Mengenal Lebih Dekat Fitur-Fitur di Notebook Gaming MSI

Sebagai salah satu proses pemasaran, pencipta barang elektronik biasanya mengenalkan berbagai macam fitur dalam produk mereka.

Masalahnya, tidak semua orang mengerti sebenarnya apa fungsi fitur tersebut dan yang terpenting: apakah fitur itu hanya sekedar gimmick, atau benar-benar merupakan kemampuan yang kita butuhkan.

Trenologi sudah cukup sering membahas berbagai macam produk gaming MSI, baik laptop, barebone PC hingga All-in-One. Dalam artikel ini, saya tidak mau membahas satu produk gaming MSI secara spesifik, namun saya akan mengulas fitur, software dan hardware seperti apa yang ditawarkan produsen komponen dan PC asal Taiwan ini dalam jajaran produk notebook terbaru mereka.

 

Info menarik: Turnamen MSI Beat It 2014 Tawarkan Hadiah Sebesar US$ 110.000

 

Karena hardware merupakan salah satu hal paling mendasar dari sebuah PC, maka bagaimana jika kita memulai pembahasan dari sana? Untuk notebook gaming unggulan mereka, MSI berjanji agar konsumen mendapatkan komponen terbaru asal produsen terkemuka dunia.

Jika Anda mengikuti perkembangan teknologi kartu grafis di lini mobile, beberapa bulan lalu Nvidia telah mengenalkan GPU seri GTX 800M. Tidak mau kalah dengan produsen notebook gaming lain, MSI juga vokal untuk membenamkan chip grafis mobile baru Nvidia di dalam produk mereka.

Keluarga Nvidia GeForce GTX 800M terdiri dari GTX 880M, 870M, 860M, hingga GTX 850. Di bawahnya terdapat kartu grafis low-end tanpa branding 'GTX' yaitu 840M, 830M dan 820M.

Untuk notebook andalan mereka, uniknya MSI memilih varian GTX 870M - bukan GTX 880M sebagai tipe paling high-end - dengan alasan yang kuat: khusus tipe ini, terdapat peningkatan performa terbesar dibanding pendahulunya, yaitu sebesar 35% dibandingkan GTX 770M.

Untuk prosesornya, MSI menyiapkan chip quad-core generasi keempat terbaru dari Intel. Mereka berpendapat bahwa kinerja CPU telah terdongkrak sebesar tiga hingga tujuh persen, jika dihitung dari keseluruhan platform maka ada peningkatan performa dalam prosesor terbaru tersebut sebesar 15 persen. Silakan gabungkan angka ini dengan peningkatan di sisi chip grafis.

Bagaimana dengan periferal kontrol yang ditawarkan oleh notebook MSI? Seperti yang sering sekali saya ungkapkan, bagian keyboard pada notebook biasanya menjadi bagian paling lemah. Lemah yang dimaksud bukan hanya secara fisik, namun juga secara konsep. Kita tahu seorang gamer sering kali terbawa suasana saat sedang menikmati hobinya.

Hingga kini sistem keyboard mekaniklah yang paling awet, tapi keyboard mekanik tidak akan ditambatkan ke dalam laptop karena berbagai alasan: komponennya memakan tempat dan berat.

MSI tidak ambil pusing, mereka memilih jalan yang paling sederhana: mengapa tidak tunjuk produsen periferal ternama dunia untuk menggarap bagian keyboard mereka? Masalah ini akhirnya dengan mudah terpecahkan, Steelseries-lah yang ditugaskan untuk meracik sistem keyboard laptop MSI.

Dan Steelseries tampak totalitas dalam melakukan tugas mereka. Dalam varian sebelumnya, mereka berhasil menciptakan keyboard laptop ternyaman yang pernah dibuat. Tapi mereka tidak berhenti sampai di sana. Dalam versi terbaru laptop gaming MSI, Steelseries mengenalkan Steelseries Engine.

