MSME Tutorial

20 Ide Usaha dengan Modal Kecil di Sektor Barang dan Jasa

Ide usaha barang dan jasa dengan modal kecil dan tanpa modal untuk Anda yang terkendala masalah permodalan dalam membuka usaha.

Modal seringkali menjadi kendala bagi orang-orang yang ingin memulai usaha. Jika Anda adalah salah satunya, Anda tidak perlu khawatir. Pada artikel ini akan dipaparkan beberapa ide usaha dengan modal kecil yang bisa Anda jalankan.

Meskipun modal yang dikeluarkan tidak besar, namun ide-ide usaha yang akan dibahas di bawah ini tetap berkesempatan untuk bisa menjadi sebuah usaha yang sukses.

Ide Usaha Modal Kecil

Jika berbicara mengenai modal usaha, apakah ada usaha yang hanya membutuhkan modal sedikit atau bahkan tanpa modal? Jawabannya tentu Anda. Berikut adalah rekomendasi ide usaha tanpa modal dan modal kecil untuk Anda.

Jasa Penulisan

Jika Anda memiliki keahlian menulis, Anda tidak boleh menyia-nyiakannya. Selain dapat membantu Anda mendapatkan pekerjaan full-time, Anda juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan membuka usaha jasa penulisan.

Anda bisa memasarkan usaha jasa tulis Anda di marketplace jasa ataupun media sosial. Tapi, sebelum itu, jangan lupa untuk melakukan validasi ide usaha jasa Anda agar berkesempatan besar untuk sukses.

Reseller

Menjadi reseller merupakan salah satu alternatif usaha yang bisa Anda pilih. Reseller adalah ide usaha dengan menjual kembali produk dari toko lain. Ide usaha ini tergolong ke dalam usaha dengan modal kecil karena tidak perlu memproduksi apapun.

Selain itu, dengan menjadi reseller, Anda bisa menjual beragam produk yang Anda sukai. Anda juga bisa menjual kembali produk-produk yang ada di e-commerce dengan menjadi reseller di Lazada atau reseller Bukalapak.

Dropship

Jika menjadi reseller hanya membuat Anda mengeluarkan modal kecil, berbeda dengan dropship. Dengan menjadi dropship, Anda tidak perlu mengeluarkan modal sama sekali.

Anda hanya perlu memasarkan produk dari toko lain, menerima pembayaran dari pelanggan, dan mengirim pembayaran ke produsen. Kemudian, produsen akan mengirimkan produk langsung ke pelanggan.

Sama seperti reseller, Anda juga bisa melakukan dropship di e-commerce, seperti Shopee dan Tokopedia.

Jual Pulsa dan Paket Data

Menjual pulsa dan paket data adalah rekomendasi usaha dengan modal kecil berikutnya. Saat ini banyak sekali aplikasi distributor pulsa untuk Anda yang tertarik menjual pulsa ataupun paket data.

Selain itu, Anda juga bisa menjualnya tidak hanya kepada pelanggan di lingkungan Anda, melainkan Anda juga bisa menjualnya secara online dengan memasarkannya di media sosial.

Fotografi

Fotografi seringkali dicap sebagai ide usaha yang mahal karena memerlukan kamera. Padahal, usaha jasa fotografi bisa dijalankan tanpa perlu membeli kamera yang mahal. Anda bisa mengandalkan kamera smartphone Anda dan aplikasi editing agar hasilnya tidak kalah bagus dibandingkan menggunakan kamera.

Setelah mendapatkan uang dari usaha jasa fotografi, selanjutnya Anda bisa membeli kamera dan menaikkan level usaha fotografi Anda untuk meraup keuntungan lebih besar.

Affiliate

Ide usaha affiliate kini semakin berkembang. Selain pendaftaran dan sistem kerjanya yang mudah, menjadi seorang affiliate juga merupakan ide usaha yang tidak memerlukan modal. Anda cukup mendaftar pada program affiliate, seperti TikTok Affiliate dan Shopee Affiliate, kemudian promosikan produk yang Anda sukai melalui konten.

