1. DScovery

Kegiatan Ekonomi: Pengertian, Tujuan, Dan Jenisnya

Untuk memenuhi berbagai kebutuhannya manusia perlu melakukan kegiatan berdasarkan prinsip ekonomi yang disebut kegiatan ekonomi

Dalam kehidupan manusia sejak zaman dahulu tidak pernah lepas dari kehidupan ekonomi. meskipun kegiatan ekonomi be;um di teorikan dan masih sebatas tukar meukar barang, namun secara naluriah kehidupan ekonomi melekat dengan diri manusia dan masyarakatnya. karena dimana ada masyarakat disitu juga ada kegiatan ekonomi.

Yang melakukan kegiatan ekonomi adalah pelaku ekonomi itu sendiri. Manusia memiliki banyak kebutuhan setiap harinya. Dari saat ia bangun hingga ia kembali tidur di malam hari, semua kebutuhan ini tidak dapat dipisahkan darinya.

Pengertian Kegiatan Ekonomi

Kegiatan ekonomi adalah kegiatan yang memenuhi kebutuhan manusia. Ekonomi manusia terdiri dari tiga kegiatan berkelanjutan: produksi, distribusi, dan konsumsi.

Kebutuhan ekonomi tersebut meliputi sandang, pangan, papan, kesehatan, pendidikan dan informasi. Semua kebutuhan ini diperlukan agar manusia dapat terjamin kemakmuran, kebahagiaan dan kesejahteraannya. Untuk memenuhi semua kebutuhan tersebut perlu dilakukan kegiatan berdasarkan prinsip ekonomi yang disebut kegiatan ekonomi.

Pengertian lain dari kegiatan ekonomi adalah tindakan atau perilaku manusia yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan hidup berdasarkan prinsip ekonomi. Hampir semua aktivitas manusia berkaitan dengan aktivitas ekonomi.

Tujuan Kegiatan Ekonomi

Mungkin, melihat definisi pada bagian sebelumnya, kita dapat melihat bahwa tujuan kegiatan ekonomi masyarakat adalah untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Namun, selain dari tujuan utama tersebut, tentu saja ada tujuan lain yang harus dicapai oleh seseorang atau badan hukum ketika melakukan kegiatan ekonomi.

Memperoleh keuntungan atau kekayaan

Bukan rahasia lagi bahwa setiap orang perlu sehat secara finansial untuk memenuhi kebutuhan mereka saat ini dan masa depan. Terlibat dalam kegiatan ekonomi adalah cara bagi orang untuk mendapatkan uang, keuntungan, atau kemakmuran dan menjadi sehat secara finansial.

Memanfaatkan sumber daya

Kedua, tujuan kegiatan ekonomi rakyat adalah memanfaatkan sumber daya. Sumber daya terkait seperti tanah, produk pertanian, dan kendaraan. Kegiatan ekonomi menambah nilai atau nilai pada sumber daya ini.

Aktualisasi diri

Kegiataan ekonomi juga kadang berkaitan dengan perolehan yang tidak bersifat materi, misalnya seseorang bekerja dalam rangka memanfaatkan intelektualitasnya atau sebagai bentuk aktualisasi diri.

Jenis Kegiatan Ekonomi

Para pelaku kegiatan ekonomi ada lima bagian yaitu rumah tangga, masyarakat, perusahaan, koperasi, dan negara.

Di antara kelima bagian pelaku ekonomi tersebut, ada yang melakukan peran sebagai produsen, distributor, dan konsumen.

Produksi

Produksi adalah kegiatan menghasilkan barang atau jasa. Kegiatan utama dalam perekonomian manufaktur dilakukan oleh produsen untuk memproduksi barang guna memenuhi kebutuhan konsumen. Tujuan produksi adalah untuk memenuhi kebutuhan pembeli dan konsumen serta memperoleh keuntungan dalam produksi barang dan jasa.

Contoh kegiatan manufaktur meliputi pabrik tahu yang memproduksi tahu, pengrajin celup yang memproduksi celup, dan industri pakaian yang memproduksi pakaian.

Distribusi

Setelah kegiatan produksi kemudian ada kegiatan penjualan. Distribusi adalah kegiatan menyalurkan barang dan jasa dari produsen ke konsumen. Orang yang melakukan distribusi disebut distributor. Tugas utama kegiatan distribusi adalah membeli barang dari produsen dan menjualnya kepada konsumen.

Distributor sendiri dibagi menjadi tiga jenis: grosir, distributor mikro (pengecer) dan perantara. Pedagang grosir membeli dan menjual barang dalam jumlah besar, dan pengecer membeli barang dari pedagang grosir dan menjualnya ke konsumen.

Perantara, di sisi lain, hanya menengahi kegiatan ekonomi antara produsen dan konsumen. Contoh kegiatan distribusi adalah grosir makanan yang menjual produk dari produsen ke masyarakat umum (konsumen).

Konsumsi

Manusia melakukan aktivitas konsumsi sehari-hari untuk memuaskan keinginannya. Kegiatan konsumsi adalah kegiatan ekonomi yang secara bertahap menghabiskan nilai guna barang dan jasa secara cepat.

Aktivitas konsumsi dapat terjadi ketika produsen menjual barang dan jasa secara langsung kepada konsumen. Aktivitas konsumsi juga dapat terjadi ketika konsumen membeli barang dan jasa dari pedagang.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menjumpai aktivitas konsumsi sendiri. Misalnya, anak sekolah membeli alat tulis di toko buku, anak muda membeli produk yang berhubungan dengan Internet dari lembaga keuangan, dan perusahaan mobil membeli bahan baku untuk produksi.

Itulah informasi mengenai kegiatan ekonomi yang semoga menambah wawasanmu!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again