1. Entrepreneur

Tutorial Facebook Business Suite: Hubungkan Facebook dan Instagram Bisnis

Penjelasan terkait tutorial penggunaan Facebook Business Suite, simak selengkapnya di sini.

Facebook Business Suite atau Meta Business Suite merupakan salah satu fitur dari Meta, perusahaan induk yang menaungi Facebook, Instagram dan WhatsApp. Business Suite ini menjadi alat yang membantu para pelaku usaha dalam mengelola bisnisnya secara digital.

Sebelumnya, Facebook juga memiliki fitur serupa yakni Facebook Business Manager, yang kemudian diganti dengan Business Suite. Business Suite ini menyediakan beragam layanan, mulai dari tools untuk unggah konten bisnis, kirim pesan kepada pelanggan, analisis performa konten bisnis hingga beriklan.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari penggunaan Business Suite ini, pelaku usaha direkomendasikan untuk menghubungkan laman Facebook bisnis ke Instagram bisnis yang dimiliki. Ada pun langkah-langkahnya akan dijelaskan berikut ini.

Cara Menautkan Facebook Page ke Instagram Bisnis

Dengan Business Suite, pelaku usaha dapat mengelola semua aktivitas bisnis dengan saling terintegerasi. Business Suite ini berupaya menghemat aktivitas pelaku usaha, dengan membantu menghubungkan dua platform, yakni Facebook dan Instagram.

Berikut cara menambahkan akun Instagram bisnis ke akun bisnis milik pelaku usaha di desktop Meta Business Suite.

  • Pilih menu ‘Settings’ atau pengaturan di sebelah kiri. Klik aset bisnis, lalu tambah aset. Pilih ‘Instagram’ dan klik ‘Connect Account’ atau hubungkan akun.

  • Tinjau dan setujui persyaratan untuk menghubungkan akun Instagram, lalu klik ‘Confirm’ atau konfirmasi. Setelah itu, masukkan nama pengguna dan kata sandi Instagram bisnis Anda, dan klik Masuk.

  • Jika sudah login di Instagram, Anda juga bisa mengklik ‘Continue as [Pemilik Akun]’ jika itu adalah akun yang ingin Anda hubungkan. Jika tidak, pilih ganti akun untuk masuk ke akun lain.
  • Jika otentikasi dua faktor diaktifkan, Business Suite meminta Anda untuk memasukkan kode keamanan.
  • Klik ‘Confirm’ atau konfirmasi.

Setelah semua tahapan telah dilalui, maka akun Instagram bisnis telah terhubung ke halaman Facebook milik pelaku usaha. Dengan begitu, pelaku usaha dapat langsung mulai mengelola aktivitas bisnis di Facebook dan Instagram secara terintegrasi.

Keuntungan Facebook Business Suite bagi pelaku UMKM

Aktivitas bisnis yang saling terintegrasi di Business Suite memberi keuntungan bagi pelaku usaha, termasuk UMKM dalam mengelola usahanya. Beberapa keuntungan yang diperoleh, antara lain sebagai berikut:

  • Segala Aktivitas Saling Terhubung

Pelaku usaha dapat menghubungkan aktivitas bisnis antara halaman Facebook dengan Instagram bisnis. Mulai dari penjadwalan posting, menanggapi pesan dan komentar, membuat iklan, dan melihat wawasan di Facebook dan Instagram.

  • Menghemat Waktu

Dengan Business Suite, pelaku usaha dapat mengakses segala tools yang digunakan dalam menjalankan bisnis, hanya melalui satu tampilan secara sederhana dan cepat.

  • Bisnis Berkembang

Dengan fitur seperti ‘Insights’ dan ‘Inbox’ atau kotak masuk, pelaku usaha dapat terbantu dalam menentukan prioritas dan menganalisis dampak bagi bisnis.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again