Lalu, konten tersebut dapat Anda sebar di berbagai media sosial dengan menyertakan link affiliate produk yang Anda promosikan.

Menjual Produk Daur Ulang

Produk hasil daur ulang terkadang tidak hanya bernilai seni, tetapi juga bernilai jual. Seperti kertas daur ulang, pouch, tas, dan masih banyak lagi.

Untuk Anda yang hobi mendaur ulang barang menjadi suatu barang bernilai jual, Anda sangat beruntung. Anda bisa membuat hobi tersebut sebagai salah satu sumber penghasilan Anda.

Manfaatkan juga media sosial dan e-commerce untuk memasarkan produk Anda sekaligus mengedukasi masyarakat tentang mendaur ulang.

Videografi

Ide usaha modal kecil selanjutnya adalah membuka usaha jasa videografi. Sama seperti halnya fotografi, Anda tidak harus memulainya dengan kamera canggih, melainkan Anda dapat memanfaatkan smartphone Anda.

Anda bisa membuka jasa pembuatan video kelulusan, pertunangan, pre-wedding, dan lainnya. Untuk bisa menarik pelanggan, Anda bisa memanfaatkan platform video pendek seperti TikTok dan IG Reels dengan mengunggah contoh hasil rekaman Anda yang telah dipoles hingga menjadi apik.

Desain Logo

Masih dengan ide usaha jasa lainnya. Kali ini adalah ide usaha untuk Anda yang hobi mendesain. Jasa desain merupakan salah satu jasa yang banyak dicari karena tidak semua orang dapat mendesain, bahkan menggambar.

Dengan kelebihan Anda, Anda bisa membuka usaha jasa desain logo untuk para online shop pemula, komunitas, atau bisnis lain yang ingin re-branding dengan memperbarui logo.

Desain Feed Instagram

Selain membuka usaha jasa desain logo, Anda yang memiliki kemampuan desain yang baik juga bisa membuka jasa desain feed Instagram. Usaha jasa desain yang satu ini banyak dibutuhkan oleh para UMKM yang baru terjun go digital, namun tidak memiliki kemampuan desain untuk mempercantik Instagram bisnisnya.

Jasa Edit Foto atau Video

Usaha jasa memang merupakan salah satu ide usaha terbaik yang bisa Anda jalankan tanpa mengeluarkan modal. Salah satunya adalah usaha jasa edit foto dan video. Mengedit foto juga merupakan kemampuan yang tidak dikuasai semua orang.

Jadi, Anda bisa menawarkan jasa edit foto dan video sederhana hingga edit foto dan video dengan kerumitan kompleks sesuai dengan kemampuan Anda.

Tapi, jika Anda saat ini hanya menguasai editing sederhana, pastikan Anda dapat terus mengasah kemampuan agar bisa menjangkau pelanggan potensial yang lebih banyak.

Jual Barang Preloved (Thrifting)

Jika Anda memiliki banyak baju atau barang tak terpakai yang masih dalam kondisi baik, Anda bisa mengubahnya menjadi uang yang bisa menambah pemasukan Anda. Saat ini banyak sekali platform yang bisa Anda gunakan untuk menjual barang preloved, salah satunya marketplace Facebook.

Selain menjual barang bekas pakai pribadi, saat ini juga terdapat banyak paket penjualan pakaian preloved murah yang bisa Anda beli secara online maupun offline untuk membuka usaha thrifting Anda. Usaha thrifting adalah usaha dimana Anda menjual barang bekas pakai yang masih layak.

Kursus Online

Kursus online menjadi salah satu ide usaha dengan modal kecil dibandingkan jika Anda membuka kursus offline karena Anda tidak perlu menyewa tempat. Selain tentunya ilmu, Anda hanya perlu menyediakan perangkat laptop atau smartphone dan juga internet untuk bisa melangsungkan kegiatan kursus.

Untuk bisa memasang harga lebih tinggi, Anda juga dapat membuka kursus privat online.

Agen PPOB

PPOB atau Payment Point Online Banking merupakan layanan pembayaran tagihan yang terkoneksi secara real time dengan perbankan. Sebagai agen PPOB, Anda bisa menawarkan pelayanan pembayaran tagihan listrik, tagihan kartu pascabayar, tagihan air, dan masih banyak lagi.

