1. Startup

eFishery Terus Tarik Minat Perusahaan Pembiayaan, Giliran HSBC Berikan Pinjaman Rp487 Miliar

Pembiayaan kali ini akan dimanfaatkan eFishery untuk mendukung kebutuhan modal kerja perusahaan

PT Bank HSBC Indonesia (HSBC Indonesia) telah memberikan pinjaman "green and social loan" senilai $30 juta atau sekitar Rp487 miliar kepada eFishery untuk mendukung kebutuhan modal kerja perusahaan. HSBC Indonesia juga dipercaya sebagai koordinator pembiayaan berkelanjutan untuk eFishery, dengan tujuan membantu perusahaan mengintegrasikan aspek-aspek ESG dalam operasi bisnis mereka.

Pinjaman ini memungkinkan eFishery untuk memperluas produk eFeeder mereka. Teknologi ini disewakan kepada ratusan ribu pembudidaya ikan skala kecil dalam jaringan eFishery, yang memungkinkan mereka meningkatkan efisiensi pakan hingga 30% dan kapasitas produksi hingga 24%.

Untuk memperbesar bisnis ekspor, eFishery menggaet pasar Tiongkok dengan menjual hasil panen udang setelah sukses ekspor ke AS. Selain itu, eFishery juga memperluas ekspor ikan nila ke kedua negara tersebut dan menargetkan negara-negara lain seperti Singapura, Malaysia, kawasan Eropa, dan Timur Tengah.

Founder & CEO eFishery Gibran Huzaifah menyatakan bahwa pinjaman green and social loan dari HSBC Indonesia adalah langkah penting dalam merevolusi industri akuakultur di Indonesia. "Pinjaman ini memungkinkan kami memperluas armada eFeeder serta memberdayakan pembudidaya ikan dan petambak udang skala kecil dengan teknologi dan sumber daya yang mereka perlukan, sehingga dapat lebih produktif dan berkelanjutan," ujarnya.

Managing Director Head of Wholesale Banking HSBC Indonesia Riko Tasmaya mengungkapkan, "Ini merupakan bagian dari ambisi kami untuk mendukung pertumbuhan sektor ekonomi baru berbasis platform di Indonesia. Lewat green and social loan, HSBC Indonesia turut mendukung sektor akuakultur di Tanah Air menerapkan praktik berkelanjutan di sepanjang rantai pasokannya.”

Lembaga pembiayaan yang telah bermitra

eFishery juga cukup rajin membangun kemitraan dengan lembaga finansial penyedia layanan pembiayaan. Selain untuk mendukung operasional bisnis, sebagian besar bentuknya berupa loan channeling. Hal ini untuk mendukung layanan pembiayaan mitra lewat Kabayan (Kasih Bayar Nanti) di dalam aplikasi eFisheryFund.

Berdasarkan catatan kami, ada sejumlah kemitraan yang diumumkan ke publik, di antaranya:

MitraKategoriTahun Kemitraan
ALAMIFintech Lending2020
AmarthaFintech Lending2023
Amar BankBank2024
BRIBank2020
CrowdoFintech Lending2021
DanamasFintech Lending2021
InvestreeFintech Lending2020
KawanCicilFintech Lending2021
KoinWorksFintech Lending2023
KredivoMultifinance2021
OCBCBank2022
QazwaFintech Lending2023

Terbaru pada April 2024 ini, PT Bank Amar Indonesia Tbk (IDX: AMAR) mengumumkan kerja sama strategis dengan eFishery untuk menyalurkan fasilitas kredit kepada UMKM akuakultur atau perikanan budidaya. Fasilitas kredit bersama ini berupa close-loop financing atau pembiayaan ekosistem dengan nilai hingga Rp100 miliar.

Capaian bisnis positif

Kepercayaan para mitra finansial ini tidak terlepas dari performa bisnis eFishery. Menurut data yang disampaikan, sejak 2023 perusahaan telah menjaring lebih dari 200 ribu pembudidaya ikan dan petambak udang dengan 1,1 juta kolam aktif yang tersebar di 280 kota dan kabupaten di seluruh Indonesia. Disebutkan, valuasi perusahaan mencapai $1,3 miliar menjadikannya sebagai startup aquatech dengan valuasi terbesar sedunia.

Hingga 2022, perusahaan telah memfasilitasi 1,1 triliun transaksi penjualan ikan air tawar dan 1,12 triliun transaksi penjualan udang. Bila dinominalkan, setara dengan Rp8 triliun total transaksi penjualan ikan dan udang, serta Rp4 triliun total transaksi penjualan pakan ikan dan udang. Kontribusi terbesar disumbangkan dari Jawa Barat dengan persentase hampir 40%.

Sementara untuk ekspor, disebutkan angkanya mencapai 20 juta kilo per bulannya untuk 10 komoditas di eFishery ke Amerika Serikat dan Tiongkok.

Solusi finansialnya, Kabayan, telah didukung oleh belasan perusahaan finansial, seperti Bank OCBC NISP, Amartha, Investree, dan Kredivo. Total dana yang disalurkan mencapai Rp1,07 triliun untuk 24 ribu pembudidaya ikan dan petambak udang.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again