1. DScovery

Distributor: Pengertian dan Perbedaannya dengan Supplier serta Reseller

Tujuan mereka menjual barang dalam jumlah banyak. Jadi mereka umumnya menjual barang dari produsen ke pengecer

Saat memasuki dunia bisnis atau komersial, sering terdengar istilah yang berbeda-beda seperti distributor, agen, reseller dan supplier. Meskipun semua istilah ini terkait dengan penjualan produk, ada perbedaan di antara keduanya.

Kamu perlu mengetahui hal ini untuk memenuhi peran dalam perdagangan sepenuhnya. Apakah itu distributor, agen, reseller atau supplier. Yuk simak ulasan singkat DailySocial.id di bawah ini!

Definisi Distributor

Distributor adalah orang atau perusahaan yang bertindak sebagai perantara antara penjual lain dan produsen produk di sirkuit distribusi. Broker ini jarang melakukan transaksi jual beli langsung dengan konsumen.

Karena tujuan mereka menjual barang dalam jumlah banyak. Jadi mereka umumnya menjual barang dari produsen ke pengecer. Keuntungan yang diperolehnya berasal dari diskon produsen dan perbedaan harga jual terhadap pengecer.

Fungsi Distributor

Seperti yang kamu ketahui, peran utama distributor adalah bertindak sebagai penghubung antara konsumen dan produsen. Lihat fungsi lainnya di bawah ini:

  • Membantu mendistribusikan barang dan jasa dari produsen ke pelanggan, memungkinkan produsen untuk lebih fokus pada kontrol kualitas produk dan kelancaran proses produksi.
  • Mendapatkan pelanggan untuk produsen berdasarkan lokasi distributor.
  • Kontrol stabilitas harga, karena ketika barang menumpuk di satu tempat, harganya turun. Pada saat yang sama, di tempat dengan inventaris kecil, harganya biasanya tinggi.
  • Membantu konsumen membeli atau mendapatkan produk yang mereka butuhkan.

Tugas Distributor

Bagi kamu yang tertarik untuk menjadi distributor, sebaiknya menyimak tugas-tugasnya berikut ini:

  • Membeli barang atau jasa langsung kepada produsen.
  • Memisahkan dan mengelompokkan produk sesuai dengan jenis, ukuran, serta kualitasnya.
  • Melakukan pemasaran, iklan, atau promosi produk.
  • Mengontrol sistem transportasi yang akan mendistribusikan produk menuju berbagai daerah.
  • Menggunakan sistem pelacakan untuk memastikan bahwa produk tiba di tempat tujuan dalam kondisi baik dan tepat waktu.
  • Mengemas produk dengan baik.
  • Mencari lokasi jualan produk yang daya belinya tinggi.
  • Memastikan sistem untuk mengambil kembali produk dari pasar.

Jenis Distributor

Distributor terbagi atas 3 jenis, seperti berikut ini:

Perusahaan Barang

Distribusi produk sebagai barang dalam bentuk fisik. Jenis usaha ini mengambil barang dari produsen kemudian mendistribusikannya ke pengecer.

Perorangan

Jenis ini menganut sistem bisnis Multi Level Marketing atau MLM yang bertugas mengajak orang lain untuk menjual produk. Bisnis MLM sendiri merupakan sistem pemasaran produk yang memanfaatkan pelanggan untuk menjadi jaringan bisnis.

Perusahaan Jasa

Mendistribusikan produk berbentuk jasa langsung kepada konsumen. Misalnya, perusahaan asuransi yang langsung menawarkan jasa kepada nasabah sebagai konsumen akhirnya.

Kemampuan yang Wajib dimiliki Distributor

Manajemen Proyek

Kamu harus memiliki keterampilan manajemen proyek untuk menjalankan bisnis secara efektif. Salah satunya adalah kemampuan untuk menegosiasikan sumber daya, jadwal, dan anggaran dengan produsen dan pengecer.

