1. DScovery

12 Ide Usaha Jasa Kreatif Terlaris Modal Kecil

Ingin membuka usaha jasa untuk mengisi waktu kamu? Berikut ini adalah ide usaha jasa kreatif yang dapat kamu lakukan sebagai sumber cuan terlaris.

Usaha jasa merupakan salah pilihan usaha yang banyak diminati oleh masyarakat. Sektor usaha dipertimbangkan sebagai sektor bidang usaha yang cukup mudah untuk dieksekusi sebagai sumber cuan. Hal tersebut terjadi karena modal paling esensial dari usaha jasa adalah keterampilan atau skill yang ditawarkan oleh pebisnis. 

Perkembangan industri digital dewasa ini memungkinkan aspek pemasaran bisnis usaha jasa menjadi semakin mudah dan dapat menjangkau banyak kalangan. Usaha jasa pun banyak yang tidak memerlukan modal yang tinggi, karena kembali lagi, usaha jasa lebih menawarkan keterampilan yang dimiliki oleh pengusaha. 

12 Ide Usaha Jasa Kreatif Modal Kecil

Ingin membuka usaha jasa untuk mengisi waktu kamu? Berikut ini adalah ide usaha jasa kreatif yang dapat kamu lakukan sebagai sumber cuan terlaris dengan modal kecil. 

Jasa Pembuatan Desain atau Edit Foto

Ilustrasi jasa pembuat desain sebagai ide usaha jasa kreatif | Pexels

Jika kamu memiliki keterampilan dalam menggunakan aplikasi maupun software layaknya CorelDRAW, Adobe Illustrator dan Adobe Photoshop, mungkin ide usaha jasa desain dan edit foto akan cocok untuk kamu. Permintaan masyarakat maupun perusahaan akan keterampilan desain sepertinya tidak akan lekang oleh waktu. Perusahaan banyak membutuhkan posisi desain grafis baik untuk pekerjaan full-time, freelance, maupun part-time.

Hal ini terjadi karena keterampilan membuat desain adalah suatu hal yang sangat teknis serta membutuhkan sentuhan artistik yang tinggi. Ketika kamu ingin membuat usaha jasa pembuatan desain, pastikan untuk mencantumkan jumlah maksimal revisi maupun ketentuan pembayaran dengan jelas. Revisi yang terlalu banyak oleh klien dapat membuat kamu kesulitan untuk mengelola waktu terlebih jika terdapat banyak antrian order.

Untuk itu, suatu ketentuan cara pemesanan desain atau request akan sangat membantu kamu dalam membangun usaha jasa desain kreatif yang menguntungkan.

Jasa Titip

Ilustrasi jasa titip sebagai ide usaha jasa kreatif | Pexels

Usaha jasa titip atau yang seringkali disebut jastip merupakan ide usaha jasa lainnya yang mungkin dapat kamu pertimbangkan sebagai pilihan usaha kamu. Suatu produk dari perusahaan terkadang hanya khusus tersedia di toko tertentu saja. Padahal, banyak permintaan dari luar daerah yang bermunculan. 

Permasalahan ini dapat menjadi suatu peluang bagi mereka yang mampu melihat kesempatan bisnis sehingga muncul jasa titip. Dengan membuka jasa titip, kamu dapat memenuhi permintaan banyak orang dengan penghasilan berasal dari fee yang kamu kenakan pada pembeli. Contoh ide usaha jasa ini adalah beberapa waktu lalu Togamas Solo memberikan diskon buku besar-besaran (sebelum cabang Togamas tersebut tutup).

Pembelian buku dengan diskon hanya dapat dilakukan dengan pembelian langsung di toko. Beberapa pihak mulai membuka jasa titip dengan memberikan keterangan biaya jasa titip dan ongkos kirim kepada konsumen.

Usaha Jasa Ilustrasi

Ilustrasi jasa pembuat ilustrasi sebagai ide usaha jasa kreatif | Pexels

Permintaan masyarakat akan karya seni dengan berbagai macam pilihan pose dan media gambar saat ini sangat banyak loh. Gaya gambar realistik, kartun, anime, dan lainnya pasti memiliki pasar atau market-nya sendiri.

Pada misalnya ada seseorang yang melakukan pemesanan ilustrasi untuk kawannya yang sedang merayakan wisuda. Usaha jasa ilustrasi akan sangat layak dicoba apabila kamu memiliki keterampilan dalam hal menggambar.

