1. DScovery

NGO: Pengertian, Tugas, Jenis dan Contohnya

NGO memiliki fokus pada bidang sosial dan lingkungan dan bersifat non-profit.

Pernahkah kamu mendengar suatu kampanye tentang lingkungan, pemberdayaan masyarakat miskin atau sejenisnya?

Kampanye tersebut merupakan salah satu kegiatan yang biasanya dibentuk oleh NGO atau Non Governmental Organization. Di Indonesia sendiri, NGO lebih sering dikenal sebagai LSM yang biasanya memiliki fokus pada bidang sosial maupun lingkungan.

Lantas, apa yang sebenarnya dimaksud dengan NGO dan apa saja peran serta jenis-jenisnya?

Pengertian NGO

NGO atau Non-Governmental Organization adalah organisasi nirlaba yang berkepentingan dalam bidang sosial dan lingkungan. Dalam hal ini, World Bank mendefinisikan NGO sebagai organisasi swasta yang menjalankan kegiatan untuk meringankan penderitaan, mengentaskan kemiskinan, memelihara lingkungan hidup, dan melakukan kegiatan sosial serta pengembangan masyarakat lainnya.

Meski bersifat non-profit, NGO juga dapat dianggap sebagai sebuah organisasi yang hampir sama dengan sebuah perusahaan pada umumnya. Perbedaannya ada pada karyawannya yang merupakan relawan sukarela.

Umumnya, NGO bergerak di luar campur tangan pemerintah, sehingga mereka berani mengkritisi berbagai kebijakan pemerintah maupun pihak swasta yang dianggap merugikan bagi masyarakat. Di Indonesia sendiri, NGO juga lebih dikenal dengan sebutan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

Tugas dan Peran NGO

Umumnya, NGO memiliki peran utama untuk memperjuangkan kesejahteraan hidup masyarakat terutama masyarakat marjinal. Tak hanya itu saja, berikut adalah beberapa tugas dan NGO bagi masyarakat.

1. Sebagai Aspirator bagi Kelompok Masyarakat Tertentu

NGO memiliki peran sebagai aspirator yang bertugas untuk menyapaikan pesan antara masyarakat dengan pemerintah. Dalam hal ini, biasanya NGO akan menyuarakan aspirasi masyarakat, terutama jika ada kebijakan atau program pemerintah yang dianggap merugikan bagi masyarakat.

2. Pengembangan dan Pembangunan Kehidupan Masyarakat

NGO memiliki tujuan utama untuk mengembangkan kehidupan masyarakat. Oleh sebab itu, NGO memiliki peran penting dalam pembangunan kehidupan masyarakat agar lebih baik.

3. Bantuan Teknis dan Monitoring

NGO juga berperan dalam melakukan pelatihan dan bantuan teknis untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dalam hal ini, mereka juga berupaya untuk melakukan motorng dan evaluasi secara efektif agar tujuannya tepat sasaran.

4. Mendorong Munculnya Inovasi

NGO berperan untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan yang bersifat inovatif. Tujuannya agar inovasi tersebut dapat mendorong kemajuan dan kesejahteraan bagi masyarakat.

Jenis-Jenis NGO

1. Charitable Orientation

NGO jenis ini bertujuan untuk membantu masyarakat miskin dan tidak mampu untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Bantuan yang diberikan umumnya berupa distribusi makanan, pakaian, obat-obatan, penyediaan tempat tinggal yang layak, pendidikan, dan lain sebagainya.

2. Service Orientation

NGO jenis ini memiliki tujuan yang berkaitan dengan berbagai pelayanan yang dapat dinikmati oleh masyarakat. Misalnya, dengan pelayanan kesehatan, program Keluarga Berencana, atau pemerataan pendidikan.

3. Participatory Orientation

Sementara NGO jenis ini menekankan keterlibatan masyarakat lokal untuk mencapai keberhasilan proyeknya. Bentuk programnya dapat berupa pengumpulan sumbangan dalam berbagai hal, mulai dari uang tunai, peralatan, tanah, bahan, hingga tenaga kerja.

4. Empowering Orientation

NGO jenis ini memiliki tujuan utama untuk memfasilitasi masyarakat dalam meningkatkan wawasan dan pemahaman mengenai bidang sosial, politik, maupun ekonomi yang dapat memengaruhi kehidupan mereka.

Contoh NGO

Indonesia Corruption Watch (ICW)

More Coverage:

ICW adalah sebuah lembaga yang memiliki fokus pada pengawasan berbagai tindakan yang berkaitan dengan korupsi di Indonesia. ICW juga aktif dalam melakukan pemberdayaan kepada masyarakat untuk melibatkan diri dalam memerangi tindak pidana korupsi.

Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI)

YLBHI memiliki fokus pada berbagai kegiatan yang berkaitan dengan bidang hukum. Dalam hal ini, YLBHI akan menyediakan bantuan hukum bagi masyarakat yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan perkara hukum atau menjadi korban dari tindakan kriminal.

Yayasan Konservasi Laut (YKL)

YKL merupakan lembaga yang dibentuk di Makassar, Sulawesi Selatan, yang memiliki fokus dalam menjaga konservasu di kawasan pesisir, laut, serta pulau-pulau kecil. Tak hanya itu, mereka juga memiliki program untuk memberdayakan kehidupan masyarakat lokal.

Nah, itulah penjelasan mengenai non-governmental organization atau NGO yang telah dirangkum oleh Daily Social. Semoga bermanfaat!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again