1. DScovery

Networking: Definisi, Tujuan, dan Caranya

Networking adalah cara tercepat untuk mengembangkan bisnis kamu. Berikut ini adalah definisi, tujuan, serta cara untuk membangun networking!

Networking adalah tindakan membuat koneksi dengan orang lain untuk tujuan bertukar informasi, ide, dan peluang.

Dalam bisnis, ini bisa berarti mengenal orang-orang di industri kamu dan membangun hubungan dengan mereka sehingga kamu bisa bekerja sama di masa depan.

Networking adalah bagian penting dari karier kamu karena membantu membangun jaringan profesional—sekelompok orang yang memiliki minat dan tujuan yang sama seperti kamu, yang mungkin dapat membantu saat kamu sangat membutuhkannya.

Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya mengenai networking.

Definisi Networking

Networking adalah proses membangun koneksi dan hubungan dengan orang lain. Ini tentang membuat diri kamu dikenal orang lain, dan kemudian mampu menampilkan diri kamu dengan cara yang membuat kamu diingat.

Networking juga tentang menunjukkan nilai-nilai kamu dan membantu orang lain melihat bagaimana mereka bisa mendapat manfaat dari mengenal kamu.

Ini bukan hanya tentang membuat mereka bersemangat untuk bertemu dengan kamu—ini juga tentang memberi mereka sesuatu yang berharga sehingga mereka ingin terus melihat kamu.

Bagian terpenting dari networking adalah proses itu sendiri.

Kamu tidak bisa begitu saja muncul dan mengharapkan orang ingin berbicara dengan kamu; jika kamu melakukan itu, mungkin kamu akan mendapatkan beberapa prospek bisnis pada akhirnya, tetapi sangat kecil kemungkinannya prospek tersebut akan berubah menjadi klien atau kontak nyata yang akan membantu mengembangkan bisnis kamu.

Kuncinya adalah bersikap proaktif dalam menjangkau orang-orang yang mungkin tertarik dengan apa yang kamu tawarkan (dan sebaliknya).

Tujuan Networking

Tujuan dari networking dalam bisnis adalah untuk membangun relasi dengan orang-orang yang akan berguna bagi karir kamu. Orang-orang ini dapat berupa individu, perusahaan, atau organisasi yang dapat membantu mengembangkan bisnis yang kamu miliki.

Ada tiga tujuan utama untuk networking:

  • Mengembangkan jaringan profesional untuk diri sendiri dan bisnis kamu.
  • Mengidentifikasi peluang pekerjaan yang tidak akan kamu temukan sebaliknya.
  • Menetapkan diri sebagai ahli di bidang kamu.

Cara Membangun Networking

Networking adalah salah satu keterampilan terpenting yang dapat kamu pelajari, tetapi tidak selalu sesederhana mendapatkan kartu nama dan menyerahkannya kepada seseorang.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk membangun networking yang baik:

Percaya Diri

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menjadi percaya diri. Kamu harus percaya pada diri sendiri dan produk atau layanan kamu. Ini akan membantu untuk membuat kesan yang baik pada orang lain.

Persiapan Yang Baik

Hal kedua yang harus kamu lakukan adalah bersiap. Pastikan kamu sudah menyiapkan segalanya sebelum bertemu calon pelanggan atau klien. Pastikan semua materi tertata rapi sehingga tidak terlihat berantakan saat kamu mempresentasikannya kepada orang-orang.

Bersikap Sopan

Hal ketiga yang harus kamu lakukan adalah bersikap sopan setiap saat selama proses pertemuan karena hal ini akan menunjukkan seberapa profesional kamu dan seberapa besar rasa hormat yang kamu miliki terhadap orang lain.

Dan demikianlah untuk artikel networking, semoga bermanfaat. Jika kamu memiliki pertanyaan, komentar, atau kekhawatiran tentang topik yang telah kami bahas, jangan ragu untuk menghubungi kami.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again