Perlu diingat bahwa kamu juga perlu untuk membuat daftar harga dan keterangan hal-hal yang dapat kamu gambar. Pada misalnya kamu memberi harga yang berbeda untuk gambar kepala saja (headshot), bagian kepala sampai dengan dada (bust up), atau hingga seluruh badan (full body). Kemudian kamu juga dapat mempertimbangkan menambahkan biaya untuk background gambar.

Jangan lupa juga untuk menambahkan detail pembayaran dan jumlah maksimal revisi untuk mempermudah komunikasi dengan konsumen. Selain itu, portofolio karya yang bagus akan menarik semakin banyak calon pelanggan kamu, jadi pajang karya-karya terbaik kamu ya!

Jasa Menulis

Ilustrasi jasa menulis sebagai ide usaha jasa kreatif | Pexels

Kegiatan bisnis di bidang jasa menulis juga saat ini banyak sekali dibutuhkan loh. Usaha jasa menulis baik itu tulisan formal seperti artikel maupun tulisan kreatif seperti fanfiksi dapat menjadi sumber cuan yang menjanjikan.

Untuk membuka jasa menulis ini kamu mungkin perlu untuk membuat daftar harga mengenai biaya yang perlu dibayarkan konsumen untuk jumlah kata tertentu.

Kamu juga dapat mencantumkan genre apa saja yang dapat kamu lakukan atau tidak dapat kamu eksekusi. Untuk memulai usaha jasa di bidang kreatif, portofolio itu adalah salah satu hal yang paling penting dalam menarik pelanggan. Oleh karena itu, bagus sekali apabila kamu menyediakan portofolio hasil karya kamu untuk dapat diakses oleh calon pembeli.

Jasa Penerjemah

Ilustrasi jasa penerjemah sebagai ide usaha jasa kreatif | Pexels

Kegiatan usaha di bidang jasa penerjemah juga dapat menjadi alternatif pilihan bagi kamu yang memiliki keahlian dalam berbagai bahasa. Dewasa ini, jasa terjemahan tidak hanya dibutuhkan untuk kebutuhan formal saja. Dengan adanya globalisasi dan internet, masyarakat menjadi lebih mudah dalam menikmati konten hiburan dari luar negeri.

Jasa penerjemah akan memiliki banyak potensi untuk mengerjakan berbagai permintaan akan media hiburan seperti novel, komik, album musik, dan lain sebagainya. Untuk mengembangkan usaha terjemahan ini, kamu mungkin akan memerlukan testimoni serta ketentuan pembayaran jasa kamu.

Usaha Jasa Fotografi dan Videografi

Ilustrasi jasa fotografi dan videografi sebagai ide usaha jasa kreatif | Pexels

Kegiatan bisnis jasa fotografi dan videografi adalah salah satu usaha jasa yang potensial bagi kamu yang memiliki kamera serta komputer atau laptop yang mendukung. Kamu mungkin akan memerlukan modal yang cukup besar untuk mendapatkan device yang mendukung kegiatan editing kamu.

Akan tetapi, apabila kamu telah memiliki peralatan ini dan memiliki hobi atau keahlian dalam dunia fotografi maupun videografi, usaha jasa ini layak untuk dicoba.

Usaha jasa foto akan sangat dibutuhkan dalam waktu tertentu pada misalnya di saat momen upacara wisuda, resepsi pernikahan, reuni, dan lain sebagainya. Pengusaha jasa dapat memberikan penawaran bertepatan dengan momen tertentu tersebut agar pembeli lebih tertarik dengan jasa potret yang ditawarkan. Pada misalnya terdapat paket buku album atau paket sekalian dengan jasa edit video.

Jasa Potong Rambut

Ilustrasi jasa potong rambut sebagai ide usaha jasa kreatif | Pexels

Usaha potong rambut dapat menjadi ide usaha jasa kreatif yang mungkin dapat kamu kembangkan berikutnya. Permintaan masyarakat akan gaya rambut yang kekinian rasanya semakin marak dapat kita temui. Pada misalnya, potongan wolf cut yang sempat menjadi hal viral beberapa waktu lalu.

Walaupun gaya rambut tersebut dikatakan dapat dilakukan dengan mandiri, banyak dari calon konsumen yang mungkin merasa takut dapat merusak tatanan rambutnya. Nah, tugas kamu jika kamu tertarik untuk merintis usaha ini adalah untuk selalu melakukan update diri. Pengusaha perlu untuk mengetahui gaya rambut kekinian mana yang sedang digemari masyarakat dewasa ini agar tidak tertinggal dengan pesaing.

