1. Entrepreneur

Facebook Marketplace Error? Ikuti 7 Cara Ini Untuk Memperbaikinya!

Panduan mengatasi Facebook Marketplace yang error untuk pemilik bisnis.

Facebook Marketplace adalah fitur pada Facebook yang bisa Anda manfaatkan untuk melakukan aktivitas jual-beli produk. Hanya saja seperti platform pada umumnya, terkadang Facebook Marketplace Anda bisa error atau tidak berfungsi.

Umumnya, masalah yang sering dihadapi pengguna saat Facebook Marketplace error adalah tidak bisa mengakses platform, tidak bisa mengirim pesan, akses dibatasi, dan sebagainya.

Sebagai penjual dan pembeli, tentunya akan merasa kerepotan bila Facebook Marketplace sedang mengalami gangguan. Jadi, yuk cari tahu mengapa Facebook Marketplace bisa error dan bagaimana cara mengatasinya!

Penyebab Facebook Marketplace Bisa Error

Terdapat beberapa alasan mengapa Facebook Marketplace bisa error, seperti : 

  • Belum berusia 18 tahun, karena platform ini hanya bisa diakses oleh pengguna yang berusia 18 tahun ke atas.
  • Anda mungkin mencoba mengakses Facebook Marketplace dari negara yang tidak mendapatkan akses. Berikut ialah list negara yang bisa mengakses Facebook Marketplace.
  • Akun Anda mungkin diblokir karena sebelumnya melanggar kebijakan Marketplace Facebook.

7 Tips Memperbaiki Facebook Marketplace Yang Error

Jika Anda tidak bisa mengakses Facebook Marketplace meskipun telah memenuhi semua persyaratan, coba ikuti tips mengatasinya berikut ini : 

Sign Out dan Sign In 

Pertama, cobalah untuk keluar dan masuk kembali akun Facebook Anda. Untuk melakukannya, klik ikon profil Anda, lalu pilih Keluar. Setelah itu, Anda bisa log in kembali.

Gunakan Browser Lain 

Jika Anda masih tidak bisa membuka Facebook Marketplace di Google Chrome, coba menggunakan browser lain seperti Mozilla Firefox, Safari di iOS/MacOS, Microsoft Edge, dan sebagainya.

Update Aplikasi Facebook Anda 

Facebook secara teratur merilis pembaruan aplikasi untuk memperkenalkan fitur baru, memperbaiki bug yang diketahui, dan meningkatkan kinerja aplikasi. 

Maka, terdapat kemungkinan bahwa Facebook Marketplace Anda error karena Anda tidak sempat meng-update aplikasi ke versi terbaru. Anda bisa mengeceknya di Google Play atau App Store.

Hapus dan Install Kembali Aplikasi Facebook Anda 

Cara berikutnya ialah menghapus aplikasi dan instal ulang kembali bila Anda menggunakan HP. Setelah menghapus dan menginstal ulang aplikasi Facebook, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah log in

Bersihkan Cache Anda 

Berikutnya Anda bisa menghapuskan data cache Anda. Data cache merupakan data sementara dari aplikasi yang terpasang dan tersimpan di memori device

Jika device Anda memiliki banyak aplikasi, maka data cache Anda akan menumpuk sehingga bisa memperlambat kinerja device Anda. 

Untuk membersihkannya, Anda bisa mengklik ikon titik tiga di pojok kanan atas pada Google Chrome. Lalu, pilih More tools - Clear browsing dataatau bisa menggunakan shortcut Ctrl+Shift+Del.

Restart Laptop atau HP Anda 

Jika sejauh ini tidak ada yang berhasil, cukup me-restart laptop atau HP Anda. Cara ini sering kali cukup untuk menghapus sisa gangguan perangkat lunak dan mengatur ulang aplikasi.

Hubungi Facebook Support 

Jika cara-cara di atas masih gagal, Anda bisa menghubungi Facebook 24/7 Support. Anda dapat melakukannya dengan cara : 

  • Buka akun Facebook Anda.
  • Klik ikon profil Anda, lalu pilih Bantuan dan Dukungan.

  • Klik Laporkan Masalah - Ada Masalah - Sertakan di Laporan.

  • Tulis informasi tentang masalah yang Anda alami. Jangan lupa pilih Marketplace pada Pilih Bidang. Lalu, klik Kirim

Nah, itu dia alasan mengapa Facebook Marketplace Anda bisa error dan cara mengatasinya. Semoga artikel ini bisa membantu Anda untuk mengakses fitur ini dan bisa langsung menjual produk Anda. Jangan lupa baca tips menjual produk di Facebook Marketplace, ya!

Kami juga punya ebook panduan lengkap berjualan di Facebook Marketplace, cek detailnya di sini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again