1. DScovery

Etos Kerja: Pengertian, Karakter, Contoh dan Tips Menumbuhkannya

Memiliki etos kerja yang tinggi, berarti memiliki rasa tanggung jawab serta dedikasi yang tinggi terhadap pekerjaannya.

Sebagai seorang pekerja tentunya berkewajiban untuk memiliki etos kerja yang baik. Etos kerja merupakan istilah yang biasa digunakan dalam menilai hasil kerja seseorang.

Selain itu, etos kerja juga dapat melihat bagaimana rasa tanggung jawab dalam diri seseorang saat bekerja. Oleh sebab itu, etos kerja sangat berpengaruh terhadap perkembangan karirmu.

Lalu, apa yang sebenarnya dimaksud dengan etos kerja? Bagaimana cara menumbuhkannya? Kamu bisa menyimak penjelasannya dalam artikel ini.

Pengertian Etos Kerja

Secara umum, etos kerja adalah sebuah kewajiban dan bentuk tanggung jawab seseorang dalam pekerjaannya. Menurut KBBI, etos kerja merupakan semangat kerja yang menjadi ciri khas dan keyakinan seseorang atau suatu kelompok.

Etos kerja merupakan hal yang wajib dimiliki oleh setiap orang, baik dari karyawan hingga pemimpin perusahaan. Pasalnya, etos kerja berkaitan erat dengan tanggung jawab yang dapat mencerminkan kualitas diri seseorang.

Orang yang memiliki etos kerja yang tinggi biasanya akan lebih dihargai dalam pekerjaannya. Selain itu, etos kerja yang tinggi juga akan berpengaruh terhadap kesuksesan karirnya.

Karakteristik Orang yang Memiliki Etos Kerja

Orang yang memiliki etos kerja dapat dilihat melalui ciri-ciri berikut:

1. Bertanggung Jawab

Orang yang memiliki etos kerja yang tinggi biasanya tidak hanya memiliki etos kerja yang tinggi biasanya memiliki rasa tanggung jawab terhadap pekerjaannya. Meski diberi tugas dan kewenangan yang besar, orang yang memiliki rasa tanggung jawab tidak akan menyelewengkannya. Ketika membuat kesalahan pun, mereka akan berani mengakui dan memperbaikinya.

2. Disiplin

Tentunya, orang yang memiliki etos kerja yang tinggi biasanya juga memiliki disiplin yang tinggi. Disiplin dalam hal ini tidak hanya sebatas menghargai ketepatan waktu, namun juga mampu berkomitmen atas hal-hal yang sudah dipilih dan direncanakan. Mereka juga akan tetap fokus pada tujuan utamanya dan tak akan goyah oleh hal-hal lain yang sifatnya sementara.

3. Memiliki Rasa Inisiatif Tinggi

Karakteristik lainnya adalah memiliki rasa inisiatif yang tinggi. Biasanya, orang yang memiliki etos kerja selalu dipenuhi dengan ide-ide kreatif dan menarik. Mereka juga cenderung melakukan tugas tanpa menunggu perintah terlebih dahulu.

4. Mampu Bekerja Sama dalam Tim

Karakteristik lain yang penting dimiliki orang dengan etos kerja tinggi adalah mampu bekerja sama dalam tim. Meski terdengar mudah, namun bekerja dalam tim memerlukan komitmen tinggi dalam menghadapi tantangannya. Selain itu, bekerja dalam tim juga memerlukan kemampuan komunikasi serta rasa menghargai antar anggota tim.

Tips Menumbuhkan Etos Kerja

Etos kerja bukanlah hal yang langsung ada dalam diri sendiri. Etos kerja juga dapat diperoleh dengan cara menumbuhkannya dalam diri sendiri. Berikut adalah beberapa tips menumbuhkan etos kerja dalam dirimu.

1. Tentukan Target dan Tujuanmu

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk menumbuhkan etos kerja adalah dengan menentukan target dan tujuanmu. Target akan membuatmu lebih termotivasi dan bersemangat untuk meraihnya. Jika satu targetmu telah tercapai, maka kamu harus menentukan target yang baru.

2. Biasakan Dirimu untuk Disiplin

Sikap disiplin dapat menunjukkan bahwa kamu memiliki rasa tanggung jawab. Sikap disiplin bisa dibiasakan dengan menghargai waktu, seperti masuk kerja sesuai jadwal dan menyelesaikan pekerjaanmu tepat waktu sesuai deadline yang telah ditetapkan.

3. Bergabunglah dengan Rekan yang Memiliki Keinginan untuk Berkembang

Tentunya, etos kerja tidak akan tumbuh jika kamu tetap berada di lingkungan yang tidak mendukungmu untuk berkembang. Oleh sebab itu, cobalah bergabung dengan rekanmu yang juga memiliki etos kerja tinggi agar kamu menjadi lebih termotivasi.

Nah, memiliki etos kerja yang tinggi tidak akan berhasil jika tidak diiringi dengan niat dan keinginan untuk berubah. Jadi, sebelum kamu mulai menerapkan beberapa tips di atas, jangan lupa untuk mulai berniat dan berkomitmen untuk berubah terlebih dahulu, ya.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again