1. DScovery

Makalah: Pengertian, Cara Membuat, Struktur dan Contohnya

Sebuah makalah biasanya menunjukkan ciri-ciri, yaitu hasil tinjauan literatur atau laporan tentang pelaksanaan suatu kegiatan

Membuat makalah meskipun sederhana jelas merupakan tugas yang bisa dikatakan sulit. Biasanya makalah dibuat dengan aturan tertentu berdasarkan teori atau penelitian di lapangan.

Singkatnya, makalah adalah penggalan atau bentuk karya tulis untuk memaparkan masalah akademik.

Di bawah ini DailySocial.id telah merangkum informasi lengkap tentang koran-koran yang bagus dan otentik untuk Anda gunakan sebagai referensi.

Definisi Makalah

Definisi makalah atau definisi KBBI dapat diartikan dalam dua cara. Pertama, makalah adalah tulisan formal tentang suatu topik, dimaksudkan untuk dibaca secara umum pada pertemuan, dan sering kali disiapkan untuk diterbitkan.

Kedua, laporan diartikan sebagai karya tulis siswa sebagai laporan hasil penyelesaian tugas sekolah atau universitas.

Makalah memiliki sistematika yang terbagi menjadi empat bagian yaitu pendahuluan, kajian literatur, pembahasan dan kesimpulan atau kesimpulan. Selain itu, makalah merupakan salah satu syarat untuk menyelesaikan suatu program studi atau pelatihan.

Sebuah makalah biasanya menunjukkan ciri-ciri, yaitu hasil tinjauan literatur atau laporan tentang pelaksanaan suatu kegiatan, pemahaman tentang topik teoretis yang dieksplorasi dalam penelitian, kemampuan untuk memahami konten dari berbagai sumber dan mengilustrasikan sumber yang berbeda, menunjukkan. informasi kertas menjadi satu kesatuan.

Struktur Makalah

Struktur makalah terdiri dari cover, kata pengantar, daftar isi, pendahuluan, pembahasan, penutup, dan daftar pustaka. Penjelasan struktur makalah yakni sebagai berikut:

Cover

Cover merupakan halaman depan atau muka dari suatu makalah. Dimana cover makalh berisi mengenai informasi penting. Biasanya contoh cover makalah yaitu berisi nama penulis yang ditulis secara lengkap, logo institusi atau lembaga, tempat dan juga tahun terbit.

  • Judul makalah.
  • Nama penulis disertai NIM.
  • Nama dosen pengampu.
  • Logo kampus.
  • Nama jurusan.
  • Nama fakultas.
  • Nama universitas
  • Tahun dan tempat

Kata Pengantar

Kata pengantar ditemukan tidak hanya dalam struktur makalah, tetapi di hampir semua tulisan ilmiah. Kata pengantar ini merupakan sapaan awal penulis kepada pembaca. Kata pengantar ditulis sebelum daftar isi ditulis.

Secara umum, kata pengantar ini ditulis untuk memberikan informasi tentang setiap orang yang berperan dan juga berpartisipasi dalam pembuatan artikel oleh penulis, memuji, menjelaskan struktur utama artikel dan memberikan dasar untuk menguraikan judul dan tujuan-tujuannya untuk dipenuhi .

Di akhir paragraf pengantar, kamu dapat menambahkan harapan dan manfaat dari penulisan makalah kepada pembaca. Kata pengantar ini kemudian diakhiri dengan tanggal pembuatan dan tanda tangan penulis serta nama yang lemah.

Daftar Isi Makalah

Daftar isi karya biasanya berisi nomor halaman dari masing-masing bab dan juga subbagian dari artikel tersebut. Oleh karena itu, daftar isi karya menjadi penting dan harus tersedia. Tugas daftar isi makalah adalah untuk memudahkan pembaca menemukan apa yang mereka baca.

Selain nomor halaman dan judul bab dan subbab, daftar isi majalah juga memuat indeks gambar dan kemungkinan indeks tabel. Daftar isi karya harus disusun dengan baik, lengkap dan benar dengan menyusunnya dari halaman terkecil hingga terbesar.

Jika karya memerlukan lampiran untuk mendukung isi karya, lampiran dapat dimasukkan dalam daftar isi karya, yang dikenal sebagai lampiran.

Bab I Pendahuluan

Di dalam struktur makalah ini adalah bagian pokok dari makalah yang menjelaskan mengenai permasalahan yang akan dibahas. Dimana dalam bab pendahuluan akan dibagi lagi menjadi tiga poin penting yang menjadi subbab yakni latar belakang, rumusan masalah, dan juga tujuan penulisan.

Bab II Pembahasan

Bagian ini juga termasuk dalam struktur artikel, yang merupakan deskripsi tertulis dari masalah utama. Hal ini dikarenakan metode penelitian, tujuan penelitian dan gambaran hasil penelitian yang dicapai dibahas baik secara kualitatif maupun kuantitatif pada Bab II.

Sedangkan untuk tulisan kualitatif, pembahasannya lebih banyak memuat kajian teoritis yang dibahas dengan bahasa sendiri dibandingkan hasil penyalinan dari sumber lain. Data makalah kualitatif diperoleh dari metode wawancara dan metode lain yang mendukung diskusi. Sehingga unik dan berbeda dengan artikel lainnya.