Selain modal yang dikeluarkan tidak banyak, menjadi agen PPOB kini juga sangat mudah karena telah banyak aplikasi yang menyediakan layanan ini dan menawarkan keuntungan yang tidak kecil.

Penyewaan Barang

Ingin membuka usaha tanpa mengeluarkan modal dan memanfaatkan barang-barang yang Anda miliki? Anda bisa membuka usaha penyewaan barang. Barang yang bisa Anda sewakan di antaranya adalah kendaraan, kamera, perlengkapan camping, dan lain-lain.

Karena keterbatasan unit, Anda bisa menyewakannya kepada lingkungan sekitar Anda sebagai permulaan. Setelah mendapatkan hasil dari penyewaan barang pribadi Anda, Anda bisa menambah unit untuk mendapatkan pendapatan lebih.

Jasa Pengiriman

Semakin banyaknya pelaku bisnis online, maka usaha jasa pengiriman juga semakin dibutuhkan. Anda bisa memanfaatkan momen ini dengan membuka layanan jasa pengiriman.

Beberapa usaha agen pengiriman, seperti Wahana Express dan Lion Parcel memberikan modal awal yang tidak terlalu mahal. Namun, Anda juga bisa menggunakan aplikasi seperti Mitra Bukalapak dengan layanan pengiriman BukaSend yang tidak mengharuskan Anda untuk mendaftar agen resmi jasa pengiriman.

Usaha Custom Pakaian Pre-Order

Membuka usaha pakaian secara umum memang membutuhkan modal yang cukup besar. Tapi, ada alternatif bagi Anda yang ingin menjual pakaian custom, yakni dengan sistem pre-order dimana pelanggan perlu membayar terlebih dahulu pesanan, lalu Anda bisa menggunakan pembayaran tersebut sebagai modal untuk memproses pesanan.

Dengan begitu, tidak hanya kecil, Anda bahkan tidak perlu mengeluarkan uang apapun untuk modal pembuatan pakaian custom tersebut.

Jasa Titip (Jastip)

Jastip atau singkatan dari jasa titip adalah sebuah ide usaha jasa dimana Anda membantu pelanggan yang ingin membeli barang di suatu tempat tanpa pergi ke tempat tersebut.

Misalnya Anda membuka jasa titip untuk mereka yang ingin membeli suatu barang yang hanya ada di Bali karena Anda hendak atau sedang di Bali.

Biasanya, untuk ide usaha jasa titip ini Anda bisa mengenakan biaya jasa per barang titipan sebagai keuntungan Anda.

Usaha Minuman

Membuka usaha minuman merupakan ide usaha yang juga menarik untuk dijalankan. Mengapa? Pasalnya saat ini usaha minuman, terutama kopi, menjadi usaha yang tengah naik daun.

Anda bisa ikut serta menjual jenis minuman kopi kecil-kecilan atau jenis minuman lain yang lebih unik agar siapa tahu dapat menjadi viral.

Jika tidak ingin repot membangun brand dari awal, Anda juga bisa membuka usaha minuman franchise yang umumnya menguras biaya tidak terlalu mahal jika dibandingkan franchise produk lainnya.

Menjual Makanan Ringan

Ide usaha terakhir yang tidak menguras modal terlalu banyak adalah menjual makanan ringan. Makanan ringan adalah salah satu produk yang dapat dinikmati oleh berbagai kalangan usia, sehingga target pasar yang bisa Anda jangkau cukup luas.

Kemudian, perihal modal umumnya membuka usaha makanan ringan tidak perlu mengeluarkan modal cukup banyak karena bahan-bahan pembuatannya yang mudah dan murah.

Demikian 20 rekomendasi ide usaha modal kecil dan tanpa modal untuk Anda yang ingin membangun usaha namun terkendala modal.

Dengan kumpulan ide usaha di atas, mulai dari barang dan jasa, diharapkan Anda tidak lagi ragu untuk memulai membuka usaha Anda sendiri. Semoga berhasil!

Header byPixabay.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter