1. DScovery

Media: Definisi, Fungsi, dan Jenis-Jenisndan Industrinya

Media saat ini memudahkan setiap orang untuk melakukan aktivitas sehari-hari

Saat ini, mungkin setiap orang menggunakan media untuk melakukan aktivitasnya, terutama dalam aktivitas yang berhubungan dengan komunikasi interpersonal.

Media saat ini memudahkan setiap orang untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, pengertian media dapat digambarkan sangat luas, karena guru menentukan lingkungan belajar yang tepat bagi siswanya.

Selain itu, media semakin sering digunakan sebagai sarana komunikasi  oleh pegawai atau bahkan pejabat politik yang ingin mengangkat dirinya sendiri. Media massa yang sering muncul pada masa pesta demokrasi Indonesia umumnya lebih dikenal dengan media politik.

Maka jangan heran jika banyak informasi dari berbagai media yang hanya memuat isu atau fakta politik selama pesta demokrasi Indonesia.

Media massa yang digunakan secara optimal, setiap informasi yang diberikan juga dimaksimalkan dan pendengar, penerima atau pembaca informasi tersebut dapat memperoleh informasi yang bermanfaat.

Namun, media yang digunakan hanya untuk sebuah tujuan, tidak menutup kemungkinan bahwa keaslian informasi dalam media tidak dapat dijamin, sehingga dapat terjadi kesalahpahaman antara pemberi pesan dan penerima pesan. Bahkan, konflik bisa saja muncul.

Untuk dapat menggunakan media secara baik dan benar, perlu dipahami pentingnya media. Selain itu, kamu juga perlu memahami setiap jenis media dan manfaat terbesar dari media dapat dirasakan. Lantas bagaimana cara mengetahui dan memahami pentingnya media bagi media itu sendiri?

Kamu tidak perlu bingung mencari informasi tersebut karena pada artikel kali ini kita akan membahas lebih dalam tentang pengertian media, pengertian media menurut para ahli dan manfaat penggunaan media.

Definisi Media

Media merupakan kata yang berasal dari bahasa latin dan juga jamak atau sering disebut medium. Sementara itu, kata media secara harfiah berarti perantara.

Dalam hal ini perantara yang dimaksud adalah adanya perantara antara sumber informasi atau pesan (source) dengan penerima pesan atau informasi (receiver). Oleh karena itu, dalam kehidupan kita sehari-hari, kita sering melihat media seperti koran, artikel online, film, televisi, dan lainnya.

Dengan hadirnya media massa di dunia ini, seseorang terbantu dengan mudah agar apapun yang terjadi dapat diselesaikan dengan cepat. Padahal, media tersebut dapat mengurangi terjadinya kesalahpahaman antara produsen informasi dan penerima informasi.

Selain itu, media dapat digunakan untuk belajar, semakin banyak kita belajar maka semakin banyak pengetahuan dan pemahaman yang dimiliki seseorang.

Media juga berkembang seiring dengan berjalannya waktu, dimana sebelumnya media hanya berbentuk kertas, kini media dapat diakses melalui perangkat elektronik seperti handphone, komputer, laptop dll. Kemudahan akses untuk memperoleh media harus digunakan secara hati-hati agar individu atau kelompok ti   dak kehilangan informasi.

Selain itu, dalam dunia pendidikan tentunya akan terjadi komunikasi antara siswa dan guru yang sering disebut dengan lingkungan belajar. Itu menjadi sangat kamu

Wajar jika informasi sebanyak mungkin harus diberikan dalam bentuk informasi di dunia pendidikan, agar siswa dapat memperoleh pengetahuan dan memperluas wawasan mereka.

Berkat lingkungan belajar, komunikasi antara guru dan siswa dalam tugas belajar mengajar lebih harmonis dan mereka dapat saling memahami dengan bantuan informasi apa pun. Oleh karena itu, guru harus memilih lingkungan belajar yang sesuai dengan karakteristik siswa.

Kurang lengkap rasanya jika membahas pengertian media, namun tidak langsung dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Dalam KBBI, media adalah sarana komunikasi (medium), seperti surat kabar, majalah, radio, televisi, film, poster, dan spanduk.

Fungsi Media

Media yang bisa digunakan pada berbagai macam bidang, mulai dari pendidikan, hingga politik, dan masih banyak lagi. Adapun beberapa fungsi media secara umum, yaitu:

Sebagai Sarana Informasi Bagi Masyarakat

Setiap masyarakat tentunya membutuhkan informasi karena memungkinkan seseorang atau sekelompok orang untuk memperluas wawasannya. Berfungsinya media sebagai alat penyampaian informasi memudahkan masyarakat untuk mengakses informasi.

Kamu dapat mencari banyak informasi hanya dengan ponsel Anda. Selain itu, informasi juga dapat diterima melalui televisi. Semakin banyak informasi yang didapat masyarakat, semakin banyak wawasan.

