Categories

Gadget

Nokia Perkenalkan Seri Lumia Terbaru: Lumia 630, Lumia 635 dan Lumia 930

Bambang Winarso - 3 April 2014

Teka-teki perangkat baru Nokia Lumia akhirnya terjawab sudah, setelah sempat disebut dalam sebuah bocoran, seri Lumia 630, Lumia 635 dan Lumia 930 akhirnya resmi diperkenalkan oleh Nokia.

Ajang Microsoft Build 2014 menjadi saksi kelahiran 3 varian baru seri Lumia, di mana masing-masing perangkat dibekali spesifikasi yang berbeda dan cenderung saling menyasar relung pasar yang berbeda. Duo Nokia Lumia 630 dan Lumia 635 cenderung menyasar relung pasar low end sementara varian Lumia 930 lebih ke pasar high end, ditandai dengan perbedaan harga ketiganya yang terpaut cukup jauh.

Sebelum masuk ke soal harga, kita bahas dulu spesifikasi masing-masing perangkat.

 

Info Menarik: Cortana dan Fitur-Fitur Canggih Lain Mendarat Bersama Update Windows Phone 8.1

 

Nokia Lumia 630

Nokia Lumia 630 memiliki spesifikasi yang lumayan mentereng, layar 4,5 inci terbalut casing warna warni tampil sangat menggoda, apalagi harga yang disematkan adalah mulai $159 untuk varian single SIM dan $169 untuk varian dual SIM. Jeroan Nokia Lumia 630 terbilang cukup apik, sebuah prosesor quad core Snapdragon 400 dapat Anda nikmati bersama dengan RAM berkapasitas 512MB yang ditopang memori internal hingga 8GB.

Jaringan Nokia Lumia 630 masih menggunakan 3G di level tertinggi, namun begitu varian ini sudah mendapatkan suntikan sistem operasi terbaru Windows Phone 8.1. Nokia akan merilis jagoan barunya ini di pasar Asia, Rusia, Cina, India dan Eropa pada bulan Mei mendatang.

Untuk urusan jepret-jepretan, Nokia Lumia 630 dibekali kamera belakang beresolusi 5MP dan tersedia dalam lima pilihan warna yang mentereng yakni hitam, putih, orange terang, hijau dan kuning.

 

Info Menarik: [Rumor] Spesifikasi Galaxy S5 mini

 

Nokia Lumia 635

Pasangan duet Lumia 630 adalah Lumia 635, secara garis besar spesifikasi keduanya relatif atau bahkan bisa dibilang sama. Perbedaan keduanya hanya terletak pada dukungan jumlah kartu SIM, jika Lumia 630 tersedia dalam dua model Lumia 635 hanya ditawarkan dalam satu model tanpa dukungan dual SIM.

Perbedaan berikutnya terletak pada banderol harga yang ditawarkan, Nokia Lumia 635 sedikit lebih mahal yaitu $189 varian ini sudah mendukung jaringan 4G LTE. Rencananya Lumia 635 akan diluncurkan di sebagian besar pasar Nokia termasuk Amerika dalam tiga balutan warna hijau, oranye dan kuning.

Baik Lumia 630 maupun 635 sama-sama mendapatkan bekal aplikasi pesan WhatsApp dan WeChat. Tak ketinggalan aplikasi khas Nokia yaitu HERE Maps, Nokia Camera untuk yang gemar mengambil foto, dan juga berlangganan gratis Nokia MixRadio disematkan preinstal dalam paket perangkat.

 

Info Menarik: Twitter Versi Web Tampilkan Emoji

 

Nokia Lumia 930

Melengkapi duo Lumia kelas low end di atas, Nokia perkenalkan seri tertinggi dari dua model lainnya yaitu Lumia 930. Perangkat ini diyakini akan mendapat perhatian dari berbagai penjuru dunia berkat kehadiran komponen kamera PureView dengan kapasitas super besar 20MP bersenjatakan lensa optik ZEISS dan juga fitur OIS (optical image stabilization).

Kombinasi piranti lunak dan keras ini menghasilkan gambar yang nyaris sempurna dan tangkapan video tanpa cacat sepanjang durasi rekaman. Apalagi ditambah dengan kehadiran aplikasi Nokia Living Images.

Dalaman Lumia 930 juga terbilang berkelas, prosesor quad core Snapdragon berkecepatan 2.2GHz menjadi sisi paling menonjol kedua dari perangkat ini setelah kamera. Dengan adanya komponen kamera beresolusi besar, sudah barang tentu Lumia 930 butuh otak yang super cepat dalam memproses setiap titik piksel yang ditangkap. Tak heran jika Nokia juga menyematkan RAM 2GB untuk mendampingi komponen prosesor tersebut.

 

Info Menarik: MindTalk Hadirkan Tampilan dan Fitur Baru di Aplikasi iOS

 

Resolusi yang besar pastinya membutuhkan layar yang besar, tak salah lagi, layar 5 inci dipasang oleh Nokia untuk mengakomodasi amunisi kamera yang jadi andalan Lumia 930. Sentuhan teknologi full HD dan ClearBlack dengan resolusi 1920 x 1080 piksel atau 441ppi dijamin akan membuat siapapun terpana dengan kejernihan setiap sudut tatap muka yang ditampilkan.

Jika Anda kepincut dengan jagoan baru Nokia ini, Anda boleh memilih satu dari empat warna yang disediakan yaitu putih, hijau, oranye dan hitam tapi sepertinya Anda harus tahan nafas sesaat karena perangkat ini baru akan dirilis bulan Juni mendatang di wilayah Eropa, Asia, India dan kawasan Timur Tengah dengan banderol mulai $599.

Sumber berita Nokia, NDTV dan gambar header Nokia.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter