1. DScovery

Mengenal Analisis TOWS Matrix bagi Kegiatan Bisnis

TOWS matrix lebih berfokus ke faktor di luar perusahaan karena perubahannya yang cukup cepat dan dinamis

Analisis matriks TOWS merupakan akronim dari beberapa kata, yaitu ancaman (threats), peluang (opportunities), kelemahan (weaks) dan kekuatan (strength).
Sekilas, singkatan ini hampir identik dengan SWOT, yang membedakan adalah orientasinya. Matriks TOWS mengharuskan para pedagang untuk mempelajari dan menyelidiki faktor-faktor eksternal.

Tidak hanya itu, persaingan yang ketat di luar perusahaan juga membuat matriks TOWS ini sangat dibutuhkan. Setelah semua faktor eksternal diidentifikasi, analisislah faktor internal perusahaan. Pembahasan tentang rencana, strategi, dan tindakan yang akan dilakukan dilakukan pada tahap ini.

More Coverage:

Cara Membuat Analisis SWOT: Lengkap dan Tepat

Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan posisi perusahaan di antara perusahaan lain. Tentu saja, ini juga mengacu pada peluang yang datang setelah melakukan analisis eksternal.

Perbedaan dengan Analisis SWOT

Seperti disebutkan sebelumnya, TOWS dan SWOT memiliki tujuan yang berbeda. Analisis TOWS pertama-tama mempelajari dan mengidentifikasi opsi-opsi strategis yang akan dilakukan secara eksternal.

Organisasi atau perusahaan juga mempelajari peluang yang ada di pasar dan mengidentifikasi kemungkinan yang bisa menjadi kenyataan. Tindakan ini memungkinkan perusahaan untuk memantau dan mengendalikan ancaman eksternal.

More Coverage:

Contoh Analisis SWOT Lengkap Cara dan Manfaatnya

Sementara itu, SWOT lebih fokus pada kondisi internal perusahaan. Perusahaan akan melihat apa kekuatan dan kelemahannya. Kemudian, mereka hanya mempelajari pengaruh faktor eksternal seperti peluang dan ancaman terhadap bisnis.

4 Strategi dalam TOWS

Matriks TOWS menampilkan empat strategi yang umum digunakan untuk menembus pasar dan menanggapi ancaman yang muncul. Berikut empat strategi TOWS:

  • Strengths/Opportunities (SO): Strategi ini mengharuskan perusahaan menggunakan kekuatannya untuk memanfaatkan peluang.
  • Weaknesses/Opportunities (WO): Strategi ini menunjukkan bahwa pelaku bisnis akan mengatasi semua kelemahannya dan memanfaatkan peluang yang ada. Akibatnya, pelaku bisnis dapat mengurangi kelemahan dan kemudian memanfaatkan peluang.
  • Strengths/Threats (ST): Perusahaan akan menggunakan kekuatannya untuk mengatasi potensi ancaman yang muncul.
  • Weaknesses/Threats (WT): Opsi strategis terakhir agak kurang menarik. Strategi ini menggunakan langkah-langkah untuk mengurangi kelemahan untuk menghindari ancaman.

Aturan dalam Analisis TOWS Matrix

Ada aturan singkat yang harus diikuti saat menggunakan analisis ini. Aturan-aturan ini bertujuan untuk menargetkan efektivitas strategi pemasaran. Aturan yang harus diikuti adalah:

  • Seperti banyak konsep dan alat lainnya, TOWS bersifat subjektif. Strategi ini akan berhasil jika data yang digunakan sesuai dengan pola yang pelaku bisnis miliki.
  • Kamu juga dapat menggunakan template kebijakan lain untuk mendukung kebijakan yang diterapkan. Contoh strategi yang dapat digunakan adalah matriks Ansoff dan sebagainya.
  • Strategi yang digunakan meliputi pengembangan dan pertumbuhan internal, merger, akuisisi, dan joint ventura.
  • Harus dilakukan secara spesifik dan hindari area yang bias.
  • Ikuti firasat dan intuisimu. Jika itu tidak berhasil untukmu, gunakan konsep atau template lain yang sesuai untuk bisnis yang dijalankan.

Secara garis besar disimpulkan bahwa TOWS matrix dapat digunakan untuk mengembangkan bisnis dengan menganalisis kondisi eksternal yang ada. Kamu bisa menggunakan empat macam pilihan strategi yang bisa dilakukan dengan menyesuaikan model bisnis dari perusahaan.

More Coverage:

Analisis SWOT Perusahaan untuk Startup hingga Corporate

Namun, tidak semua strategi tepat untuk bisnis tertentu, jadi gunakan model lain jika strategi ini tidak sesuai dengan model bisnismu.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again