Keterampilan Komunikasi

Kamu harus bisa berkomunikasi dengan baik dengan pelanggan, mitra bisnis, karyawan dan lainnya. Kamu mampu menyampaikan informasi produk dengan tepat sehingga lawan bicara kamu mengerti apa yang  disampaikan.

Keterampilan Jaringan

Keterampilan ini berhubungan dengan cara kamu bersosialisasi dengan orang lain untuk membangun hubungan yang baik. Tujuan utamanya yaitu untuk mengembangkan bisnis dan meningkatkan basis pelanggan.

Manajemen Keuangan

Kamu memiliki keterampilan keuangan dan pengelolaan uang yang baik. Karena di cabang bisnis distribusi ini, kamu selalu berhubungan dengan proses jual beli, diskon, kredit, dan stok. Jadi, diperlukan pengetahuan keuangan yang baik agar kamu tidak menghadapi kesulitan dalam pengelolaan bisnis.

Skill Analitik

Kamu memerlukan keterampilan analitis untuk menganalisis dampak perubahan harga terhadap laba, menentukan produk yang menguntungkan, menyiapkan laporan keuangan, dan menghasilkan pendapatan.

Analytics dapat membantu kamu mengungkap informasi penting tentang bisnismu. Misalnya memaksimalkan nilai perusahaan dalam jangka panjang, mengembangkan strategi pertumbuhan perusahaan dan juga meningkatkan lapangan kerja.

Saat menentukan harga produk, tidak boleh dilebih-lebihkan. Karena pesaing kamu dapat menawarkan harga yang lebih rendah. Jika kamu salah menentukan harga, penyebaran produk serta inflasi berisiko.

Ini adalah bagian penting dari kemampuan analisis kamu, yaitu menganalisis harga pasar sebelum menetapkan harga jual.

Perbedaan Distributor dengan Supplier, Agen, dan Reseller

Distributor

  • Rantai pasokan barang pertama setelah produsen
  • Menjualproduk mentah dari supplier atau produk jadi dari produsen

Supplier

  • Menjual produk secara terus menerus untuk kebutuhan produksi
  • Biasanya menjual prduk mentah

Agen

  • Pihak perantara antara retailer dan distributor
  • Keuntungan berasal dari selisih harga beli atau jual dan komisi penjualan

Reseller

  • Menjual produk langsung kepada konsumen
  • Pembelian produk dalam jumlah sedikit dan menjalankan bisnis secara online

Kunci Sukses Menjadi Distributor

Untuk bisa sukses menjadi seorang distributor kamu harus aktif untuk mencari ide-ide baru untuk memasarkan barang kamu. Kunci untuk bisa memutar barang dengan cepat adalah melakukan strategi pemasaran yang baik. Berikut beberapa kunci yang dapat kamu gunakan saat menjadi distributor.

Mempunyai Rantai Distributor

Kamu bisa melakukan perluasan pemasaran produk yang kamu ambil dari produsen dengan memiliki beberapa penyalur dibawah kamu, karena ini akan membantumu memutar barang dan memasarkan produk dengan cepat.

Berikan Harga yang Terbaik dari Pemasar lainnya

Nyatanya, tidak mudah mendapatkan harga yang jauh lebih baik dari pabrikan. Karena ini harus melakukan banyak hal yang harus disepakati dengan pabrikan.

Setelah mendapatkan harga terbaik sebagai distributor, sebaiknya jangan menaikkan harga terlalu tinggi. Karena harga barang yang dijual reseller kamu otomatis akan naik saat pemasar berikutnya menjualnya kembali.

Memutar Produk

Hal tersulit adalah melakukan sesuatu dengan cepat. Pastikan kamu memberikan penawaran yang bagus untuk reseller, cobalah untuk bekerja sama dengan reseller milikmu, dropshippers, dan kamu juga dapat membuka program afiliasi. Ini akan membantu barang kamu berputar dengan cepat.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again