Susunan antara kajian teori dan pembahasan harus lebih banyak pembahasannya daripada teori, dengan perbandingan minimal 1:
2. Jika suatu teori dikutip dalam pembahasan, harus disebutkan sumbernya. Hal ini penting agar informasi yang digali dari kertas itu otentik dan tidak asal-asalan.

Jika datanya bersifat kuantitatif, maka dapat didiskusikan dengan membuat tabel angka sehingga pembaca dapat dengan mudah memahaminya. Kamu juga dapat membuat bagan atau grafik untuk menampilkan peningkatan atau penurunan data untuk variabel tertentu.

Kemudian informasi yang sudah diolah tersebut didiskusikan untuk memecahkan masalah yang muncul. Pembahasan ini memberikan landasan teori, gambaran teori yang dapat mendukung atau membantah penelitian sebelumnya, temuan penelitian, dan jawaban atas masalah penelitian.

Bab III Penutup

Struktur makalah yang terakhir yaitu penutup yang terdiri dari kesimpulan dan saran. Kesimpulan adalah makna yang diberikan penulis dari pembahasan yang sudah dibuatnya. Adapun ciri-ciri kesimpulan dalam makalah yaitu:

  • Berisi makna secara menyeluruh dari isi pembahasan
  • Kesimpulan bukanlah rangkuman dari isi, namun jawaban dari masalah yang dibahas
  • Harus sesuai dengan tujuan dan juga rumusan masalah
  • Bisa menerangkan apakah jawaban dari masalah itu sesuai dengan hipotesis
  • Ditulis dengan singkat dan jelas
  • Dapat ditulis menggunakan format poin-poin

Daftar Pustaka

Daftar pustaka merupakan bagian akhir dari makalah yang berfungsi untuk memberikan informasi tentang sumber-sumber yang menjadi acuan di dalam makalah, terlebih di bagian bab II pembahasan.

Halaman daftar pustaka juga dimasukkan ke dalam daftar isi makalah agar pembaca bisa memahami letaknya. Urutan penulisan daftar pustaka harus berdasarkan alfabetis.

Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar

Nah, buat kamu yang masih bingung bagaimana cara membuat makalah. Berikut ini cara membuat makalah sederhana yang bisa kamu terapkan dalam menyelesaikan tugas.

Penentuan Tema

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan tema yang ingin kamu bahas. Kamu harus terlebih dahulu apa tema yang kamu senangi dan menarik untuk dibahas karena penentuan tema mempengaruhi tingkat keberhasilan dalam membuat makalah dan perkiraan waktu dalam mengerjakan makalahnya ya.

Jadi, sebisa mungkin pilih tema yang kamu paham sehingga akan lebih mudah dalam membahasnya.

Penentuan Judul

Setelah kamu memutuskan topik yang akan dibahas, langkah selanjutnya adalah menentukan judul makalah. Buatlah judul yang menarik, spesifik dan jelas. Tujuannya agar judul dapat mewakili topik pembahasan dalam makalah dan penyusunan makalah hanya terfokus pada topik pembahasan.

Kumpulkan Bahan Referensi

Usahakan kamu mengumpulkan bahan referensi dan menggunakan bahan referensi dari sumber yang jelas. Bahan referensi bisa kamu dapatkan dari berbagai jenis jurnal, buku, artikel di internet.

Khusus, untuk artikel internet pastikan sumber jelas dan bisa dipertangungjawabkan. Hal tersebut penting untuk menjaga kredibilitas tulisan makalahmu.

Baca Referensi Makalah dengan Tema Sejenis

Sebelum kamu mulai menulis, ada baiknya kamu membaca berbagai artikel dari berbagai sumber yang mencakup topik yang sama. Ini dapat berguna untuk memberi kamu gambaran tentang apa itu menulis makalah.

Namun, pastikan untuk membatasi jumlah artikel lain yang kamu baca agar tidak kehilangan fokus pada topik pembahasan artikel tersebut. Secara khusus, jangan menjiplak karya orang lain.

Menulis Isi Makalah secara Sistematis

Langkah-langkah proses didasarkan pada struktur artikel yang sistematis, dimulai dengan pendahuluan dan diakhiri dengan kesimpulan yang jelas. Jangan pernah menyimpang dari penulisan artikel, itu mengarah pada topik diskusi yang tidak jelas.

Gunakan bahan referensi kamu sebagai studi untuk membuat artikel. Dengan demikian hasil pembahasan makalah dapat menjadi pertimbangan.

Penambahan Kutipan

Dalam pembahasan isi makalah, seringkali perlu mengutip kutipan untuk mengkonfirmasi informasi yang dikumpulkan dari artikel itu sendiri. Kutipan terdiri dari dua jenis yaitu kutipan langsung dan kutipan tidak langsung.

Kutipan langsung adalah font yang menyerupai aslinya tanpa mengubah apa pun. Sedangkan dalam kutipan tidak langsung, penulis esai memotong bagian-bagian tertentu dari sumber dan mencampurkannya dengan pendapatnya sendiri.

Sunting Makalah

Cek terlebih dahulu makalah sesuai dengan struktur makalah yang ada. Juga, cek kesalahan dari segi ejaan, penulisan, dan bahasa yang digunakan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again