1. DScovery

Apa itu Desain Produk? Definisi, Tujuan, Jenis dan Fungsinya dalam Bisnis

Jika kamu ingin membuat produk, maka kamu harus mengetahui apa itu desain produk. Berikut ini adalah definisi, tujuan, serta jenis-jenis desain produk.

Desain produk merupakan proses perencanaan dan pembuatan produk atau layanan yang memenuhi kebutuhan pengguna dan memberikan nilai ke pasar.

Oleh karena itu, desain produk merupakan komponen penting dalam pembuatan suatu produk, termasuk produk digital.

Desain produk kamu yang akan menentukan apakah pengguna suka dan senang menggunakannya. Desain dapat membuat produk yang bagus menjadi hebat, tetapi desain yang buruk dapat merusak ide yang paling menjanjikan sekalipun.

Tujuan dari desain produk adalah untuk menciptakan sesuatu yang membuat orang tertarik untuk menggunakannya dan ingin membelinya.

Simak penjelasan berikut ini mengenai desain produk secara detail.

Definisi Desain Produk

Desain produk adalah proses membuat konsep, menentukan, danjenis  mendokumentasikan suatu produk. Hal ini juga melibatkan penelitian pasar, menentukan target audiens yang tepat dan kemudian menciptakan produk yang bermanfaat, dapat digunakan, dan diinginkan.

Desain produk juga dapat dilakukan dengan brainstorming. Hal ini bertujuan untuk menghasilkan ide dan konsep hingga akhirnya mengembangkan produk fisik akhir yang memenuhi kebutuhan spesifik dan berkomunikasi melalui desainnya.

Desain yang baik harus tampil stabil dan tahan lama tetapi juga terjangkau untuk produksi massal baik dari segi biaya produksi maupun memberikan pengembalian investasi yang positif bagi perusahaan yang memproduksinya.

Lantas, apa tujuan-tujuan desain produk secara spesifik?

Tujuan Desain Produk

Tujuan utama desain produk adalah untuk menciptakan sesuatu yang diinginkan orang. Kamu harus mempertimbangkan pengguna, tujuan mereka, dan konteks mereka, lalu merancang produk agar berfungsi dengan baik untuk mereka.

Desain produk juga memastikan penampilan yang lebih cantik, sehingga kamu bisa menggandakan atau bahkan melipatgandakan harga produk dan bisa meningkatkan keuntungan mereka.

Desain produk juga memiliki berbagai jenis yang perlu diketahui, apa saja jenisnya?

Jenis Desain Produk

Dalam dunia desain produk, ada tiga jenis desain yang berbeda, yaitu system design, process design, dan interface design.

Ketiga jenis desain ini membantu memastikan bahwa produk kamu aman digunakan dan semua orang yang menggunakannya akan memahami cara kerjanya.

Berikut ini adalah penjelasan lebih lanjut tentang jenis-jenis desain produk:

System Design

System Design berarti berfokus pada sistem dalam produk kamu. Jenis ini termasuk memilih bahan yang digunakan dan bagaimana bahan tersebut bekerja sama dalam sistem untuk menghasilkan kinerja dan karakteristik estetika yang unik.

Ini sangat ideal untuk desainer yang ingin memikirkan produk mereka dalam konteks dan merencanakan cara kerjanya dengan lingkungan sekitarnya.

Process Design

Process Design adalah serangkaian langkah yang diikuti perusahaan saat menciptakan sebuah produk.

Langkah ini memberi perusahaan cara untuk mengelola proses pengembangan dan meningkatkan kemungkinan produknya memenuhi kebutuhan pelanggan.

Interface Design

Interface Design mengacu pada cara kamu berinteraksi dengan produk. Sebagai seorang desainer, kamu perlu mempertimbangkan banyak hal sebelum menyelesaikan desain.

Salah satunya adalah Interface Design, yang menentukan kemampuan dan efisiensi setiap antarmuka pengguna.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai desain produk, semoga bermanfaat.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again