1. DScovery

Foreman Adalah: Pengertian, Tugas dan Tanggung jawab, Gaji Seorang Foreman di Indonesia

Tertarik bekerja sebagai foreman? Kamu harus mengenal terlebih dahulu apa itu foreman dan pekerjaan yang butuh kepemimpinan dalam mengelola dan mengembangkan sebuah perusahaan ini.

Di tempat kerja pasti biasanya memiliki manajer langsung yang memberikan penilaian kinerja, sikap, dan pekerjaan secara keseluruhan. Nah, itu namanya foreman. Sederhananya, foreman adalah leader. 

Memiliki foreman memastikan bahwa proyek berjalan sesuai rencana. Ingin tahu lebih banyak tentang Foreman? Simak penjelasan untuk  mengenal lebih dalam tentang foreman pada artikel di bawah ini!

Pengertian Foreman

Foreman adalah posisi produksi dengan tugas dan tanggung jawab untuk menyelesaikan pekerjaan di area tertentu perusahaan.

Jabatan ini sering diartikan sebagai jabatan atasan atau supervisor di atas pegawai biasa (staf atau operator). Status foreman artinya berada di atas karyawan biasa, tetapi di bawah manajer. 

Foreman adalah orang yang bertanggung jawab untuk memperbaiki manajemen dan meningkatkan kinerja karyawan dalam melaksanakan tugas, fungsi, dan tugas di perusahaan atau tempat kerja.

apa itu Foreman dapat melakukannya dengan memberikan dukungan, dorongan, pembinaan, bimbingan dan kesempatan bagi karyawan untuk meningkatkan kinerjanya.

Tugas dan Tanggung Jawab Foreman

Berikut tugas dan tanggung jawab seorang foreman perusahaan dikutip dari jurnal Mila Nurjannah:

Penelitian

Salah satu tugas foreman adalah menyelidiki keadaan perusahaan dan karyawan yang melapor kepadanya. Kegiatannya dapat merumuskan masalah perusahaan melalui data yang ada.

Foreman harus mampu mengumpulkan berbagai fakta dan pendapat untuk menginformasikan pengambilan keputusan. Kegiatan ini dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai teknik observasi dan wawancara.

Penilaian

Selain penelitian melakukan evaluasi atau penilaian bersama dengan karyawan yang melapor kepada foreman juga merupakan kegiatan. Kegiatan evaluasi ini meliputi:

  • Mencari aspek-aspek positif yang telah dicapai.
  • Mengidentifikasi aspek-aspek negatif yang menjadi hambatan atau hambatan dalam penyampaian layanan.
  • Menganalisis penyebab kegagalan dalam mencapai kinerja yang dialami.

Perbaikan 

Pada tahap ini, kegiatan Foreman selanjutnya adalah terus memperbaiki dan meningkatkan prestasi kerjanya sehingga dapat mencapai hasil yang lebih baik lagi di masa mendatang. Tingkat peningkatan yang terkait dengan tanggung jawabnya adalah:

  • Menemukan solusi terbaik untuk mengatasi kendala yang dihadapi. 
  • Mempertahankan dan meningkatkan proses agar menjadi lebih baik lagi. 

Pembimbing

Foreman berkewajiban memberikan petunjuk, bimbingan dan nasihat kepada bawahannya. Kegiatan ini meliputi:

  • Mengoptimalkan tenaga kerja untuk perbaikan. 
  • Memberikan bimbingan dan nasehat.

Kerja Sama

Salah satu kegiatan foreman adalah menciptakan iklim kerja sama dan gotong royong dalam hubungan kekeluargaan dengan karyawan. Kegiatan ini dimaksudkan untuk menggiring foreman ke arah yang lebih baik.

Dalam kegiatan ini, Foreman menjadi pemimpin tim dan menciptakan kolaborasi kolaboratif untuk mencapai kesuksesan tim.

Gaji Seorang Foreman di Indonesia

More Coverage:

Selain penjelasan di atas jadi berapa rata-rata gaji foreman di Indonesia, sih? Yakni sekitar Rp 4.124.078/bulan. Belum lagi uang lembur.

Tertarik? Tunggu sebentar! Jika kamu berminat untuk menjadi seorang foreman maka kamu memerlukan kemampuan seorang leader untuk menggerakkan pekerjaan dan mengelolanya dalam skala yang lebih besar.

Setiap akan mengambil langkah-langkah untuk memecahkan ruang lingkup masalah pekerjaan. Di sini, kita tidak hanya harus lebih percaya diri dan dewasa, tetapi kita juga harus tepat dan tanggap ketika terjadi kesalahan pada mesin produksi atau ketika ada masalah internal antar manusia.

Itulah penjelasan tentang foreman. Semoga artikel ini dapat membantumu mengenal  lebih dalam pekerjaan ini dan dapat bermanfaat untuk kehidupan pekerjaanmu.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again