 

Info menarik: Bersamaan dengan Acara Intel Mobility Roadshow, Intel Luncurkan Merrifield di Indonesia

 

Steelseries Engine pada dasarnya adalah aplikasi macro dimana pengguna bisa memprogram satu tombol untuk menjadi shortcut fungsi tertentu dalam software - baik aplikasi umum ataupun game.

Contohnya saja saat bermain Street Fighter, biasanya gamer harus menekan serangkaian tombol untuk mengeluarkan combo atau jurus tertentu. Namun kombo ini dapat di-edit menggunakan Steelseries Engine, kemudian Ryu bisa mengeluarkan Hadaoken hanya dengan satu sentuhan tombol di keyboard.

Beberapa orang mungkin menganggapnya curang, namun itulah teknologi. Macro telah diperkenalkan sejak lama untuk mempermudah para atlet eSport dalam bertanding, app tersebut legal dan boleh digunakan dalam pertandingan turnamen profesional.

Atau Anda ingin mengetik dengan cepat? Dengan mengedit aplikasi ini, Anda bisa mengubah tiap tulisan 'yg' menjadi 'yang', seperti fitur auto-correct dalam perangkat bergerak.

Tiap gamer dapat menyesuaikan tombol apapun yang mereka mau sesuai keinginannya, bahkan dengan fungsi tersebut, Anda tidak perlu lagi menyentuh mouse untuk masuk ke dalam permainan.

Steelseries Engine menawarkan empat layer yang bisa Anda gunakan untuk skenario berbeda yang jalan bersamaan. Sangat canggih, dan dengan kemampuan profile, maka pada dasarnya Anda ditawarkan penciptaan kombinasi makro yang hampir tak terbatas.

MSI juga ingin agar pengguna bisa memamerkan laptop yang mereka miliki kapanpun dan dimanapun. Untuk itu, Anda bisa mengkustomisasi warna lampu backlit LED keyboard. Untuk notebook MSI, fitur ini dikenal dengan nama KLM atau Keyboard Light Management, ia menawarkan 1.000 kombinasi warna dan lima mode skenario berbeda.

Bagian layar sendiri diusung dengan teknologi wide vieweing angle display selebar 170 derajat, sehingga Anda bisa menikmati permainan dari posisi manapun. Fitur ini cukup jarang digunakan dalam layar monitor laptop, dan MSI menjamin bahwa hasil gambar akan tetap akurat, kaya warna dan tingkat kecerahannya akan selalu konsisten.

Seperti yang sudah mereka umumkan sebelumnya, tiap produk gaming MSI dibundel bersama softwareXSplit Gamecaster. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk merekam dan mempublikasi sesi permainan apapun, baik secara live-stream, maupun sekedar rekaman biasa langsung ke situs-situs video-sharing seperti Twitch, YouTube, Ustream dan lain-lain.

 

Info menarik: BlackBerry Z3 – Jakarta Edition Resmi Diluncurkan di Indonesia

 

Apalagi? Anda akan menemukan teknologi Siper Raid 2 dimana kecepatan membaca hard disk 15 kali lebih cepat dari hitungan standar. Kemudian MSI juga membekali notebook gaming mereka dengn teknologi Cooler Boost 2 yang memastikan sistem CPU dan GPU tetap sejuk - sangat esensial apalagi bagi kita yang tinggal di negara beriklim tropis.

Sebenarnya masih banyak lagi teknologi canggih yang MSI tanamkan dalam notebook mereka, contohnya saja: Killer Doubleshot, kombinasi Killer Ethernet dan adapter Wi-Fi; Matrix Display, sistem audio Dynaudio, Audio Boost hingga NOS.

Notebook gaming bukanlah komoditas yang murah, dan pangsa pasarnya pun sangat khusus. Namun dengan memahami fitur, baru kita akan mengerti mengapa satu produk bisa berbeda dengan produk lain walaupun ditawarkan dengan spesifikasi yang hampir sama.

Sebuah ideologi lama dalam mencari produk terbaik adalah dengan membandingkan harga dan performa. Dan sepertinya, MSI sangat percaya diri dengan apa yang mereka tawarkan.

Sumber: MSI.com. Sumber gambar: Dragonarmy.msi.com.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again