Jasa Les Privat

Ilustrasi jasa guru privat sebagai ide usaha jasa kreatif | Pexels

Kebutuhan akan guru tutor sepertinya akan selalu ada. Orang tua hampir selalu akan memberikan dukungan bagi anaknya untuk dapat berprestasi dalam dunia akademik. Hal ini adalah salah satu kesempatan bagi kamu, jika kamu tertarik untuk mengembangkan usaha jasa dengan menawarkan diri sebagai guru les.

Saat ini pun, kelas atau pembelajaran dapat dilakukan secara online. Dengan begitu, kamu tidak perlu repot dalam hal mobilitas maupun lokasi pembelajaran kamu.

Usaha Jasa Mural

Ilustrasi jasa pembuatan mural sebagai ide usaha jasa kreatif | Pexels

Jasa mural –lukisan di dinding– merupakan ide usaha jasa unik yang mungkin dapat kamu geluti. Klien dari usaha ini mungkin menginginkan sentuhan menarik bagi dinding kantor, coffeeshop, kamar, maupun ruangan lainnya. Modal yang diperlukan dalam usaha jasa ini tentunya adalah cat dan kuas. Walaupun begitu, peralatan seperti cat serta kuas bisa saja sudah disediakan oleh klien atau mungkin biayanya diganti oleh konsumen.

Bisnis Jasa Pembuatan Website

Ilustrasi jasa pembuatan website sebagai ide usaha jasa kreatif | Pexels

Pembuatan maupun proses desain website mungkin merupakan suatu hal yang sangat awam dilakukan bagi seseorang yang belum pernah menyentuh coding atau dunia pembuatan website. Padahal, dewasa ini hampir semua perusahaan harus memiliki situs website resmi untuk menambah awareness dari banyak kalangan termasuk calon konsumen. Jika kamu memiliki skill coding dan kemampuan lain dalam membuat website, ide jasa unik ini mungkin dapat menjadi pilihan untuk kamu.

Jasa Rawat Hewan

Ilustrasi jasa perawatan hewan sebagai ide usaha jasa kreatif | Pexels

Pemilik hewan terkadang seringkali kebingungan ke mana mereka dapat menitipkan hewan peliharaan mereka saat sedang bepergian. Permasalahan ini dapat menjadi peluang bisnis bagi kamu yang sedang mencari kesempatan membuka usaha jasa. Jasa rawat hewan atau tempat penitipan hewan dapat menjadi solusi bagi masyarakat yang super sibuk dan khawatir dengan anabul yang kurang terurus.

Beberapa peralatan serta kebutuhan untuk mendukung perawatan hewan seperti bak mandi, shampo khusus dan makanan mungkin akan menjadi catatan untuk keperluan modal kamu. Pun kamu juga perlu untuk selalu amanah dan bertanggung jawab dalam pelayanan jasa ini agar konsumen dapat loyal dan tidak kapok menitipkan peliharaan mereka kembali kepadamu.

Usaha Jasa Pembersihan Rumah

Ilustrasi jasa pembersih rumah sebagai ide usaha jasa kreatif | Pexels

Bisnis yang menawarkan jasa pembersihan rumah saat ini banyak dibutuhkan bagi konsumen yang sekiranya tidak memiliki waktu untuk membersihkan rumah mereka. Usaha jasa membersihkan rumah online pun sekarang semakin banyak tersedia. Contoh layanan jasa pembersih di antaranya adalah Go Clean, Tukang Bersih, KliknClean, serta Seekmi.

Jasa yang ditawarkan oleh layanan jasa ini adalah membersihkan kamar tidur, membersihkan dapur, mencuci piring, menyetrika, dan banyak lagi. Karena persaingan usaha jasa bersih-bersih online saat ini semakin marak, maka pengusaha perlu untuk menawarkan teknik pemasaran yang lebih menarik lagi bagi konsumen.

Nah, itu tadi adalah berbagai ide usaha jasa kreatif terlaris yang layak dicoba jika kamu ingin memulai usaha dalam sektor jasa dan bermodal minim. Jika kamu memiliki keahlian untuk dapat membangun usaha jasa, mungkin itu adalah jalan menuju cuanmu. Semangat dan semoga artikel ini dapat membantu kamu menemukan ide usaha jasa kreatif yang menguntungkan ya!

Sumber gambar header: Pexels

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again