1. DScovery

Interpreter: Pengertian, Tugas dan Skill yang Dibutuhkan

Interpreter tidak hanya bertugas untuk menerjemahkan, tetapi juga menginterpretasikan ucapan seseorang dengan baik.

Tahukah, kamu? Interpreter merupakan seseorang yang memiliki kemampuan untuk menerjemahkan bahasa asing ke dalam bahasa yang lebih mudah dimengerti oleh orang lain.

Tujuannya, untuk membantu orang untuk saling berkomunikasi dan memahami satu sama lain, terutama dalam suatu acara yang melibatkan pembicara asing. Tanpa interpreter, kesalahpahaman bisa terjadi dan informasi dapat terputus.

Lantas, apa saja tugas dan skill yang dibutuhkan oleh seorang interpreter?

Pengertian Interpreter

Interpreter adalah seseorang yang melakukan penerjemahan secara lisan. Seorang interpreter biasanya akan melakukan interpretasi penerjemahan secara runtut agar dapat dipahami oleh audiensnya.

Meski memiliki tugas yang sama, sebenarnya interpreter memiliki perbedaan dengan translator. Seorang translator merupakan penerjemah dalam berbentuk tulisan, sehingga sifat penerjemahannya hanya dalam satu arah saja.

Sementara interpreter bertugas untuk menerjemahkan secara dua arah, misalnya dari bahasa asing ke bahasa Indonesia dan sebaliknya. Oleh sebab itu, interpreter biasanya ditugaskan pada acara, seperti talkshow maupun seminar.

Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Interpreter

1. Menerjemahkan Tanpa Mengubah Makna

Tugas utama seorang interpreter adalah menerjemahkan ucapan seseorang dari bahasa asing atau sebaliknya tanpa mengubah maknanya. Meski interpreter bertugas untuk melakukan terjemahan yang tidak seratus persen sama persis dengan aslinya menggunakan interpretasi, namun mereka tetap harus memerhatkan maknanya.

2. Memahami Karakter Pembicara

Selain melakukan penerjemahan, seorang interpreter juga harus pandai dalam memahami karakter pembicara. Pasalnya, mereka juga harus dapat menyesuaikan diri dengan gaya humor dan cara bicaranya.

3. Melakukan Riset Acara

Seorang interpreter juga harus melakukan riset terlebih dahulu tentang acaranya. Sebab, hal ini sangat berkaitan dengan tradisi dan suasana dari acara yang dibawa olehnya

Skill yang Dibutuhkan oleh Seorang Interpreter

Untuk menjadi seorang interpreter, pastikan kamu sudah menguasai beberapa skill berikut.

1. Bahasa Asing

Skill utama yang harus dikuasai oleh seorang interpreter adalah kemampuan dalam menguasai bahasa asing. Dalam hal ini, kamu tidak hanya dituntut untuk dapat mengerti saja, tetapi juga harus dapat menyampaikannya kembali dengan baik.

2. Komunikasi Verbal

Seorang interpreter harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Pasalnya, interpreter bertugas untuk menyampaikan hal-hal yang dikatakan pembicara agar dapat dimengerti oleh audiensnya secara runtut dan jelas.

3. Mendengarkan

Selain skill komunikasi, seorang interpreter juga harus dapat mendengarkan secara jeli mengenai apa yang disampaikan oleh pembicara. Hal ini dikarenakan pembicara terkadang memiliki logat yang cukup sulit untuk dimengerti artinya.

4. Berpikir Cepat

Skill terakhir yang harus dimiliki oleh seorang interpreter adalah kemampuan berpikir cepat. Sebab, mereka harus cepat dalam mengolah terjemahan dari apa yang disampaikan lalu menginterpretasikannya tanpa menghilangkan maknanya.

Nah, itulah penjelasan mengenai interpreter yang telah dirangkum oleh Daily Social. Jadi, apakah kamu tertarik bekerja di bidang ini?

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again