Sebagai Sarana Untuk Menyalurkan Ide dan Gagasan

Fungsi lain dari media adalah sebagai sarana penyalur ide atau gagasan. Setiap orang pasti memiliki pemikiran dan ide di kepalanya agar seseorang bisa berpikir kreatif.

Ide dan pemikiran yang hanya ada dalam pikiran, jika tidak diungkapkan, tidak diketahui orang lain. Saat ini sudah terdapat berbagai sarana untuk menyalurkan ide dan gagasan seperti film, cerpen, novel, dll.

Sebagai Sarana Pendidikan Dalam Kegiatan Belajar Mengajar

Fungsi media selanjutnya adalah sebagai alat pedagogik dalam kegiatan belajar mengajar. Dalam dunia pendidikan media sangat penting sebagai pembawa informasi bagi siswa, sehingga guru mencari media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa dan tidak membuat siswa lelah saat belajar.

Tanpa media pembelajaran, siswa sulit menyerap atau mengasimilasi informasi ilmiah.

Sebagai Sarana Untuk Mendapatkan Hiburan

Media massa tidak hanya memberikan informasi, tetapi juga dapat berperan sebagai hiburan. Tindakan ini bisa dikatakan dapat menghilangkan rasa lelah yang dialami seseorang. Umumnya media yang dapat menghibur seseorang adalah film, musik, buku, dan lain-lain.

Sebagai Sarana Pengawas Sekaligus Pengontrol Kegiatan Sosial

Tugas media selanjutnya adalah sebagai alat kontrol sekaligus sebagai pedoman kegiatan sosial. Dengan adanya media massa, tidak mudah bagi setiap anggota masyarakat untuk melakukan kegiatan yang merugikan. Dengan mengurangi kegiatan yang merugikan, lingkungan masyarakat dapat menjadi lebih sejahtera.

Sebagai Sarana Untuk Menyelesaikan Keterbatasan Pada Alat Indera, Ruang, dan Waktu

Media massa berfungsi sebagai sarana untuk melampaui batas-batas indera, ruang dan waktu. Oleh karena itu, keberadaan media massa mempermudah akses informasi bagi seluruh masyarakat. Karena banyak media yang dapat membantu kita memberikan dan menerima informasi.

Jenis-Jenis Media

Setelah membahas fungsi dari media, kini saatnya kita membahas jenis-jenis dari media. Media memiliki tiga jenis, yaitu media visual, media audio, dan media visual audio.

Media Visual

Media visual adalah jenis media yang mengutamakan indra penglihatan, sehingga media tersebut biasanya berupa gambar, video, dan lain-lain. Pada umumnya media visual yang banyak digunakan adalah proyektor, dan informasi yang disampaikan kepada penerima informasi juga tersedia dalam bentuk visual.

Ada dua jenis media visual, yaitu media visual bergerak dan media visual diam. Padahal, kedua jenis media visual ini bisa digabungkan menjadi satu kesatuan.

Dengan adanya media visual maka akan banyak orang yang tertarik untuk menerima informasi yang diberikan. Selain itu, materi yang diberikan dalam media visual mudah dipahami karena berisi contoh gambar berupa fakta.

Media Audio

Media audio adalah media yang biasanya digunakan untuk menyampaikan informasi atau pesan melalui suara. Oleh karena itu, organ pendengaran menjadi alat indera yang sangat penting untuk menerima pesan melalui media suara.

Rekaman ini banyak ditemukan di siaran radio. Namun seiring berjalannya waktu dan teknologi, media audio telah berkembang menjadi podcast.

Ada banyak informasi di podcast. Sehingga dapat dikatakan bahwa pesan yang diterima melalui media audio memiliki sifat informasi verbal dan informasi nonverbal.

Informasi verbal berupa kata-kata atau bahasa lisan. Pada saat yang sama, informasi nonverbal hadir dalam bentuk vokalisasi atau kebisingan.

Media Visual Audio

Media audiovisual adalah jenis media yang menggabungkan media visual dengan media audio sedemikian rupa sehingga informasi yang diberikan berupa gambar atau video dengan suara. Itulah sebabnya tidak sedikit yang mengatakan bahwa media audiovisual lebih menarik untuk ditonton dan didengarkan.

Perpaduan kedua alat indera ini tidak hanya merangsang satu alat indera, tetapi juga dapat merangsang dua alat indera secara langsung, yaitu alat indera pendengaran dan penglihatan.

Media audio visual terbagi menjadi dua jenis, yaitu media audio visual bergerak dan media audio visual diam. Media audiovisual komersial dapat dilihat sebagai gambar audio, film dan lain-lain.

Pada saat yang sama, media audio-visual berupa buku audio, halaman audio dan sebagainya bersifat silent.

Pada umumnya, setiap media yang digunakan untuk berkomunikasi sudah ada sejak lama, tetapi tak semua orang menggunakan jenis media yang ada.

Dengan kata lain, seseorang atau kelompok yang menggunakan media hanya untuk keperluan atau kebutuhannya saja. Jadi, bijaklah dalam menggunakan suatu media atau beberapa media.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again