1. Entrepreneur

Definisi Biaya Peluang, Berikut Karakteristik dan Manfaatnya bagi Bisnis!

Ulasan terkait definisi biaya peluang atau opportunity cost dalam bisnis.

Perjalanan bisnis tentu tak akan selamanya mulus. Terkadang, kegiatan bisnis yang telah direncanakan sedemikian matang juga bisa saja mengalami kendala ekonomi. Maka dari itu, pelaku bisnis perlu memiliki solusi alternatif dengan mempertimbangkan potensi yang ada.

Salah satu potensi yang dapat menjadi solusi atas masalah perekonomian bisnis adalah dengan mempertimbangkan biaya peluang atau opportunity cost. Biaya peluang ini menjadi penanda bahwa dalam mengatasi masalah, kita akan dihadapkan dengan pilihan tentang hal mana yang dapat memberi manfaat lebih besar, terutama ketika dana yang dimiliki terbatas.

Lantas, apa sebenarnya biaya peluang atau opportunity cost ini? Serta, bagaimana pengaruhnya bagi bisnis? Berikut ini ulasan terkait definisi, karakteristik hingga manfaatnya bagi bisnis. Simak selengkapnya.

Apa Itu Biaya Peluang (Opportunity Cost)?

Berdasarkan definisi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), biaya peluang adalah penghasilan yang bisa didapat dari penentuan pilihan atas penanaman dana, selain pada yang sebelumnya telah dipertimbangkan.

Biaya peluang dapat juga dikatakan sebagai nilai kerugian yang diambil untuk mendapatkan keuntungan. Dengan kata lain, seorang pengambil keputusan akan kehilangan satu keuntungan untuk keuntungan lainnya.

Fungsi opportunity cost ini sebagai tolok ukur besaran biaya ekonomi yang harus dikeluarkan oleh pelaku bisnis dalam rangka memproduksi suatu barang atau jasa tertentu, dalam kaitannya dengan alternatif lain yang harus dikorbankan.

Faktor munculnya biaya peluang adalah karena adanya pilihan yang dilakukan individu-individu, perusahaan, dan masyarakat atas kelangkaan yang dihadapi. Biaya ini tidak hanya berupa materi atau uang saja, tetapi dapat juga berupa keuntungan di masa depan.

Contoh sederhananya dapat ditemui pada aktivitas sehari-hari. Misalnya, seseorang dihadapkan dengan situasi dimana jadwal kuliah dan kerjanya yang bentrok. Kemudian, orang tersebut lebih memilih pergi kuliah dan bolos bekerja. Maka, biaya peluang yang diterima adalah orang tersebut akan menerima potongan gaji, demi mendapatkan nilai yang bagus.

Karakteristik Biaya Peluang

Ada beberapa karakteristik kunci dari biaya peluang, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Tidak selalu berkaitan dengan uang.
  • Umumnya, biaya peluang bukan merupakan kebutuhan primer.
  • Memiliki banyak kemungkinan terkait dengan kegunaannya.
  • Setiap peluang memiliki kerugian dan keuntungan.
  • Apa pun keputusan yang diambil, selalu ada peluang yang hilang.
  • Penetapan pilihan opportunity cost tergantung pada kondisi dan prioritas setiap individu atau perusahaan.
  • Pilihan yang sama akan memiliki biaya peluang yang berbeda untuk orang yang berbeda.
  • Nilai peluang dikurangi perolehan aktual adalah estimasi biaya peluang.

Manfaat Opportunity Cost bagi Bisnis

Dalam berbisnis, perhitungan biaya peluang dapat memberikan dampak baik bagi kelangsungan bisnis. Beberapa manfaat yang mungkin dapat diperoleh oleh pelaku bisnis, antara lain:

  • Membuka Kesempatan dan Meminimalisir Risiko Usaha

Dengan memanfaatkan biaya peluang, pelaku bisnis akan memiliki sejumlah perbandingan dalam rangka menentukan keputusan yang paling tepat. Keputusan tersebut diambil berdasarkan pertimbangan risiko yang paling minim, apabila terjadi sesuatu di luar dari dugaan. Sehingga, pelaku bisnis tidak kehilangan kesempatan secara keseluruhan.

  • Membantu Penentuan Prioritas

Setiap pengusaha, tentu memiliki banyak ide tentang peluang bisnis yang ingin dijalani. Tetapi, pengusaha tidak mungkin menjalankan semua peluang yang ada karena pertimbangan biaya, waktu dan energi. Biaya peluang akan membantu pengusaha menentukan prioritas yang berpotensi mendatangkan keuntungan lebih banyak.

  • Memudahkan Perhitungan Modal

Modal merupakan salah satu faktor paling dasar dan penting bagi kelangsungan bisnis. Biaya peluang dapat membantu pelaku bisnis untuk memprediksi jumlah kisaran modal yang harus dimiliki sebelum membangun sebuah bisnis dengan rencana yang serius.

  • Menghemat Pengeluaran Usaha

Perhitungan biaya peluang dapat mengidentifikasi prioritas pengeluaran usaha. Pelaku bisnis akan mengetahui mana pembiayaan mana yang perlu didahulukan berdasarkan urgensi perusahaan, sehingga secara tidak langsung akan menghemat pengeluaran usaha.

Demikian ulasan terkait definisi biaya peluang atau opportunity cost berikut dengan karakteristik dan manfaatnya bagi bisnis.

Free eBook

Panduan Facebook Marketplace untuk Pemula

Facebook Marketplace menawarkan peluang dan juga alat bagi UMKM untuk menjangkau 129,8 juta pengguna Facebook di Indonesia. Pelajari bagaimana cara memanfaatkan Facebook Marketplace untuk mendongkrak penjualan online Anda. Download panduannya sekarang, GRATIS!

Masukkan email Anda


Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again