TOR, yang dirancang untuk mengakses konten web di dark web. Format domain dan halaman di dark web juga berbeda dari situs web biasa dan terdiri dari huruf dan angka acak.

Tujuan dan Manfaat Deep Web

Berikut ini akan dijelaskan beberapa tujuan dan manfaat dari adanya deep web.

Tempat Bebas untuk Membicarakan Rahasia

Tentunya jika kamu sering membicarakan rahasia di media sosial, kamu akan mendapatkan banyak komentar dari pengguna media sosial lainnya. Hanya sedikit orang yang terjerat masalah hukum hanya karena misrepresentasi di media sosial.

Jika kamu menyinggung seseorang, terutama jika orang tersebut adalah selebritas atau tokoh politik, kamu dapat menghadapi hukum jika itu salah. Tetapi di deep web, kamu dapat berbicara dengan bebas tentang apa saja.

Seseorang bisa dengan leluasa mengumbar aib atau membuka rahasia negara dan menceritakan apapun dengan sejelas-jelasnya tanpa harus takut identitas aslinya diketahui. Segala sesuatu di deep web juga tidak dapat dilacak, termasuk ID dan identitas seseorang, jadi tidak ada yang tahu siapa yang berbicara.

Sangat Berguna Bagi Polisi

Deep Web itu sendiri adalah taman kejahatan dalam arti sarkastiknya, jadi polisi pasti akan menghasilkan banyak uang jika mereka dapat mengakses atau melacak semua aktivitas di sini.

Seperti yang kamu ketahui, segala sesuatu yang berhubungan dengan kejahatan dapat dilihat di sini. Contohnya adalah narkoba, senjata, perdagangan manusia, wanita, dll.

Sayangnya, semua akun di sini adalah anonim alias tanpa nama. Sehingga polisi harus cukup pintar untuk mendapatkan informasi dari orang-orang terdekatnya.

Menggagalkan Aksi Terorisme

Dari deep web, kamu bisa mendapatkan informasi tentang rencana serangan teroris oleh beberapa kelompok yang tidak bertanggung jawab.

Jika kamu berhasil mengetikkan kata kunci yang tepat, maka bukan tidak mungkin mendapatkan informasi tersebut dan kamu bisa melaporkan rencana mengerikan tersebut ke pihak berwajib agar aksi teroris bisa dihentikan.

Cara Mengakses Deep Web

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, deep web adalah kumpulan situs dan juga data yang tidak bisa diakses oleh pengguna saat menggunakan search engine konvensional. Untuk itu, bila ingin mengaksesnya, maka laman resmi  Norton, mengatakan kamu harus menggunakan Tor Browser.

Saat Tor Browser berhasil diinstal pada perangkat, mesin pencari dapat berfungsi sebagai browser biasa. Pengguna hanya perlu memasukkan URL dan browser akan mencari halaman yang dimasukkan.

Namun, menemukan materi di deep weblebih sulit daripada menggunakan mesin pencari standar seperti Google. Deep Web tidak memiliki direktori atau sistem peringkat untuk membantu browser menemukan apa yang dibutuhkan pengguna dengan cepat.

Dampak dan Bahaya Mengakses Deep Web

Keberadaan Deep Web memang baru bagi sebagian orang yang baru pertama kali mendengar istilah tersebut. Kehadiran deep web justru membuat penjelajahan dunia internet semakin seru. Namun tentunya harus dilengkapi dengan proteksi internet yang baik.

Karena ancaman Internet Browsing yang cukup berbahaya dan dapat membahayakan privasi. Setelah kamu memahami tujuan dan manfaatnya, dampak penggunaan Deep Web mengikuti dan harus diwaspadai.

Ancaman Virus

Internet merupakan media yang sangat ampuh untuk menyebarkan virus komputer. Virus sebenarnya dapat dikemas untuk menyebar ke seluruh jaringan virtual, dan hal yang sama terjadi di deep web, tetapi pada tingkat yang jauh lebih serius.

Bisa dibilang deep web itu seperti sarang virus, dimana virus langsung menyerang jika kamu tidak terlindungi. Virus di web dalam cenderung lebih kuat dan parah.

Ini berarti sangat sulit untuk dihilangkan dan juga banyak kerusakan. Jika kamu tidak ingin mengambil risiko itu, berhentilah mengakses web yang dalam.

Informasi Pribadi Bisa Terkuak

Ancaman pengaksesan deep web hampir setara dengan ancaman virus saat mengonsumsi deep web. Kamu juga perlu bersiap untuk bahaya tersembunyi lainnya, yaitu peretas yang membocorkan informasi pribadi.

Parahnya, peretas atau hacker juga bisa melacak keberadaan kita. Oleh karena itu, banyak yang menyarankan jika kita berani memasuki Deep Web, kita harus membekali diri kita dengan apa yang disebut VPN.

Virtual Private Network sebagai perangkat lunak untuk memalsukan IP atau stasiun Protokol Internet kita sehingga informasi pribadi kita tidak dapat dilacak atau dilacak dengan mudah.

Risiko Sakit Mental

Rata-rata orang awam tidak mengunjungi deep web untuk alasan tertentu, melainkan untuk memuaskan rasa ingin tahu mereka. Nah disinilah letak kesalahan fatalnya.

Bagi orang awam yang baru pertama kali masuk ke deep web, ini adalah pengalaman terburuk. Alasannya kebanyakan kalau bukan karena isinya ekstrim banget. Dari pembunuhan langsung hingga prostitusi hingga penyiksaan.

Gambar atau video yang ada biasanya tidak layak untuk dilihat dan sangat mungkin menyebabkan seseorang mengalami gangguan kejiwaan.

Terjebak Cyber Crime

Cybercrime atau kejahatan dunia maya merupakan dampak terbesar bagi setiap orang yang menggunakan dan mengontrol deep web dan dark web.

Karena menuju sisi gelap internet, siapapun yang memasukinya harus siap menerima bahaya dan konsekuensi tidak memiliki perlindungan yang baik saat menjelajahi sisi gelap internet melalui deep web.

Banyak ancaman mengarah pada kejahatan dunia maya yang terkait dengan Deep Web dan Dark Web, beberapa di antaranya terkait dengan perdagangan narkoba online dan obat-obatan terlarang, serta perdagangan manusia.

Kamu mungkin mulai berpikir dua kali untuk mencoba menembus deep web ini. Bahaya yang ditimbulkannya sangat merugikan bagi pengguna apalagi jika tidak terlalu paham dengan hal IT.

Disarankan kamu membatalkan niat jika kamu ingin membuka deep web ini. Jika kamu hanya mendapatkan informasi dari deep web, kamu tidak perlu menggunakannya secara langsung.

Kamu dapat mempelajari tentang web permukaan serta mesin telusur secara umum.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again