1. DScovery

Influencer: Pengertian, Jenis, dan Tips Menjadi Influencer

Apakah atau siapakah itu influencer? Sederhananya, influencer adalah orang yang bisa mempengaruhi orang lain. 

Seiring bertambahnya jumlah pengguna internet dan konten di setiap platform media sosial, istilah influencer semakin sering muncul. Apa atau siapa influencer? Sederhananya, influencer adalah orang yang bisa mempengaruhi orang lain.

Orang terdekat yang bisa diceritakan oleh seorang influencer adalah anggota keluarganya sendiri. Mereka dapat dan menawarkan informasi tentang produk atau jasa kepada rumah tangga. Anggota keluarga memberikan informasi karena telah mendapatkan informasi dari orang lain atau merasakan manfaat dari produk yang dimaksud. Influencer marketing semakin dibutuhkan di perusahaan untuk meningkatkan engagement.

Apa Itu Influencer?

Influencer saat ini menjadi istilah yang tidak asing lagi bagi masyarakat umum, khususnya di dunia digital. Influencer adalah orang yang memiliki followers atau pengikut dalam jumlah besar dan memiliki dampak yang besar bagi publik.

Digital influence adalah kemampuan untuk memengaruhi, mengubah pendapat, dan perilaku secara online. Sederhananya, influencer adalah mereka yang memberikan pengaruh di media sosial, seperti Vera Selvina dkk. Kutipan dari "Buku Teks E-Commerce".

Dalam pemasaran, salah satu strategi pemasaran adalah influencer, yang berperan untuk memberikan pengaruh dengan karakter influencer itu sendiri, mengubah opini dan mengubah perilaku audiensnya secara online.

Dengan memenuhi tugasnya, influencer biasanya menerima promosi yang disetujui. Advokasi atau endorsement adalah promosi atau iklan yang dilakukan oleh figur publik, termasuk influencer.

Manfaat influencer dalam bisnis meningkatkan kesadaran merek dan penjualan sejalan dengan tujuan yang ditetapkan oleh perusahaan yang mengajaknya kerja sama.

Jenis Influencer

A. Jenis Influencer Berdasarkan Jumlah Followers

• Influencer Mikro

Influencer Mikro adalah seseorang yang memiliki sekitar 10.000 followers. Influencer mikro digunakan secara efektif untuk mempromosikan produk.

Kekuatan influencer mikro adalah keterlibatan mereka dengan pengikut mereka. Dengan memahami pengikutnya, influencer mikro mampu membuat konten yang lebih relevan dengan pengikutnya.

• Influencer Makro

Influencer Makro adalah influencer dengan lebih dari 100.000 followers. Umumnya influencer makro adalah orang-orang yang dikenal luas, meski tidak setenar selebritis.

Dengan jumlah followers yang banyak, influencer makro memiliki kemungkinan untuk mempromosikan produk ke lebih banyak orang. Selain itu, penggunaan influencer makro bisa membuat produk atau brand terlihat eksklusif.

• Influencer Premium

Influencer Premium adalah influencer terbaik dengan followers terbanyak. Influencer premium adalah influencer dengan jutaan pengikut. Persentase pembelian produk melalui rekomendasi dari top influencer mungkin tidak setinggi influencer lainnya, namun tetap menjanjikan. Karena jangkauan postingan dari influencer premium sangat besar.

B. Jenis Influencer Berdasarkan Media yang Digunakan

Selebgram

Selebgram atau selebritis Instagram adalah publik figur yang menggunakan media sosial Instagram sebagai alat untuk mempromosikan produk. Selebgrams menggunakan popularitasnya untuk menjalankan iklan dalam kemitraan dengan merek perusahaan. Contoh Selebgram di Indonesia adalah Rachel Venya, Awkarin, Fadil Jaidi dan masih banyak lagi.

YouTuber

Pengguna YouTube adalah orang yang mengunggah video dengan informasi, termasuk informasi produk, untuk pengguna YouTube. Peran youtuber cukup besar, karena lebih dari 90% pengguna internet mempelajari produk baru melalui youtube. Bermitra dengan YouTuber yang memiliki followers banyak tentu bisa membawa produknya menjadi perhatian penonton. Contoh pengguna YouTube di Indonesia adalah Atta Halilintar, Deddy Corbuzier, Ria Ricis dan masih banyak lagi lainnya.

Blogger

Seorang blogger adalah seseorang yang memiliki dan memelihara sebuah blog. Beberapa blog digunakan untuk membuat ulasan produk dengan ulasan berbeda. Ketika seorang blogger merekomendasikan suatu produk, itu menarik pembaca untuk mencoba produk tersebut. Contoh blogger di Indonesia adalah Sonia Eryka dan Julia Marius (anakjajan.com).

Tips Menjadi Influencer

1. Temukan hal-hal menarik

Ini tips pertama untuk kamu. Untuk menjadi influencer, temukan sesuatu yang benar-benar kamu sukai dan ketahui. Kamu dapat membaginya dengan orang lain. Jika orang lain membuat konten yang berbeda dari kamu dan menjadi sukses, bukan berarti kamu harus seperti mereka. Buat konten kamu sendiri. Lakukan riset sebanyak mungkin sebelum membuat keputusan.

2. Gunakan akun yang ada

Tidak perlu membuat akun baru dan memulai kembali. Karena tidak mudah menemukan dan membangun pengikut. Bersihkan akun media sosial kamu dengan mudah dengan menghapus konten dari postingan lama yang tidak sesuai dengan konsep dan desain konten yang sudah kamu siapkan.

3. Gunakan profil perusahaan dan blog pribadi

More Coverage:

Buka pengaturan Instagram dan ubah akun kamu menjadi "Profil Bisnis" secara gratis. Dengan akun bisnis ini, kamu dapat melihat data keterlibatan yang kamu miliki secara total atau per pesan yang kamu kirim. Kamu dapat melihat informasi sesuai kebutuhan, termasuk jam operasi yang disarankan untuk kiriman foto terbaru. Sekarang peran Instagram tambahan dapat digunakan untuk meningkatkan keterlibatan.

Jangan lupa untuk membuat blog atau website dengan nama akun kamu. Karena kamu tidak pernah tahu sampai kapan media sosial bisa bertahan dan eksis di dunia maya. Blog atau website ibarat rumah yang tidak perlu kamu khawatirkan saat media sosial lainnya (yang bisa diibaratkan pusat perbelanjaan) tutup.

4. Bekerja sama dengan brand

Jika kamu memiliki lebih dari 1000 pengikut media sosial, jadilah nano influencer. Kamu bisa mencoba mencari merek atau perusahaan yang membutuhkan jasa kamu. Cocokkan persyaratan brand kamu dengan tema akun kamu. Jelajahi brand yang kamu cari dan cari tahu siapa departemen pemasarannya. Perkenalkan diri kamu dan katakan kamu ingin membuat konten yang memamerkan produk kamu sebagai sponsor. Secara bertahap, saat kamu mengunggah lebih banyak pesan, karakter lain akan muncul secara alami.

Demikianlah penjelasan mengenai influencer dari pengertian hingga tips menjadi influencer. Semoga bermanfaat!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again